Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Unjukrasa di 3 Tempat, Mahasiswa Tuntut Supremasi Hukum Ditegakkan

Para pengunjukrasa ketika melakukan aksi damai didepan Mapolres Kukar, Selasa (20/12) siang, di TenggarongPara pengunjukrasa ketika melakukan aksi damai didepan Mapolres Kukar, Selasa (20/12) siang, di Tenggarong
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 21/12/2005 02:16 WITA
Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FISIP Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta), Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam (IMAPA) Unikarta dan Komunitas Orang Pinggiran (KOPI) kemarin (20/12) siang menggelar aksi unjukrasa di tiga tempat berbeda.

Kantor Kejaksaan Negeri Tenggarong merupakan tempat pertama yang menjadi sasaran aksi unjukrasa. Disini para pengunjukrasa berorasi mempertanyakan tindak lanjut proses hukum terhadap beberapa kasus yang mereka nilai masih berlarut-larut penyelesaiannya. Contohnya saja kasus ijazah palsu oleh salah seorang anggota DPRD Kukar Jc, serta kasus kasus illegal mining (penambangan liar) dan illegal logging (penebangan liar).

Karena itu, pengunjukrasa menuntut agar supremasi hukum ditegakkan di Kukar dengan menangkap dan mengadili tersangka ijazah palsu tersebut serta menuntut agar kasus illegal mining dan illegal logging dapat segera dituntaskan.


Kepala Kejaksaan Negeri Tenggarong Timbul Manullang SH (kedua dari kanan) ketika menerima para pengunjukrasa
Photo: Agri

Menanggapi hal itu, Kepala Kejaksaan Negeri Tenggarong Timbul Manullang SH mengatakan proses hukum tetap dijalankan oleh pihaknya. Bahkan Timbul Manullang menyatakan berkas tersangka ijazah palsu akan dilimpahkan ke pengadilan dalam 1-2 hari ini. "Biar pengadilan nanti yang akan memutuskan," tandas Timbul Manullang.

Usai melakukan aksi di Kantor Kejaksaan Negeri Tenggarong, para pengunjukrasa bergerak menuju Kantor Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kukar. Bahkan demonstran sempat melempari papan nama kantor dengan tomat dan telur busuk sebagai bentuk protes kepada Distamben Kukar yang mereka nilai bertanggungjawab terhadap kasus penambangan liar yang marak terjadi di Kukar.

Menanggapi aspirasi pengunjukrasa, Kepala Distamben Kukar Ir Herry Maryadi didampingi wakilnya Drs H Abdul Rahman K menyatakan bahwa pihaknya telah berupaya keras untuk menertibkan kasus illegal mining.


Kepala Distamben Kukar Ir Herry Maryadi (tengah) berharap dukungan dari mahasiswa dalam membenahi kasus penambangan liar di Kukar
Photo: Agri

"Semula kami targetkan 1 bulan selesai, ternyata masalahnya terlalu rumit karena menyangkut hajat hidup masyarakat. Kami berusaha agar dalam 3-4 bulan ini semuanya selesai dibenahi. Untuk itu kami mohon dukungan dari rekan-rekan mahasiswa," katanya.

Diakui Herry sebagai pejabat baru di Distamben Kukar, pihaknya melakukan 3 prioritas yang difokuskan kepada pembenahan izin pertambangan, pembenahan aparatur Distamben serta upaya peningkatan PAD dari sektor Pertambangan.

Setelah berdialog dengan pejabat Distamben Kukar, pengunjukrasa bergerak menuju Markas Polres Kukar sebagai sasaran terakhir aksi mereka. Disini pengunjukrasa diterima Kepala Bagian Operasi Polres Kukar Kompol Raja Sinambela SIK dan Kasat Serse Iptu Pol Yosef Gunawan dengan menyampaikan tuntutan yang sama ketika melakukan aksi di Kejari Tenggarong. (win)


Kabag Operasi Polres Kukar Kompol Raja Sinambela ketika memberikan pengertian kepada para pengunjukrasa
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com