Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

24 Parpol Ikuti Sosialisasi UU 31/2002 dan PP 29/2005

24 partai Politik Ikuti Sosialisasi UU 31/2002 dan PP 29/2005  tentang Penyaluran Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik
24 partai Politik Ikuti Sosialisasi UU 31/2002 dan PP 29/2005 tentang Penyaluran Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik
Photo: Bes

KutaiKartanegara.com - 13/01/2006 23:30 WITA
Sebanyak 24 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2004 di Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti Sosialisasi UU No 31/2002 dan PP No 29/2005 di Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong, Jumat (13/01) pagi. Penyelenggaran sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Sekkab Drs H Husni Thamrin MM.

Turut hadir pada sosialisi itu adalah Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas) Kukar Darmansyah dan perwakilan Kesbang Linmas Departemen Dalam Negeri RI.

Bupati Kukar H Syaukani HR dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekkab Drs HM Husni Thamrin mengatakan, seiring dengan diberlakukannya UU No 22/1999 yang direvisi menjadi UU No 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah dan UU No 25/1999 yang direvisi menjadi UU No 33/2004 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah adalah merupakan babak baru dalam kehidupan demokrasi bangsa Indonesia.

Dengan adanya kedua UU tersebut maka selain Kukar mendapat dana bagi hasil berdasarkan potensi yang ada, juga mempunyai kewenangan untuk mengatur rumah tangganya sendiri secara luas, nyata dan bertanggung jawab.

Berlandaskan kewenangan tersebut, lanjut Bupati, Kukar telah menyusun suatu grand strategy Gerbang Dayaku. Gerbang dayaku merupakan konsep percepatan pembangunan berbasis pemberdayaan seluruh komponen pembangunan (baik instansi pemerintah, legislatif, swasta maupun masyarakat) dengan memanfaatkan sumber daya optimal. Komponen yang turut serta menentukan keberhasilan pembangunan adalah peran aktif partai politik yang ikut serta menciptakan iklim demokrasi di Kukar.

"Untuk membangun kehidupan politik yang demokratis dan stabil dengan sasaran menggerakkan kembali wibawa dan legitimasi serta menciptakan suasana kondusif guna terjaminnya keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat luas baik di pedesaan maupun perkotaan. Peran partai politik dalam pembangunan Kabupaten Kukar akan menciptakan kondisi sosial politik yang kondusif sehingga dapat mendukung pelaksanaan pembangunan," katanya.

Bupati Kukar berharap agar partai politik dapat mewujudkan tatanan kehidupan politik masyarakat di daerah ini yang serasi, harmonis, dinamis, nyata dan bertanggung jawab dalam pola tindak dan tingkah laku untuk mendukung setiap program-program prioritas yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dengan titik tolak pelaksanaan otonomi daerah yang nyata dan bertanggung jawab secara penuh demi tegaknya persatuan dan keatuan Negara Republik Indonesia.

Sementara dikatakan Drs Junaidy selaku Ketua Panitia Sosialisasi UU 31/2002 dan PP 29/2005, kegiatan ini diikuti 24 partai politik peserta pemilu 2004. Melalui sosialisasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan peran partai politik yang merupakan salah satu wujud paritipasi masyarakat yang penting dapat mengembangkan kehidupan demokrasi yang menjunjung kebebasan, kebersamaan dan kejujuran.

"Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan peran serta partai politik dalam pembangunan daerah sesuai dengan aktualisasi visi dan misi Gerbang Dayaku tahap II," paparnya.

Antara lain, lanjutnya, melalui konsolidasi kelembagaan pemerintah yang demokratis, memberikan informasi latar belakang terbitnya peraturan pemerintah nomor 29 tahun 2005 tentang bantuan keuangan kepada partai politik.

"Mekanisme pengajuan, penyerahan dan laporan penggunaan bantuan keuangan kepada partai politik ini dikoordinir melalui Badan Ksebang Linmas Kukar," demikian katanya. (bes)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Anggana Membara, Belasan Rumah Ludes Terbakar
Pilgub Kaltim 2018: Menang di 11 Kecamatan, Isran-Hadi Raup Dukungan 35,37 Persen Suara
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Pimpinan BPJS Kesehatan Ikut Layani Langsung Warga Kukar
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Jelang Laga Lawan SFC, Rafael Berges Tinggalkan Mitra Kukar
PS TIRA 0-0 Mitra Kukar: Gerri Tampil Gemilang, Naga Mekes Bawa Pulang Satu Poin
 
Wow, Mahasiswa Asing Ini Bisa Menari Jepen Hingga Main Sampek
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com