Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Dipusatkan di Tenggarong, Wagub Kaltim Canangkan Bulan K3 Tingkat Provinsi Kaltim

Para karyawan perusahaan di Kukar ketika mengikuti upacara pencanangan Bulan K3 Tingkat Kaltim Tahun 2006 di halaman Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, tadi pagiPara karyawan perusahaan di Kukar ketika mengikuti upacara pencanangan Bulan K3 Tingkat Kaltim Tahun 2006 di halaman Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, tadi pagi
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 19/01/2006 18:40 WITA
Meski terjadi penurunan hingga 9,9% dibanding tahun sebelumnya, angka kecelakaan kerja di tanah air masih terbilang cukup tinggi. Hal ini membuktikan masih belum maksimalnya upaya pengawasan norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Dari data PT Jamsostek hingga Januari 2005, telah terjadi 95.418 kasus kecelakaan kerja yang mengakibatkan 6.114 tenaga kerja mengalami cacat, 2.932 tenaga kerja cacat sebagian, 66 tenaga kerja cacat total dan 1.736 tenaga kerja meninggal dunia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Erman Suparno dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wagub Kaltim Drs Yurnalis Ngayoh pada upacara pencanangan Bulan K3 Tingkat Kaltim Tahun 2006 yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, tadi pagi.

Apabila dianilisis secara mendalam, lanjut Menteri Nakertrans, semuanya disebabkan tidak dijalankannya semua syarat-syarat K3 secara baik dan benar. Pemerintah melalui Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi tidak henti-hentinya berusaha meningkatkan kesadaran pimpinan perusahaan dan tenaga kerja bahwa program K3 harus dilaksanakan dalam kondisi apapun untuk mengurangi kerugian yang lebih besar.


Wagub Kaltim Drs Yurnalis Ngayoh ketika membacakan sambutan Menteri Nakertrans RI
Photo: Agri

Oleh kerena itu, sudah menjadi tradisi bahwa Bulan K3 Nasional dilakukan selama 1 bulan penuh yang tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 12 Januari hingga 12 Pebruari 2006. Pada momen tersebut diselenggarakan berbagai kegiatan K3 yang dilaksanakan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota dan perusahaan secara serentak di wilayah Indonesia.

Untuk itu, melalui kegiatan Bulan K3 ini Menteri Tenaga mengharapkan dukungan dan partisipasi aktif dari semua instansi terkait, khususnya kepala daerah, agar pembinaan dan pengawasan K3 terlaksana dengan baik.

Kedua, harap Menteri, kemandirian perusahaan dalam meningkatkan pelaksanaan K3 untuk menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, sehat dan produktif menuju nihil kecelakaan dan penyakit akibat kerja dapat terwujud.

"Ketiga, meningkatkan kesadaran dan perilaku masyarakat untuk melaksanakan K3 terutama dalam penerapan SMK3 di setiap tempat kerja sebagai sistem yang terintegrasi dalam manajemen perusahaan," demikian kata Menteri Nakertrans RI seperti disampaikan Wagub Kaltim.

Upacara pencanangan Bulan K3 Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2006 tadi pagi yang dipimpin Wagub Yurnalis Ngayoh selaku inspektur upacara ini diikuti para karyawan beberapa perusahaan besar yang beroperasi di Kukar, pegawai Pemkab Kukar maupun personel TNI/Polri.

Selain itu hadir pula pejabat Muspida Provinsi Kaltim, Plt Sekkab Kukar HM Husni Thamrin, Wakil Ketua DPRD Kukar HM Yusuf AS, dan pejabat Muspikab Kukar lainnya. Sementara Bupati H Syaukani HR dan Wabup Samsuri Aspar tidak tampak hadir karena masih tugas di luar kota.


Simulasi kebakaran debu batubara yang diperagakan pihak Safety PT Banpu Kitadin
Photo: Agri

Upacara pencanangan Bulan K3 Tingkat Kaltim ini juga ditandai dengan penyerahan Piagam Penghargaan Gubernur Kaltim kepada 15 perusahaan terbaik dari 5 kabupaten/kota di Kaltim yakni Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan, Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Barat.

Dari wilayah Kukar, penerima Penghargaan Pelaksanaan Hubungan Industrial Terbaik tersebut adalah PT Banpu Kitadin sebagai Terbaik I, PT Anugerah Putra Kaltim sebagai Terbaik II dan PT Bukit Baiduri Enterprise sebagai sebagai Terbaik III.

Selain itu, Wagub Kaltim juga menyerahkan secara simbolis bantuan kepada persatuan angkutan perahu ketinting Pulau Kumala dan pasukan kuning.

Bantuan tersebut berupa 150 helm standar, 150 jaket pelampung dan 150 rompi keselamatan kerja yang disumbangkan masing-masing 50 buah oleh 3 perusahaan migas yang beroperasi di Kukar yakni Total E&P Indonesie, VICO Indonesia dan PT Medco Energi. Bantuan serupa juga diberikan oleh PT Banpu Kitadin, PT Multi Harapan Utama, PT Anugerah Bara Kaltim, PT RPP, PT Fajar Bumi Sakti dan PT Kimco.

Acara juga dimeriahkan dengan peragaan simulasi ledakan gas methane dan kebakaran debu batubara oleh pihak Safety PT Banpu Kitadin, serta demonstrasi penyelamatan korban kecelakaan oleh tim Fire & Rescue perusahaan migas Total E&P Indonesie. (win)


Tim Fire & Rescue Total E&P Indonesie ketika mendemonstrasikan upaya penyelamatan korban kecelakaan di air
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com