Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tim ZBPA se-Kukar Ikuti Lokalatih, Pertajam Penurunan Jumlah Pekerja Anak

Lorenz Sinaga dari Ditjen Binwasnaker Depnakertrans RI disaksikan Wabup Samsuri Aspar (kiri) saat memasang secara simbolis tanda peserta Lokalatih ZBPA Kukar
Lorenz Sinaga dari Ditjen Binwasnaker Depnakertrans RI disaksikan Wabup Samsuri Aspar (kiri) saat memasang secara simbolis tanda peserta Lokalatih ZBPA Kukar
Photo: Humas Kukar/Noraida

KutaiKartanegara.com - 15/02/2006 20:38 WITA
Program Zona Bebas Pekerja Anak (ZBPA) yang dilaksanakan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar)sejak 2002 lalu, kini menampakkan hasil positifnya. Hal ini ditandai dengan semakin berkurangnya jumlah pekerja anak hingga mencapai jumlah 3.012 anak pada tahun 2005. Padahal sebelum ZBPA dicanangkan, jumlah pekerja anak di Kukar mencapai 11.623 anak pada tahun 2000.

Dengan berbekal optimisme dan untuk lebih mempertajam keberhasilan program ini, Pemkab Kukar bersama Komite ZBPA sebagai pelaksana program ini tadi siang melaksanakan Lokakarya dan Pelatihan (Lokalatih) bagi anggota Komite ZBPA Kukar dan Tim ZBPA Kecamatan se-Kukar.

Pembukaan Lokalatih ini dilakukan Wakil Bupati Drs H Samsuri Aspar MM disaksikan Muspida, pejabat Eselon III di lingkungan Ditjen Pengawasan Tenaga Kerja Depnakertrans RI dipimpin Lorenz Sinaga serta kepala dinas/instansi Pemkab Kukar lainnya.

Ketua Komite ZBPA Kukar Drs H Basran Yunus MM mengatakan, lokalatih yang diikuti 100 peserta ini bertujuan untuk memantapkan program aksi ZBPA di Kukar tahun 2006-2007 disamping menyusun rencana strategis program untuk tahun 2006-2010.


Ketua Komite ZBPA Kukar H Basran Yunus menargetkan kembali terjadi penurunan jumlah pekerja anak pada tahun ini hingga 53%
Photo: Agri

Dikatakannya, sejak dicanangkan 4 tahun lalu program ini telah cukup berhasil yang ditandai dengan penurunan jumlah pekerja anak di Kukar yang cukup signifikan. "Untuk 2006-2007 Komite ZBPA menargetkan penurunan hingga mencapai 53% atau berkisar sekitar 1.605 anak lagi," ujarnya.

Capaian target hingga 53% ini, lanjut Basran Yunus, berkat usaha sosialisasi dan kesadaran masyarakat serta ditunjang Perda No 9/2004 Tentang ZBPA.

Sementara Lorenz Sinaga mengatakan, pemerintah melalui Depnakertrans RI mendukung sepenuhnya program ZBPA yang dilaksanakan Pemkab Kukar.

Diakuinya program ZBPA di Kukar merupakan program kebanggaan nasional karena satu-satunya program yang didukung salah satu lembaga di PBB yakni ILO (International Labour Organization). "Ternyata pelaksanaan ZBPA di Kukar mengarah pada tujuannya yaitu semakin memperkecil jumlah pekerja anak," katanya.

Sementara Wabup Samsuri Aspar mengatakan, melalui lokalatih ini dapat menghasilkan pemikiran yang bersifat terobosan terutama dalam mengurangi pekerja anak di Kukar. Samsuri Asapr juga meminta peserta meninjau ulang Perda No 9/2004 tentang ZBPA di Kukar yang dinilainya masih banyak kelemahan.

"Karena upaya penghapusan pekerja anak bukan lah hal yang mudah dan dapat dilakukan dalam waktu singkat, tetapi merupakan suatu proses panjang, terpadu dan berkelanjutan," demikian katanya.

Dari data komite ZBPA maka pekerja anak di 18 Kecamatan se-Kukar, yang paling besar jumlahnya saat ini ada di Kecamatan Marang Kayu, Kecamatan Muara Kaman dan Muara Wis. (win)


Suasana Lokalatih ZBPA se-Kukar yang berlangsung selama 2 hari di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Tenggarong
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com