Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Gagal Lulus Tes CPNS, Guru SMA Mengadu ke Pemkab Kukar

KutaiKartanegara.com - 18/02/2005 02:23 WITA
Hasil seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di beberapa daerah di Indonesia belum lama ini sempat menuai protes dari berbagai unsur masyarakat. Demikian halnya di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang sempat pula dihebohkan dengan adanya kelulusan ganda seperti banyak diberitakan media lokal di Kalimantan Timur.

Namun ada juga kisah sedih seperti yang dialami oleh Herlina Puspa Dewi. Guru SMAN 2 Tenggarong yang berstatus sebagai pegawai Tenaga Tidak Tetap Daerah (T3D) ini gagal lulus seleksi CPNS kendati dari hasil tes tersebut dirinya merupakan salah satu peserta yang meraih angka tinggi.

Herlina pun menyurati Pemkab Kukar untuk mempertanyakan perihal ketidaklulusannya meski memiliki hasil tes yang tinggi. Keluhan Herlina akhirnya ditanggapi Sekretaris Kabupaten Kukar Drs H Eddy Subandi MM dengan mempertemukan Herlina dengan panitia tes CPNS Kukar dari unsur Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kukar dan dari Dinas Pendidikan Kukar.

Selain itu, pertemuan ini juga dihadiri oleh Assisten III H Chairil Anwar SH MHum, Kepala Bagian Hukum Heldiansyah SH, Kasubag Pengumpulan Informasi Bagian Humas dan Protokol Zainul Effendi Joesoef SSos di Ruang Wakil Bupati Kukar, Kamis (17/02) pagi kemarin.

H Eddy Subandi menegaskan bahwa dalam tes CPNS yang lalu, Pemkab Kukar hanya sebagai pelaksana dan bukan sebagai penentu kelulusan. Pengumuman yang disampaikan Pemkab Kukar kepada publik berasal dari Pemprov Kaltim setelah mendapatkan hasilnya dari Pemerintah Pusat.

Dan usaha mempertemukan Herlina dengan pihak panitia tes CPNS Kukar, Bagian Humas dan Protokol serta pihak media adalah untuk memperjelas bahwa penentu kelulusan tes adalah dari pihak pemerintah pusat dan pelaksanaan tes CPNS di Kukar itu bersih dari praktek KKN, tegas Sekda Kukar.

Dijelaskan pihak BKD Kukar, pada kasus yang dialami Herlina terjadi akibat kesalahan dalam penulisan kode kualifikasi sehingga dirinya dinyatakan gugur kendati nilai hasil tesnya cukup baik.

Dalam isian lembar jawaban, Herlina mengisi kode kualifikasi dengan kode 6017 dan bukannya 8013. Angka kode 6017 merupakan kualifikasi untuk formasi guru Biologi yang tidak memiliki Akta IV, sedangkan kode 8013 merupakan kualifikasi untuk formasi guru Biologi yang memiliki Akta IV.

Sedangkan Herlina sendiri merupakan lulusan FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, tahun 1998 dimana pemilik ijazah FKIP dibawah tahun 2000 sekaligus bersertifikat Akta IV.

Jika belum puas terhadap jawaban yang diberikan Pemkab Kukar, Seskab Eddy Subandi mempersilakan Herlina untuk menanyakan langsung kepada panitia tes CPNS Pusat di Jakarta dan pihak Pemda Kukar akan menanggung biaya transportasi dan akomodasinya.


Dalam kesempatan itu, Herlina menyampaikan kepada Eddy Subandi bahwa menjadi PNS sudah menjadi obsesinya sejak lama. Seskab Eddy Subandi lalu meminta Herlina untuk bersabar dan mencoba mengikuti kembali tes CPNS Kukar yang akan datang. (zej/jay/nop)


Seskab H Eddy Subandi (tengah) didampingi Assisten III H Chairil Anwar dan Kabag Hukum Heldiansyah ketika menerima Herlina di Ruang Wakil Bupati Kukar
Photo: Yanda

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com