Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Umat Muslim Kukar Rayakan Idul Adha 1426 Hijriah

Ribuan jamaah Sholat Ied tumpah ruah hingga ke halaman Masjid Agung Sultan Sulaiman, TenggarongRibuan jamaah Sholat Ied tumpah ruah hingga ke halaman Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 10/01/2006 13:16 WITA
Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1426 Hijriah yang jatuh pada hari ini dirayakan umat Muslim di seluruh dunia dengan penuh suka cita. Perayaan Idul Adha di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ditandai dengan pelaksanaan Sholat Ied yang berjalan dengan khidmat tadi pagi di masjid-masjid maupun lapangan terbuka serta penyembelihan hewan qurban.

Di kota Tenggarong, Bupati Kukar Dr H Syaukani HR MM dan keluarga beserta pejabat Muspikab Kukar melaksanakan Sholat Ied di Masjid Agung Sultan Sulaiman bersama ribuan umat Muslim kota Tenggarong yang tumpah ruah hingga ke halaman masjid.

Dalam sambutan Idul Adha yang disampaikannya di hadapan jamaah Sholat Ied, Bupati Kukar H Syaukani mengatakan bahwa setiap Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Haji, kita senantiasa diingatkan kepada sejarah dan peristiwa-peristiwa tertentu yang dialami oleh Nabi Ibrahim, istrinya Siti Hajar dan anaknya Nabi Ismail.

"Dan memang sebagian manasik ibadah haji adalah untuk mengenang beberapa peristiwa yang berkaitan dengan mereka, seperti Ibadah Sa'i, melempar jumrah, serta ibadah qurban yang merupakan simbol kesabaran serta keikhlasan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putra tercinta dalam mengikuti perintah Allah SWT," kata Bupati Kukar.


Bupati Kukar H Syaukani HR menyampaikan sambutannya di hadapan jamaah Sholat Ied di Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong, tadi pagi
Photo: Agri

Menurut Syaukani, kontekstualisasi makna qurban senantiasa relevan untuk dijadikan semangat dalam gerak sejarah kehidupan manusia, tak terkecuali dalam proses pembangunan di Kukar. "Pemkab Kukar dalam segenap derap langkahnya berupaya untuk mewujudkan apa yang tercermin dalam 3 prioritas pembangunan tahun 2006," katanya.

Pertama, lanjut Bupati Kukar, adalah pemberdayaan pemerintahan daerah untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih. Langkah yang ditempuh antara lain melalui konsolidasi kelembagaan, penyamaan persepsi visi, misi dan program kerja, penyusunan dokumen perencanaan, konsolidasi personel, penyehatan keuangan daerah, pemberdayaan legislatif dan penegakan supremasi hukum

"Kemudian yang kedua adalah pemberdayaan seluruh komponen ekonomi. Dan ketiga, pemberdayaan masyarakat menuju kemandirian sosial dan ekonomi," ujarnya.

"Kita harus meyakini, dengan terbentuknya komitmen tentang bentuk dan arah pembangunan daerah yang sama, tujuan untuk menciptakan warna pembangunan daerah yang sejahtera dan berkeadilan akan segera terwujud dengan nyata," kata Bupati Kukar lagi.


Ketua MUI Kukar KH Wahab Syahranie didampingi Bupati Kukar H Syaukani HR mengangkat bendera start tanda dimulainya pawai takbiran keliling kota Tenggarong
Photo: Agri

Untuk itu, lanjutnya, dibutuhkan keberanian kita untuk 'menyembelih' segala keinginan dan kepentingan yang dapat menjauhkan kita dari semangat kebersamaan dengan menanggalkan segala atribut parsial dan kepentingan kelompok yang membelenggu.

"Mari kita lakukan seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim yang rela menyembelih Ismail karena rasa kecintaan yang mendalam kepada Allah SWT. Di zaman modern ini, Ismail dapat kita ibaratkan sebagai istri, pekerjaan, nafsu, keahlian, kekuasaan, pangkat, kedudukan, kelompok dsb," demikian sambutan Bupati Kukar.

Usai pelaksanaan Sholat Ied, Bupati Kukar secara simbolis menyerahkan hewan qurban berupa satu ekor sapi kepada Sekretaris Panitia Qurban Masjid Agung Sultan Sulaiman, Drs H Djuremi.

Sementara tadi malam (09/01), Bupati Kukar H Syaukani HR bersama Ketua MUI Kukar KH Wahab Syahranie dan pejabat Muspikab Kukar lainnya melepas peserta pawai takbiran keliling kota Tenggarong.

Pawai takbiran yang dimulakan dari depan Masjid Agung Sultan Sulaiman ini diikuti ratusan kendaraan roda empat milik dinas/instansi, sekolah, ormas Islam, serta kendaraan pribadi milik warga Tenggarong dan sekitarnya. (win)


Pawai takbiran keliling kota Tenggarong yang disaksikan Bupati H Syaukani HR bersama pejabat Muspikab Kukar serta kepala dinas/instansi lainnya, Senin (09/01) malam
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com