Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Warga Hulu Mahakam Sambut Operasi Pasar Murah

Warga sedang mengantri untuk mendapatkan paket kebutuhan pokok dengan harga murah yang sudah disubsidi Pemkab Kukar hingga 70%
Warga sedang mengantri untuk mendapatkan paket kebutuhan pokok dengan harga murah yang sudah disubsidi Pemkab Kukar hingga 70%
Photo: Humas Kukar/Ida

KutaiKartanegara.com - 05/01/2006 23:25 WITA
Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) menggelar Operasi Pasar Murah dalam rangka Bulan Solidaritas Nasional di beberapa wilayah kecamatan se-Kukar.

Dalam Operasi Pasar Murah yang dilakukan di Desa Tuana Tuha, Kecamatan Kenohan, pada hari Selasa (03/01) dan Desa Genting Tanah, Kecamatan Kembang Janggut, pada hari Rabu (04/01) kemarin, warga dari kedua desa begitu antusias untuk membeli paket barang kebutuhan pokok dengan harga sangat murah.

Hanya dengan membayar sebesar Rp 30 ribu, warga sudah bisa mendapatkan 1 paket berisi 10 kg beras, 5 kg gula, 1 liter minyak makan, 5 bungkus garam, 2 bungkus sabun cuci, 2 bungkus teh dan 2 kaleng susu kental.

Murahnya harga paket barang kebutuhan pokok yang dijual dari Operasi Pasar Murah ini tentu saja tidak disia-siakan warga. Karena jika seluruh barang tersebut dibeli sesuai harga pasaran, maka harganya dapat mencapai Rp 111.110 per paket.

"Namun dalam kegiatan OPM BSN ini masyarakat hanya dikenai harga sebesar Rp 30 ribu atau 30% saja. Sisanya sebesar 70% disubsidi Pemkab Kukar melalui dana APBD dan sumbangan pihak ketiga," ujar Koordinator Operasi Pasar Murah Wilayah Hulu, Aji Sugito SE MM.


Koordinator Operasi Pasar Murah Wilayah Hulu, Aji Sugito SE MM, ketika melayani salah seorang pembeli paket kebutuhan pokok
Photo: Humas Kukar/Ida

Ditambahkannya, pembelian dibatasi hanya satu paket bagi satu Kepala Keluarga (KK) saja. Sedang teknis pendistribusiannya dilakukan dengan sistem kupon yang sebelumnya telah diseleksi masing-masing oleh Kepala Desa bersama Camat.

Untuk wilayah Hulu Mahakam, penerima kupon Operasi Pasar Murah di Desa Tuana Tuha berjumlah 386 KK, kemudian 385 KK di Desa Genting Tanah, serta 200 KK di Desa Loleng, Kecamatan Kota Bangun.

Sementara dikatakan Ketua Panitia Pelaksana Bulan Solidaritas Nasional Drs Achmad Purwadi, melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban hidup masyarakat miskin maupun kurang mampu berdasarkan data yang diterima dari pihak pemerintah Desa dan Kecamatan.

Karena terbatasnya dana dan waktu, kegiatan hanya dilakukan di 9 dari 18 Kecamatan di Kukar. Dari 9 Kecamatan itu, tambah Purwadi, terbagi dalam 3 wilayah yaitu Wilayah Hulu Mahakam, Wilayah Tengah dan Wilayah Pantai.

Sedang pelaksanaan kegiatan Operasi Pasar Murah ini berdasarkan Surat Mendagri No 412.25/2615/SJ tanggal 13 Oktober 2005 tentang Bulan Solidaritas Nasional tahun 2005, yang kemudian ditindaklanjuti dengan SK Bupati Kukar No 50.1/684/EK/III/2005.

Kegiatan yang sama sudah digelar di wilayah Kukar Tengah yang meliputi Desa Sabintulung (Kecamatan Muara Kaman) sebanyak 317 KK, Desa Loa Ipuh Darat (Kecamatan Tenggarong) 374 KK, Desa Sumber Sari (Kecamatan Sebulu) 405 KK.

Sedang Operasi Pasar Murah BSN di wilayah Pantai menurut jadwal kegiatan di Disperindagkop Kukar menyebutkan akan dilakukan pada pekan mendatang di Desa Sidomulyo (Kecamatan Anggana) bagi 632 KK, Kelurahan Ambarawang Darat (Kecamatan Samboja) 200 KK dan Desa Sebuntal (Kecamatan Marangkayu) 420 KK. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com