Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

LBAK Sampaikan Pernyataan Sikap Urang Kutai

Presiden LBAK Kaltim Adji Ismet Hakim menyerahkan naskah pernyataan sikap kepada Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Salehoeddin IIPresiden LBAK Kaltim Adji Ismet Hakim menyerahkan naskah pernyataan sikap kepada Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Salehoeddin II
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi


Presiden LBAK Kaltim Adji Ismet Hakim saat berjabat tangan dengan Wabup Kukar Edi Damansyah yang hadir dalam Halal Bi Halal LBAK Kaltim
Presiden LBAK Kaltim Adji Ismet Hakim saat berjabat tangan dengan Wabup Kukar Edi Damansyah yang hadir dalam Halal Bi Halal LBAK Kaltim
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

KutaiKartanegara.com - 07/08/2016 23:55 WITA
Dewan Pengurus Besar (DPB) Lembaga Budaya Dan Adat Kutai (LBAK) Kalimantan Timur menyampaikan pernyataan sikap Urang Kutai dalam acara Halal Bi Halal LBAK yang digelar di Kedaton Kutai Kartanegara, Tenggarong, Sabtu (06/08) kemarin.


Pernyataan sikap yang terdiri dari 7 butir itu dibacakan langsung Presiden LBAK Kaltim Adji Ismet Hakim yang kemudian diserahkan kepada Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura H Adji Mohd Salehoeddin II, yang disaksikan pula oleh Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, Wabup Kukar Edi Damansyah dan pejabat FKPD Kukar lainnya.


Dalam pernyataan sikap tersebut dinyatakan bahwa Urang Kutai siap berperan aktif menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan bersinergi secara harmonis dengan masyarakat yang majemuk dengan motto Bangun Kaltim Untuk Semua.


"Kedua, kami Urang Kutai siap menjadi bagian yang tidak terpisahkan dan menyatu dalam Forum Komunikasi/Koordinasi antar suku dan umat beragama, menjaga suasana daerah yang aman, damai dan kondusif," seru Ismet.


Kemudian yang ketiga, LBAK menghimbau kepada masyarakat pendatang/perantau untuk saling bahu-membahu mendukung program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, pembukaan lapangan kerja dan pelestarian sumber daya alam yang berbasis pada budaya dan kearifan lokal.


Ke empat, LBAK atas nama Urang Kutai meminta kepada pemerintah agar bahasa Kutai masuk kurikulum wajib pelajaran di SD, SLTP hingga SLTA.


Selain itu, LBAK Kaltim juga meminta kepada Pemerintah Pusat agar Sultan Kutai Kartanegara ing martadipura ke-14 AM Idris dan Awang Long Senopati dijadikan pahlawan nasional dan mewacanakan "Benua Etam Kutai" menjadi provinsi Kutai Raya yang meliputi Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Kutai Timur, Mahakam Ulu dan beberapa kabupaten lain yang akan dimekarkan.


"Ke enam, kami Urang Kutai hanya mengakui bahwa Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura satu-satunya kesultanan di tanah Kutai," tegas Adji Ismet.


Terakhir, LBAK Kaltim sepakat agar tiap tahun di bulan Syawal diadakan Silaturahmi Akbar sebagai perwujudan nyata untuk menjalin kedekatan antara warga Kutai dengan komunitas masyarakat secara harmonis dalam suasana kedamaian.


Sementara Sultan Kutai HAM Salehoeddin II melalui Menteri Sekretaris Keraton HAPM Gondo Prawiro menyampaikan terima kasih atas dukungan LBAK terhadap Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.


Sultan berharap, Urang Kutai selalu dan terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga dapat berperan aktif dan menjadi pelopor pembangunan bersama dengan warga lainnya.


"Saya mengajak Urang Kutai di mana pun berada untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam wilayah NKRI, dan ikut bersama Pemerintah memberantas korupsi, narkoba dan terorisme. Pererat silaturahmi dan pertahankan nilai-nilai adat dan budaya untuk kejayaan bangsa," demikian pesannya.


Senada dengan Sultan Kutai, Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak juga berharap agar LBAK memainkan peran untuk menjaga dan mempertahankan budaya dan adat Kutai.


"Mari bersama-sama meningkatkan partisipasi dalam pembangunan untuk mewujudkan cita-cita menuju masyarakat Kaltim yang maju, sejahtera, adil, makmur dan sejahtera. Jaga dan pelihara situasi Kaltim yang aman dan kondusif ini, jalin kekompakan dengan etnis lainnya, jauhkan diri dari hasutan yang dapat memecah persatuan yang sudah terjalin baik," ujarnya.


Kegiatan Halal Bi Halal LBAK Kaltim yang berlangsung di halaman Kedaton ini juga diisi dengan penyampaian siraman rohani oleh KH Mashudi Syuhud dari PBNU Pusat. Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan suguhan tari tradisi khas Kesultanan Kutai dan tarian Jepen. (her/win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com