Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

FT Unikarta Jalin Kerjasama dengan Perusahaan Batubara

Wabup Kukar Samsuri Aspar tengah menyaksikan Manajer PT Mahakam Sumber Jaya WP Santoso menandatangani MOU dengan FT Unikarta
Wabup Kukar Samsuri Aspar tengah menyaksikan Manajer PT Mahakam Sumber Jaya WP Santoso menandatangani MOU dengan FT Unikarta
Photo: Humas Kukar/Agus Salim

KutaiKartanegara.com - 13/02/2006 22:55 WITA
Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi mahasiswa Program Studi Geologi Pertambangan, Fakultas Teknik (FT) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) menggandeng 3 perusahaan tambang batubara yang beroperasi di Kutai Kartanegara (Kukar) untuk melaksanakan sejumlah kegiatan pendidikan baik di kampus maupun lapangan.

Gebrakan FT Unikarta ini ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan PT Mahakam Sumber Jaya, PT Tanito Harum dan PT Jembayan Muara Bara. Selain itu, kerjasama FT Unikarta ini juga dijalin dengan 2 dinas Pemkab Kukar yakni Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Pertambangan dan Energi.

Penandatanganan MoU antara pihak FT Unikarta yang diwakili Dekan FT Unikarta Ir Sujiman MT dengan 3 perusahaan tambang batubara dan 2 dinas Pemkab Kukar ini dilakukan tadi pagi di hadapan Wabup Drs H Samsuri Aspar MM dalam acara pembukaan Pelatihan Teknik Eksplorasi dan Eksploitasi Batubara dalam rangka Peningkatan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Tenggarong.


Wabup Kukar H Samsuri Aspar ketika menyampaikan sambutannya
Photo: Humas Kukar/Agus Salim

Wabup H Samsuri Aspar dalam sambutannya menyatakan menyambut baik terselenggaranya penandatanganan MoU antara Fakultas Teknik Unikarta dengan beberapa perusahaan tambang di Kukar.

"Hal ini merupakan suatu bentuk kerjasama yang mengedepankan pada peningkatan Sumber Daya Manusia Kukar, terutama para mahasiswa Fakultas Teknik Unikarta," kata Wabup Samsuri Aspar.

Ditambahkannya, MoU ini hendaknya dilaksanakan dengan sebaik-baiknya karena hal ini sejalan dengan program Gerbang Dayaku tahap II yang salah satu sasarannya adalah peningkatan SDM yang berkualitas.

Salah satu pasal dalam MoU itu antara lain disebutkan bahwa pihak perusahaan tambang batubara bersedia membantu FT Unikarta Tenggarong dalam hal asistensi dan konsultasi proses belajar mengajar, pelaksanaan penelitian dan pengembangan sumber daya mineral dan energi.


Wabup Samsuri Aspar secara simbolis menyerahkan materi Pelatihan Teknik Eksplorasi dan Eksploitasi Batubara kepada salah seorang peserta
Photo: Humas Kukar/Agus Salim

Selain itu, pihak perusahaan tambang juga bersedia menyediakan tempat sekaligus pembimbing dan instruktur untuk pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan bagi mahasiswa FT Unikarta. Kemudian, pihak perusahaan tambang bersedia memberikan informasi lowongan praktek kerja lapangan baik secara insidentil maupun reguler, serta bersedia menerima staf pengajar FT Unikarta untuk memperoleh tambahan pengalaman.

Sementara pihak FT Unikarta bersedia untuk melakukan perencanaan kegiatan praktek, pelatihan dan konsultasi termasuk anggaran kegiatannya. FT Unikarta juga bersedia melakukan pra-seleksi mahasiswa calon peserta PKL di perusahaan tambang khususnya menyangkut masalah sikap dan potensinya.

Sebelum penandatanganan MoU, di tempat yang sama Wabup Samsuri Aspar membuka Pelatihan Teknik Eksplorasi dan Eksploitasi Batubara. Pembukaan pelatihan yang diselenggarakan FT Unikarta selama 3 hari ini ditandai dengan pemasangan tanda peserta dan penyerahan materi pelatihan kepada instruktur secara simbolis. Hingga saat ini FT Unikarta Tenggarong telah menghasilkan 400 lebih Sarjana Diploma III. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Bikin Macet Hingga 4 KM, Mobil Milik Warga Tenggarong Terbakar di Kawasan Tahura
Jatuh Dari Kapal, ABK Ditemukan Tewas di Perairan Delta Mahakam
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Sempat Unggul di Babak Pertama, Mitra Kukar Tumbang di Kandang Persela
Persela Lamongan vs Mitra Kukar: Naga Mekes Buru Poin di Lamongan
 
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
Undang Delegasi 7 Negara, Erau 2018 Digelar Pada 21-29 Juli
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com