Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pusat Studi Politik dan Pemerintahan Unikarta Garap Diskusi Bulanan

Kegiatan diskusi yang digelar untuk pertama kalinya oleh Pusat Studi Politik dan Pemerintahan Unikarta di Tenggarong, Rabu (09/11) kemarinKegiatan diskusi yang digelar untuk pertama kalinya oleh Pusat Studi Politik dan Pemerintahan Unikarta di Tenggarong, Rabu (09/11) kemarin
Photo: Agri


Rektor Unikarta Dr Sabran SE MSi saat membuka kegiatan diskusi bulanan PPSP Unikarta
Rektor Unikarta Dr Sabran SE MSi saat membuka kegiatan diskusi bulanan PPSP Unikarta
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 10/11/2016 13:39 WITA
Sebagai bagian dari pelaksanaan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) secara resmi membentuk sebuah lembaga baru bernama Pusat Studi Politik dan Pemerintahan (PPSP).


Pembentukan PPSP Unikarta ini dimaksudkan untuk menjadi wadah komunikasi, kajian, pendidikan, penelitian dan pengabdian dari civitas akademika Unikarta kepada masyarakat di bidang politik dan pemerintahan.


PPSP Unikarta pun telah menyiapkan agenda bulanan berupa kegiatan diskusi dengan mengundang para narasumber berkompeten guna membahas sejumlah permasalahan yang dihadapi Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).


Sebagai kegiatan perdana, PPSP Unikarta menggelar diskusi dengan tema Kutai Kartanegara Pasca Migas yang berlangsung di ruang rapat Rektorat Unikarta, Tenggarong, Rabu (09/11) kemarin.


Kegiatan diskusi yang dihadiri puluhan mahasiswa Unikarta ini menghadirkan 3 narasumber yakni Ketua DPRD Kukar Salehuddin SSos SFil, Rektor Unikarta Dr Sabran SE MSi, serta Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kukar yang diwakili Kabid Perencanaan Pendapatan, Pengembangan dan Pengawasan, Edward.


"Kegiatan diskusi bulanan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi, yang mana civitas akademika Unikarta diharapkan dapat ikut aktif memberikan andil bagi kemajuan daerah," kata Ketua PPSP Unikarta, Efri Novianto.


Terkait diskusi perdana yang mengambil tema Kutai Kartanegara Pasca Migas, menurut Efri, topik tersebut sangat menarik dibahas lantaran kondisi keuangan Kukar sangat rentan dan jauh dari kemandirian akibat ketergantungan keuangan pada dana perimbangan khususnya Dana Bagi Hasil (DBH) Migas yang mencapai 80%.


"Sementara kontribusi PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kukar masih sangat kecil pada struktur APBD yakni hanya sebesar 10 persen. Sedangkan dari sisi belanja aparatur sudah mencapai mencapai 35% dari struktur APBD. Artinya pada 10-20 tahun ke depan, kalau pemerintah tidak melepaskan ketergantungan dari DBH, maka bisa jadi kita akan menjadi daerah yang gagal membayar karena DBH migas kita menurun sebagai akibat dari fluktuasi harga dan penurunan kapasitas produksi migas," ujarnya.


Lewat diskusi ini, tambah Efri, diharapkan dapat menghasilkan sejumlah rekomendasi kebijakan terkait strategi dan langkah-langkah yang harus dilakukan Pemkab Kukar untuk meningkatkan PAD-nya.


Sementara Rektor Unikarta Dr Sabran SE MSi memberikan apresiasi kepada PPSP Unikarta yang telah menggelar kegiatan tersebut dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten. "Karena perguruan tinggi juga memiliki peluang untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah. Oleh karena itu, saya juga mendorong kepada semua program studi di Unikarta untuk melakukan sejumlah inovasi dan kreasi seperti PPSP," demikian katanya. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com