Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

RAPBD Tahun Anggaran 2006 Dikritisi Tiga Fraksi DPRD

KutaiKartanegara.com - 05/01/2006 20:58 WITA
Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2006 Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang diajukan eksekutif beberapa waktu lalu sebesar lebih dari Rp 2,797 Trilyun dikritisi tajam 3 fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kukar.


Sorotan ketiga fraksi tersebut disampaikan dalam Rapat Paripurna ke-2 DPRD Kukar yang dipimpin Ketuanya H Bachtiar Effendi tadi pagi di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Kukar, Tenggarong.


Agenda Rapat Paripurna ke-2 ini selain menyampaikan Pandangan Umum Fraksi terhadap RAPBD 2006 juga tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan Raperda tentang pelaksanaan PON XVII di Kukar.


Fraksi Partai Golkar melalui juru bicaranya Dedi Sudarya mengatakan, dalam pengajuan RAPBD eksekutif hendaknya menyertakan pula informasi posisi aktiva, utang dan ekuitas dana pada akhir tahun anggaran dan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran.


Karena legislatif dan eksekutif telah menetapkan budgeting anggarannya, maka setiap perubahan, pengalihan dan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran harus pula mendapat persetujuan Dewan.


Sementara Fraksi PDI-P melalui Ir Marten Apuy menilai, penyampaian nota keuangan RAPBD 2006 oleh eksekutif sudah terlambat waktunya. Menurutnya, dalam Pasal 20 UU No 17/2005 tentang Keuangan Negara disebutkan bahwa Pemda mengajukan RAPBD berikut penjelasan dan dokumen pendukungnya kepada Dewan pada minggu I Oktober tahun sebelumnya.


Fraksi PDI-P dalam pandangannya juga mengkritisi jumlah penduduk miskin yang masih besar, ketimpangan pembangunan antar wilayah termasuk kualitas pelayanan publik yang masih rendah seperti kesehatan dan pendidikan.


Sedang Fraksi Amanat Keadilan Rakyat (AKR) yang dijurubicarai Syaiful Aduar SPd mengharapkan agar dinas/instansi serta pengguna APBD Kukar lainnya untuk menyusun program kerja dengan indikator dan target yang jelas. "Jangan ada lagi kesan sekedar menghabiskan anggaran," katanya.


Fraksi AKR lalu meminta eksekutif mampu mendistribusikan anggaran secara merata berdasarkan aspirasi dan skala prioritas wilayah. AKR juga mengingatkan agar pembangunan Bandara Kukar maupun sarana PON XVII di Kaltim tidaklah mengganggu anggaran pembangunan yang menjadi aspirasi dan kebutuhan mendasar rakyat. Demikian katanya.


Tampak hadir dipenyampaian Pandangan fraksi DPRD Kukar ini Wakil Bupati Drs H Samsuri Aspar MM, pejabat Muspikab Kukar, kepala dinas/instansi serta sejumlah tokoh pemuda dan masyarakat lainnya. (joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com