Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Jelang Pengecoran Lantai Jembatan
Tim Ahli Inspeksi Proyek Jembatan Kartanegara

Tim ahli didampingi petugas dari PT Hutama Karya dan DBMSDA Kukar saat memeriksa perakitan tulangan besi untuk pengecoran lantai jembatan KartanegaraTim ahli didampingi petugas dari PT Hutama Karya dan DBMSDA Kukar saat memeriksa perakitan tulangan besi untuk pengecoran lantai jembatan Kartanegara
Photo: Agri


Tim ahli dari beberapa perguruan tinggi ternama saat meninjau proyek jembatan Kartanegara
Tim ahli dari beberapa perguruan tinggi ternama saat meninjau proyek jembatan Kartanegara
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 11/09/2015 22:17 WITA
Untuk memastikan pembangunan Jembatan Kartanegara telah berjalan sesuai dengan yang direncanakan, tim ahli dari sejumlah perguruan tinggi ternama di Tanah Air melakukan peninjauan ke lokasi proyek Jembatan Kartanegara di Tenggarong, Rabu (10/09) kemarin.


Kedatangan 13 tim ahli yang dipimpin Iwan Zarkasi dari Kementerian Pekerjaan Umum ini disambut Kepala Dinas Bina Marga & Sumber Daya Air (DBMSDA) Kutai Kartanegara (Kukar) Ahyani Fadhianur Diani, PPK Proyek Jembatan Kartanegara Budi Harsono serta pihak kontraktor PT Hutama Karya.


"Kedatangan kami bersama 13 tim ahli ini untuk mengevaluasi sampai sejauh mana tahapan pembangunan jembatan ini dikerjakan sesuai dengan yang direncanakan," kata Iwan Zarkasi yang juga Kasubdit Teknik Jembatan Ditjen Bina Marga Direktorat Bina Teknik Kementrian PU ini.


Ditambahkan Iwan, yang paling penting dalam inspeksi ini adalah geometri jembatan harus benar-benar sudah sesuai dengan posisinya, tidak melendut ke bawah dan tidak ada yang berubah.


"Termasuk ketegangan kabel harus sama satu sama lain, kecuali di bagian ujung. Untuk ketegangan kabel sendiri standarnya mampu menahan beban 270 ton, dan saat diuji di lab mampu menahan beban hingga 308,2 ton. Namun beban yang dipikul pada saat pengoperasian nanti diperkirakan hanya separonya saja, jadi ini sudah sangat aman," ujarnya.


Dari hasil evaluasi terhadap geometri jembatan tersebut, lanjut Iwan, barulah pihaknya akan membahas langkah-langkah pengecoran lantai jembatan agar dapat berjalan sesuai jadwal.


Dalam kesempatan tersebut, Iwan mengucapkan terima kasih kepada 13 orang tim ahli yang terdiri dari beberapa guru besar dari perguruan tinggi seperti ITB, UGM, ITS dan UI, serta BPPT yang terlibat dalam pembangunan kembali jembatan Kartanegara.


"Mereka telah memberikan supervisi, mulai dari investigasi tentang ambruknya jembatan, sampai teknis cara membongkar reruntuhan jembatan, mendesain hingga pelaksanaan, semuanya dibantu tim ahli ini," ungkapnya.


Sementara dikatakan Kepala DBMSDA Kukar, Ahyani Fadhianur Diani, saat ini pembangunan Jembatan Kartanegara masih dalam tahap pembesian sebelum dilakukan pengecoran.


"Kemudian setelah pengecoran tuntas, nanti akan ada uji statis dan uji dinamis terhadap jembatan pada pertengahan November. Rencananya akan ada sekitar 40 truk bermuatan 20 ton yang akan kita pakai untuk uji statis ini," jelasnya.


Ketika ditanya kapan jembatan Kartanegara bisa digunakan untuk umum? Menurut Ahyani, ditargetkan pada awal Desember 2015 Jembatan Kartanegara sudah bisa digunakan masyarakat. "Insya Allah awal Desember sudah bisa digunakan untuk umum," pungkasnya. (win)


Dipimpin Iwan Zarkasi dari Kementerian PU, tim ahli melakukan inspeksi terhadap proyek Jembatan Kartanegara di Tenggarong, Kamis (10/09) kemarin
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-4 Borneo FC: Tiga Kartu Merah Warnai Derby Mahakam, Naga Mekes Tersungkur di Kandang
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com