Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala

Plt Bupati Kukar Edi Damansyah memperhatikan karya kaligrafi yang dipajang di obyek wisata Pulau Kumala, TenggarongPlt Bupati Kukar Edi Damansyah memperhatikan karya kaligrafi yang dipajang di obyek wisata Pulau Kumala, Tenggarong
Photo: Agri


Plt Bupati Edi Damansyah bersama Ketua DPRD Kukar Salehuddin menggoreskan kuas pada kanvas menandai
Plt Bupati Edi Damansyah bersama Ketua DPRD Kukar Salehuddin menggoreskan kuas pada kanvas menandai
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 17/06/2018 19:33 WITA
Komunitas Kaligrafer Kutai Kartanegara (Kukar) kini memiliki suatu wadah untuk berkumpul serta menampilkan karya-karya kaligrafi mereka yang diberi nama Rumah Kaligrafi Kukar.


Rumah Kaligrafi Kukar yang ditempatkan di obyek wisata Pulau Kumala ini diresmikan Plt Bupati Edi Damansyah, Minggu (17/06) siang.


Peresmian Rumah Kaligrafi Kukar ini ditandai dengan pengguntingan pita di pintu masuk oleh Plt Bupati Edi Damansyah serta penggoresan kuas pada kanvas oleh Edi Damansyah dan Ketua DPRD Kukar Salehuddin.


Plt Bupati Edi Damansyah atas nama Pemkab Kukar memberikan apresiasi atas hadirnya Rumah Kaligrafi di obyek wisata Pulau Kumala yang diinisiasi oleh Komunitas Kaligrafer Kukar.


"Semoga ini menjadi momentum dan tonggak awal kebangkitan Pemuda dan Syiar Islam melalui kaligrafi di Kabupaten Kutai Kartanegara," ujarnya.


Edi Damansyah ikut mencoba memberikan warna pada karya kaligrafi kontemporer yang digarap salah seorang anggota Komunitas Kaligrafer Kukar
Photo: Agri


Dengan hadirnya Rumah Kaligrafi Kukar, lanjut Edi, diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan membuka wawasan kepada seluruh masyarakat tentang indahnya seni dan karya kaligrafi yang menuliskan ayat-ayat Al Qur'an.


"Namun yang terpenting adalah bagaimana kita memaknai isi kandungan dari ayat-ayat tersebut dan mengimplementasikannya," imbuhnya.


Selain itu, Plt Bupati Kukar juga berharap agar Rumah Kaligrafi ini dapat memberikan pembelajaran dan peningkatan kompetensi SDM khususnya kepada generasi muda Kukar serta masyarakat yang berwisata ke Pulau Kumala.


"Rumah Kaligrafi Kukar ini juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pemuda untuk berkarya dan mengembangkan jiwa entrepreneurship menuju kemandirian pemuda melalui industri kreatif," ujarnya.


Sementara dikatakan Ketua Kaligrafer Kukar Muhammad Ja'far, komunitas mereka baru terbentuk beberapa bulan lalu, tepatnya pada 4 Februari 2018. "Awalnya kita sering ketemu saat ada MTQ sebagai peserta lomba kaligrafi, hingga akhirnya tercetus untuk membentuk komunitas kaligrafer ini," ujar Ja'far.


Menurut Ja'far, hingga saat ini anggota komunitas mereka telah mencapai 60 orang. "Ada yang masih berstatus sebagai pelajar SMA/SMK, mahasiswa serta masyarakat umum. Lewat komunitas ini kami bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait pengembangan seni kaligrafi," imbuhnya.


Ditambahkannya, ada 4 macam karya kaligrafi yang mereka tampilkan, yakni Kaligrafi Mushaf, kaligrafi Naskah, Kaligrafi Dekorasi dan Kaligrafi Kontemporer. (win)


Anggota Komunitas Kaligrafer Kukar foto bersama Plt Bupati Kukar dan pejabat lainnya usai peluncuran Rumah Kaligrafi Kukar di Pulau Kumala
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Anggana Membara, Belasan Rumah Ludes Terbakar
Pilgub Kaltim 2018: Menang di 11 Kecamatan, Isran-Hadi Raup Dukungan 35,37 Persen Suara
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Pimpinan BPJS Kesehatan Ikut Layani Langsung Warga Kukar
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Naga Mekes Lumat Sriwijaya FC Tiga Gol Tanpa Balas
Jelang Laga Lawan SFC, Rafael Berges Tinggalkan Mitra Kukar
 
Wow, Mahasiswa Asing Ini Bisa Menari Jepen Hingga Main Sampek
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com