Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Peserta Kirab Pemuda Nusantara Singgahi Tenggarong

Wabup Kukar Edi Damansyah dan Sekkab Kukar H Marli menyalami anggota Kirab Pemuda Nusantara yang baru tiba di Tenggarong, Minggu (01/10) kemarin Wabup Kukar Edi Damansyah dan Sekkab Kukar H Marli menyalami anggota Kirab Pemuda Nusantara yang baru tiba di Tenggarong, Minggu (01/10) kemarin
Photo: Agri


Penandatanganan bendera Kirab Pemuda Nusantara 2017 oleh peserta kirab
Penandatanganan bendera Kirab Pemuda Nusantara 2017 oleh peserta kirab
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 02/10/2017 20:56 WITA
Ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong, menjadi satu-satunya kota di Provinsi Kalimantan Timur yang disinggahi peserta Kirab Pemuda Nusantara (KPN) 2017 Zona 1.


Para peserta KPN 2017 yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia itu akan berada di Tenggarong selama 4 hari 3 malam untuk melakukan sejumlah kegiatan, mulai dari kegiatan sosial, lingkungan, keagamaan, pendidikan hingga seni budaya.


Kedatangan tim inti KPN 2017 Zona 1 yang terdiri dari 36 orang itu disambut Wabup Edi Damansyah di halaman Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Minggu (01/10) pagi.


Dari 36 peserta KPN 2017 Zona 1 yang hadir itu ternyata ada sosok gadis asal Kukar, yakni Farah Yuizzunisa Rahayu, mahasiswi Unikarta Tenggarong yang lolos seleksi KPN 2017 mewakili Provinsi Kaltim.


Asdep Peningkatan Wawasan Pemuda Kemenpora RI, Mulyadi Adnan (tengah), saat menggelorakan semangat kepada para pemuda Kukar dan peserta KPN 2017
Photo: Agri


Program KPN sendiri merupakan program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia yang diikuti pemuda terpilih dari 34 provinsi dalam rangka menyebarkan semangat kebhinekaan pada pemuda nusantara.


Menpora RI Imam Nahrawi melalui Asisten Deputi Peningkatan Wawasan Pemuda Kemenpora RI, Mulyadi Adnan, mengatakan, Tenggarong menjadi titik singgah ketiga Kirab Pemuda Nusantara 2017 Zona 1 setelah Miangas (Sulawesi Utara) dan Bulungan (Kalimantan Utara).


"Kirab Pemuda Nusantara diikuti 72 peserta yang dibagi dalam 2 kelompok. Peserta dari Zona 1 yang ada di Tenggarong saat ini dilepas sejak 26 September lalu di pulau Miangas. Kemudian peserta Zona 2 dilepas pada 28 September lalu dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur," ujarnya.


Para peserta dari masing-masing zona tersebut akan keliling Indonesia. Untuk Zona 1 singgah di 20 tempat, sedangkan Zona 2 menyinggahi 14 tempat. "Kemudian peserta Kirab Pemuda Nusantara dari kedua zona akan bertemu di Blitar yang menjadi persinggahan terakhir pada 6 Desember 2017," pungkasnya.


Para peserta KPN 2017 dari 34 Provinsi saat menghadiri acara penerimaan pasukan inti KPN 2017 di Tenggarong, termasuk Farah Yuizzunisa Rahayu (kanan), mahasiswi Kukar yang terpilih mewakili Kaltim di KPN 2017
Photo: Agri


Sementara Bupati Kukar Rita Widyasari dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wabup Edi Damansyah mengucapkan selamat datang kepada tim inti KPN 2017. "Melalui kegiatan ini, saya harapkan dapat menjadi wahana pemersatu yang tepat dalam mewujudkan kebhinekaan Indonesia secara utuh dan menyeluruh," ujarnya.


Melihat kondisi bernegara saat ini, lanjutnya, pemuda Indonesia tidak bisa berdiam diri saja. Sejarah telah membuktikan, pemuda memiliki peran dalam mendirikan negara Indonesia.


"Oleh sebab itu, yang dibutuhkan saat ini adalah alat pemersatu, berupa 4 konsensus dasar bernegara Indonesia, dan kegiatan pemersatu untuk penguatan jati diri pemuda Indonesia serta peningkatan kreativitas dan kapasitas pemuda," ungkapnya.


Menurut Bupati Kukar, kegiatan KPN merupakan wujud nyata para pemuda Indonesia dalam menumbuhkan dan menguatkan jati diri, inovasi dan kreativitasnya dalam menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai kebhinekatunggalikaan NKRI.


Acara penerimaan tim inti KPN 2017 diisi pula dengan penandatanganan bendera KPN 2017, dan pembacaaan Ikrar Pemuda Untuk Kebhinekaan Indonesia. Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan kesenian daerah Kukar. (win)


Peserta KPN 2017 berbaur dengan para pemuda dan pelajar Kukar di akhir acara penerimaan tim inti KPN 2017
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Anggana Membara, Belasan Rumah Ludes Terbakar
Pilgub Kaltim 2018: Menang di 11 Kecamatan, Isran-Hadi Raup Dukungan 35,37 Persen Suara
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Pimpinan BPJS Kesehatan Ikut Layani Langsung Warga Kukar
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Erau 2018: Putra Mahkota Kesultanan Kutai Laksanakan Adat Beluluh
Naga Mekes Lumat Sriwijaya FC Tiga Gol Tanpa Balas
 
Wow, Mahasiswa Asing Ini Bisa Menari Jepen Hingga Main Sampek
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com