Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Datangi Bawaskab, Mahasiswa Laporkan Beberapa Indikasi Penyimpangan

Mahasiswa sempat berorasi di luar gedung Bawaskab karena tidak ada pejabat yang menerima
Mahasiswa sempat berorasi di luar gedung Bawaskab karena tidak ada pejabat yang menerima
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 07/02/2006 17:17 WITA
Sebagai bentuk dukungan terhadap tekad Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Dr H Syaukani HR MM dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih melalui penegakan supremasi hukum di daerah ini, sejumlah mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) tadi siang mendatangi kantor Badan Pengawas Kabupaten (Bawaskab) Kukar untuk melaporkan beberapa indikasi penyimpangan yang mereka temukan.

Para mahasiswa yang berasal dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unikarta, Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Unikarta serta Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tenggarong ini sempat melakukan orasi di luar gedung Bawaskab karena tidak ada satu pun pejabat yang menerima mereka.

Setelah 20 menit berorasi, para mahasiswa akhirnya diterima secara resmi Kepala Sub Bidang Pengembangan Karir Bawaskab Kukar H Diwansyah SE MM beserta staf di ruang rapat kantor tersebut.

Dalam pertemuan itu, Ketua HMI Tenggarong Efri Novianto membeberkan pihaknya telah menemukan dan mengumpulkan bukti-bukti tertulis yang mengindikasikan adanya penyalahgunaan wewenang baik dalam bentuk korupsi maupun kebijakan oleh penyelenggara negara di Kukar.


Mahasiswa berjanji akan melaporkan ke instansi yang lebih tinggi jika laporan temuan mereka tidak ditindaklanjuti Bawaskab Kukar
Photo: Agri

"Misalnya seperti pengalihan dana untuk keperluan proyek pembangunan Bandara Kukar di Loa Kulu. Pengalihan dana ini realisasinya mencapai Rp 119 milyar lebih, namun fakta di lapangan proyeknya sama sekali belum dilakukan," ujarnya.

Kemudian lanjut Efri, adanya indikasi penyalahgunaan dana bantuan beasiswa tahun 2004 bagi 4.332 mahasiswa sebesar Rp 5,198 milyar lebih. "Ternyata yang terealiasi hanya sebesar Rp 2,599 milyar. Kemana sisanya?" ujar Efri.

Kasus lain yang sempat diungkap mahasiswa adalah pemberian kredit motor guru Kukar yang dikelola Forum Solidaritas Guru Kukar (FSGK), serta kasus penggunaan ijazah hasil proses penyelenggaraan pendidikan kelas jauh.

Dikatakan Efri, ada indikasi sejumlah PNS di Kukar menggunakan ijazah tersebut, padahal menurutnya sarjana lulusan penyelenggaraan pendidikan kelas jauh bertentangan dengan kaidah penyelenggaraan pendidikan tinggi di Indonesia serta bertentangan pula dengan UU yang berlaku.

Sementara Fatahuddin dari BEM Unikarta berharap kepada Bawaskab Kukar untuk segera menindaklanjuti beberapa kasus temuan yang dilaporkan mahasiswa tersebut. "Bila tidak, kami akan melaporkan temuan ini ke BPKP atau instansi yang lebih tinggi lagi," tandasnya.

Menanggapi tuntutan mahasiswa, Diwansyah berjanji akan menyampaikan laporan mahasiswa kepada atasannya. "Karena saya bukan pengambil keputusan di lembaga ini, namun yang pasti laporan adik-adik mahasiswa akan saya teruskan kepada pimpinan," katanya. (win/nop)


Pejabat Bawaskab Kukar H Diwansyah SE MM (kiri) ketika menerima para mahasiswa yang melaporkan temuan mereka mengenai beberapa indikasi penyimpangan
Photo: Yanda

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
Persipura Incar Poin Penuh, Mitra Kukar Tak Gentar
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com