Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Absensi PNS Pemkab Kukar Gunakan Mesin Canggih

Suasana pembukaan Latihan Pengelolaan Mesin Absensi di Ruang Serba Guna, Kantor Bupati Kukar, tadi siangSuasana pembukaan Latihan Pengelolaan Mesin Absensi di Ruang Serba Guna, Kantor Bupati Kukar, tadi siang
Photo: Agri


Bupati Kukar H Syaukani HR ketika menyematkan tanda peserta kepada Hendra Wijaya
Bupati Kukar H Syaukani HR ketika menyematkan tanda peserta kepada Hendra Wijaya
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 25/01/2006 23:55 WITA
Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tak lama lagi akan menggunakan sistem absensi modern. Hanya dengan menggesekkan sebuah kartu magnetik yang berfungsi sebagai ID Card serta memindai sidik jari, kehadiran para PNS pun tercatat langsung dalam sistem komputer.

Penerapan mesin absensi teknologi tinggi Smart2K/Bio di seluruh dinas/instansi Pemkab Kukar ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya Pemkab Kukar dalam meningkatkan disiplin pegawai.

Demikian hal tersebut disampaikan Bupati Kukar Dr H Syaukani HR MM saat membuka Pelatihan Pengelolaan Mesin Absensi di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Rabu (25/1) siang.

Ditambahkan Bupati H Syaukani HR, alat tersebut memiliki kemampuan mengenali sidik jari atau finger scan sehingga akan diperoleh akurasi data otentik saat proses absensi berlangsung dan tidak mudah dimanipulasi.


Bupati H Syaukani HR didampingi Kepala Pusdatinkom Kukar Hifsi GF ketika melihat lebih dekat contoh hasil pencatatan kehadiran PNS
Photo: Agri

Bupati Kukar berharap melalui penggunaan alat ini mampu memberikan suntikan motivasi yang baik dalam upaya meningkatkan mutu, disiplin, etos kerja dan profesionalisme PNS. "Tetapi perlu disadari, alat yang dipergunakan tersebut dapat efektif apabila diimbangi dengan SDM yang tinggi pula," lanjut Syaukani.

Atas dasar tersebut, diharapkan melalui pelatihan ini dapat menghasilkan personil yang handal dan siap pakai yang mampu memahami teknis penggunaan alat absensi tersebut dengan baik dan benar agar didapat hasil yang optimal. "Sehingga pada saat penerapannya di dinas/instansi masing-masing nanti dapat dikelola dengan sempurna," kata Bupati Kukar.

Bupati H Syaukani HR juga meminta kepada peserta latihan untuk dapat memahami teknis dan prinsip-prinsip dalam penggunaan alat tersebut agar output yang dihasilkan berkualitas baik, lengkap dan terstruktur. "Dengan demikian maka data yang terhimpun berdaya guna bagi peningkatan profesionalisme pegawai di daerah," demikian amant Bupati Kukar.

Sementara dilaporkan Kepala Pusat Data Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pusdatinkom) Kukar Hifsi GF ST, pelatihan ini digelar selama 2 hari dan diikuti 45 orang dari 18 dinas, 9 badan, 8 kantor serta 10 Bagian di Sekretariat Kabupaten Kukar. "Ada pun materi yang diberikan adalah pengenalan Mesin Absensi Smart 2K, Smart Web Utility Smart 2K, pengenalan SIPKnetik dan implementasi aplikasi," ujarnya.

Ditambahkan Hifsi, mesin absensi yang sudah terpasang berjumlah 40 unit yang tersebar di dinas/instansi Pemkab Kukar. "Sebanyak 25 unit telah menggunakan teknologi sidik jari, sedangkan sisanya belum menggunakan teknologi bio namun akan segera di-upgrade dalam waktu dekat," demikian katanya.

Pembukaan Latihan Pengelolaan Mesin Absensi ini ditandai pula dengan penyematan tanda peserta kepada Desy Wahyuni dan Hendra Wijaya oleh Bupati Kukar didampingi Sekkab Kukar HM Husni Thamrin, Asisten I HA Ridwan Sya'ranie dan Kepala Pusdatinkom Kukar Hifisi GF ST. (win)


Bupati Kukar H Syaukani HR ketika menyampaikan sambutannya
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-4 Borneo FC: Tiga Kartu Merah Warnai Derby Mahakam, Naga Mekes Tersungkur di Kandang
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com