Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pos Jaga Pasar Akan Difungsikan, Pedagang Menolak

Puluhan anggota Satpol PP Kukar mendatangi pedagang yang sedang berjualan di salah satu pos jaga pasar untuk disingkirkan
Puluhan anggota Satpol PP Kukar mendatangi pedagang yang sedang berjualan di salah satu pos jaga pasar untuk disingkirkan
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 10/02/2006 23:44 WITA
Niatan Pemkab Kutai Kartanegara untuk memfungsikan kembali Pos Jaga di Pasar Tangga Arung yang selama ini dimanfaatkan pedagang sebagai wadah menggelar jualan tampaknya menemui kendala.

Pasalnya beberapa bangunan pos yang ada di Pasar Tangga Arung Tenggarong tersebut sudah lama difungsikan pedagang untuk menggelar jualan mereka.

Dalam operasi penertiban pos jaga yang dilakukan tadi pagi, pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kukar menurunkan puluhan anggotanya ke Pasar Tangga Arung. Dengan berbekal surat perintah, para anggota Satpol PP Kukar ini meminta para pedagang yang selama ini menggunakan Pos Jaga sebagai wadah berjualan untuk segera hengkang dari tempat itu.

Namun permintaan petugas Satpol PP ditolak para pedagang yang menempati wadah tersebut. Karena mereka menilai, selain operasi ini dilakukan secara mendadak tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu, juga selama ini para pedagang telah membayar sewa tempat sekaligus retribusi kepada pihak pengelola Pasar Tangga Arung.


Para tokoh organisasi mahasiswa Kukar berdialog dengan seorang anggota Satpol PP
Photo: Yanda

Suasana tambah kisruh ketika persoalan 'bersih-bersih' pos jaga ini diketahui mahasiswa yang tergabung dalam berbagai wadah organisasi kemahasiswaan yang ada di Tenggarong seperti HMI, PMII, PII dan sejenisnya.

Dengan idealisme yang tinggi, beberapa tokoh organisasi kemahasiswaan ini lalu mendatangi markas Satpol PP yang berada di kompleks Kantor Bupati Kukar untuk menemui Kepala Satpol PP Kukar, Gimin. Karena yang dicari tidak berada di tempat, akhirnya para tokoh pemuda dan mahasiswa ini lalu diterima oleh Bambang Sugiyanto.

Kepada Bambang, Muhib bin Ali dari PMII Kukar mengatakan bahwa jika memang konsisten melakukan penertiban di Pasar Tangga Arung seharusnya dilakukan menyeluruh. "Jangan ada kesan tebang pilih dalam membenahi kesemrawutan di Pasar Tangga Arung," ujarnya.

Ditambahkannya, hal ini merupakan PR bagi Pemkab Kukar apakah ingin membenahi Pasar Tangga Arung secara tuntas atau tidak.


Salah satu Pos Jaga Pasar Tangga Arung yang masih digunakan pedagang
Photo: Yanda

Sementara Efri Novianto dari HMI Cabang Tenggarong mengakui bahwa Pasar Tangga Arung perlu dibenahi dan ditertibkan namun harus dilandasi rasa keadilan. Efri juga meminta petugas dalam menjalankan fungsinya sesuai urut-urutan prosedur.

Menanggapi hal tersebut, Bambang Sugiyanto mengatakan bahwa keasrian, ketertiban, kebersihan dan keamanan Pasar Tangga Arung perlu segera dilakukan karena berkaitan akan turunnya tim penilai pusat kebersihan kota, Adipura.

"Oleh sebab itu, tidak ada pilihan bagi kami yaitu tetap akan melaksanakan pembersihan ini. Yang jelas kami memberi waktu toleransi hingga 3 hari ke depan, lebih dari itu akan dilakukan bongkar paksa," tegasnya.

Jumlah petak yang digunakan pedagang di Pasar Tangga Arung saat ini semuanya berjumlah 1.514 petak. Dari jumlah tersebut, 500 buah merupakan petak resmi yang diizinkan pihak pengelola Pasar Tangga Arung. Sedang sisanya sekitar 1.014 unit petak adalah ilegal.

Menurut berbagai sumber di kalangan pedagang, kendati mereka menempati petak ilegal, selama ini pihak pengelola Pasar Tangga Arung tetap pemungut sewa dan retribusi. (nop/joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com