Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Libatkan 150 Penari, Drama Tari Kolosal Bakal Semarakkan Pembukaan EIFAF 2017

Sebanyak 150 penari pendukung tari massal mulai berlatih di Stadion Rondong Demang, Tenggarong, sejak Senin (10/07) laluSebanyak 150 penari pendukung tari massal mulai berlatih di Stadion Rondong Demang, Tenggarong, sejak Senin (10/07) lalu
Photo: Agri


Para penari yang terlibat dalam drama tari kolosal Bena Budaya Etam punya waktu 18 hari untuk persiapan jelang pembukaan EIFAF 2017
Para penari yang terlibat dalam drama tari kolosal Bena Budaya Etam punya waktu 18 hari untuk persiapan jelang pembukaan EIFAF 2017
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 13/07/2017 23:43 WITA
Tak terasa, tinggal 10 hari pesta adat Erau dan International Folk Art Festival (EIFAF) 2017 akan dihelat di ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong.


Gelaran Erau Adat Kutai yang dibarengkan dengan Festival Kesenian Rakyat Internasional ke-5 tersebut akan dibuka pada 23 Juli mendatang bertempat di Stadion Rondong Demang, Tenggarong.


Dan satu yang tak bisa ketinggalan pada setiap seremoni pembukaan Erau atau EIFAF adalah suguhan tari massal atau tari kolosal yang melibatkan ratusan penari.


Drama tari kolosal bertajuk Bena Budaya Etam yang digarap Dinas Pariwisata Kukar bekerjasama dengan Yayasan Gubang Kutai Kartanegara ini ternyata hanya punya waktu 18 hari untuk persiapan.


"Kami mulai latihan sejak tanggal 5 Juli lalu di halaman Planetarium Jagad Raya. Sedangkan latihan di Stadion Rondong Demang baru kita lakukan sejak Senin (10/07) lalu," terang Hariyansa, selaku koreografer drama tari kolosal Bena Budaya Etam.


Sebelumnya, lanjut Hariyansa, pihaknya terlebih dahulu melakukan seleksi terhadap lebih dari 300 calon penari pada 3 Juli guna mencari 150 orang penari yang akan dilibatkan dalam tari kolosal tersebut.


Kendati persiapan yang cukup mepet, pria yang akrab disapa Ancha ini tetap optimis para pendukung tari massal tersebut dapat tampil maksimal pada pembukaan EIFAF 2017 mendatang.


"Karena sebagian besar pendukung tari kolosal ini adalah para penari yang pernah terlibat dalam tari massal tahun lalu. Sedangkan sebagian lagi adalah para penari baru dari beberapa sanggar tari yang ada di Tenggarong. Jadi tidak terlalu susah untuk melatih mereka, karena mereka sudah punya basic sebagai penari," ungkap Ancha.


Ditambahkan Ancha, beberapa kendala yang dihadapi dalam mempersiapkan tari kolosal ini hanyalah faktor cuaca di kota Tenggarong yang masih sering turun hujan. "Ya, kalau hujan mau tak mau kita istirahat sejenak. Kalau sudah reda, baru kita lanjut latihan lagi," pungkasnya. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Lagi, Kebakaran Landa Desa Sebulu Modern
Agustinus Sudarsono Resmi Jadi PAW Anggota DPRD Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
Pengurus BPC HIPMI Kukar 2017-2021 Resmi Dikukuhkan
 
Palsukan SIM, KTP, Ijazah Hingga Surat Tanah: Pria Ini Diringkus Petugas Polsek Loa Kulu
Pengedar dan Kurir Narkoba Diamankan Polisi di Kota Bangun, Termasuk Sabu 21,35 Gram
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Akhir Pekan Ini, Ada Pesta Musik Reggae di PKM
Rocket Suicide, Grup Duo Anyar Asal Tenggarong Yang Usung Rock Akustik
 
Bhayangkara FC 4-1 Mitra Kukar: Naga Mekes Tumbang di Bekasi
Tantang Bhayangkara FC, Mitra Kukar Termotivasi Untuk Raih Hasil Positif
 
Adat Menjamu Benua Songsong Erau 2017
Sambut Erau 2017, Sultan dan Putera Mahkota Jalani Ritual Beluluh
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com