Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

KNPI Kukar Garap Pelatihan Pendidikan Politik Perempuan

Suasana Pelatihan Pendidikan Politik Perempuan di Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong Suasana Pelatihan Pendidikan Politik Perempuan di Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong
Photo: Dok. KNPI Kukar


Pelatihan Pendidikan Politik Perempuan diikuti 25 orang peserta dari berbagai organisasi serta mahasiswi sejumlah perguruan tinggi
Pelatihan Pendidikan Politik Perempuan diikuti 25 orang peserta dari berbagai organisasi serta mahasiswi sejumlah perguruan tinggi
Photo: Dok. KNPI Kukar

KutaiKartanegara.com - 10/10/2016 18:56 WITA
Minat kaum perempuan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) untuk berkiprah di bidang politik boleh dibilang masih sangat sedikit. Hal ini dapat dilihat dari minimnya keterwakilan perempuan di lembaga legislatif maupun partai politik.


Guna mendorong minat perempuan untuk ikut berkiprah di bidang politik, DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kutai Kartanegara (Kukar) pekan lalu menggelar kegiatan Pelatihan Pendidikan Politik Perempuan.


Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari mulai 5-6 Oktober 2016 ini dibuka secara resmi oleh Ketua Ketua DPRD Kukar Salehuddin SSos SFil bertempat di Mulawarman Ballroon, Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong.


Dikatakan Ketua Panitia Pelaksana, Jurnati, pelatihan ini diikuti 25 orang peserta, terdiri dari mahasiswi hingga anggota atau pengurus sejumlah organisasi wanita yang ada di Kukar.


"Lewat pelatihan ini diharapkan akan muncul kader perempuan yang mampu berkiprah di bidang politik yang selama ini lebih didominasi oleh kaum pria. Kami ingin mendorong perempuan agar lebih aktif berpolitik, agar bisa membela hak-hak perempuan yang selama ini kerap terabaikan," katanya.


Senada dengan Jurnati, Wakil Ketua KNPI Kukar, Eko Harnanda, pelatihan pendidikan politik bagi perempuan ini merupakan bentuk tanggung jawab KNPI dalam mencetak generasi muda yang mampu berperan di segala bidang.


"Kami berharap pelatihan ini akan memberikan manfaat yang besar bagi kaum perempuan yang ingin terlibat dalam pembangunan di Kukar khususnya melalui bidang politik," harapnya.


Sementara Ketua DPRD Kukar, Salehuddin, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, mempromosikan keterlibatan perempuan dalam ranah politik dan demokrasi harus menjadi suatu kebutuhan, sehingga mampu melahirkan perlindungan terhadap hak-hak perempuan dan meningkatkan partisipasi perempuan di dunia politik.


"Isu ini sangat krusial, mengingat proporsi penduduk Kukar sebagiannya atau sekitar 47,46 persen adalah perempuan. Sementara keterwakilan perempuan dalam proses pengambilan keputusan publik masih rendah," ungkapnya.


Seharusnya, lanjut Saleh, dengan angka proporsi penduduk perempuan lebih dari 40 persen, maka sewajarnya keterwakilan perempuan baik di jabatan politik (legislatif) maupun jabatan publik (eksekutif) lebih dari 40 persen. Tetapi realitanya, di parlemen sendiri angka keterwakilan perempuan hanya 8,89 persen.


Demikian juga pada jabatan publik, keterwakilan perempuan masih dibawah 10 persen. "Dua faktor inilah yang menjadi penyebab mengapa Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) di Kukar masih rendah dibandingkan kabupaten dan kota yang lain di Kalimantan Timur," demikian ujarnya. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com