Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Klub Renang Tirta Lembu Swana Targetkan 15 Emas Porda III 2006

Winona (13 th), salah seorang perenang putri klub Tirta Lembu Swana spesialisasi gaya Dada dan Kupu
Winona (13 th), salah seorang perenang putri klub Tirta Lembu Swana spesialisasi gaya Dada dan Kupu
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 10/12/2005 21:28 WITA
Meski baru mulai tahun 2004 memperdalam renang sebagai olahraga prestasi, anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) maupun remaja kota Tenggarong yang tergabung dalam klub renang Tirta Lembu Swana telah mampu mengukir prestasi di beberapa kejuaraan renang.

Jika terus dibina dengan latihan intensif serta mengikuti berbagai kompetisi renang, tak menutup kemungkinan para perenang usia muda dari klub Tirta Lembu Swana Tenggarong ini bakal menjadi perenang andalan Kutai Kartanegara (Kukar) bahkan nasional di masa mendatang.

Klub renang Tirta Lembu Swana yang dibentuk guru olahraga MTs Negeri Tenggarong, Murkis, bersama Ahmad Haryanto pada awalnya hanyalah memberikan les privat bagi anak-anak kota Tenggarong yang ingin belajar berenang.

"Les privat renang ini kami berikan pada tahun 2003 di Kolam Renang Puteri Junjung Buyah. Namun pada tahun 2004, klub renang ini kami fokuskan ke arah prestasi. Karena kami lihat banyak anak-anak binaan kami yang memiliki potensi untuk menjadi perenang yang handal," kata Murkis kepada KutaiKartanegara.com di Kolam Renang Puteri Junjung Buyah, Tenggarong, belum lama ini.


Hampir setiap sore atlet binaan klub renang Tirta Lembu Swana melakukan latihan
Photo: Agri

Setelah melakukan pendekatan kepada orangtua para anggota klub renang Tirta Lembu Swana, lanjut Murkis, kebanyakan dari mereka ternyata sangat mendukung jika anak-anaknya dilatih renang sebagai olahraga prestasi.

"Kini kami membina 36 orang atlet yang terdiri dari 30 orang kategori renang dan 6 orang atlet kategori selam. Untuk renang ditangani oleh saya, sedangkan selam dilatih Ahmad Haryanto," jelas Murkis.

Bicara mengenai prestasi yang telah dicapai, lanjut Murkis, meski baru setahun dibina melalui klub renang Tirta Lembu Swana, beberapa anak asuhnya telah mampu mengukir prestasi di kejuaraan renang tingkat daerah.

"Pada Kejuaraan Samarinda Open, atlet kami meraih 2 medali perak dan 1 perunggu. Kemudian pada Kejuaraan Renang Antar Klub se-Kalimantan/Sulawesi di Balikpapan bulan Oktober lalu, atlet-atlet kami berhasil meraih 2 medali emas, 5 perak dan 4 perunggu," kata Murkis didampingi Ahmad Haryanto yang merupakan staf Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperidagkop) Kukar.


Pembinaan sejak dini merupakan kunci sukses meraih prestasi di masa mendatang, seperti latihan intensif yang dilakukan bocah ini di Kolam Renang Puteri Junjung Buyah, Tenggarong
Photo: Agri

Bahkan pada Festival Mahakam di Samarinda, tambah Murkis, atlet Tirta Lembu Swana atas nama Ratih Puspasari yang baru berusia 12 tahun ternayata mampu menyeberangi Sungai Mahakam dan berada di urutan ke-5 dari 20 peserta yang kebanyakan adalah perenang putra. "Cuma dia satu-satunya perenang putri yang mampu menyeberangi sungai Mahakam, 2 perenang putri lainnya yang ikut serta tidak mampu menyelesaikan lomba," ujar Murkis lagi.

Menjelang pelaksanaan PORDA III Kaltim yang akan berlangsung di Tenggarong tahun 2006 mendatang, klub renang Tirta Lembu Swana Tenggarong akan menerjunkan sebagian atletnya untuk membela Kukar dan menargetkan menyabet 15 medali emas dari 42 medali emas yang bakal disediakan cabang olahraga ini.

"Target ini diluar target yang dicanangkan PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) Kukar. Saya dengar mereka menargetkan untuk meraih 30 medali emas. Kalau dari kami sendiri menargetkan 15 emas," kata Murkis.

Untuk itu, para atlet binaan Tirta Lembu Swana terus digenjot dengan latihan intensif yang dilakukan hampir setiap hari. "Latihan dilakukan hampir setiap hari, kecuali hari Sabtu, mulai pukul 15.00 hingga 17.30 WITA," demikian kata Murkis. (win)


Murkis ketika memberikan pengarahan kepada para perenang muda klub Tirta Lembu Swana Tenggarong
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Seminggu Menghilang, Warga Sanga-Sanga Ini Ditemukan Mengambang di Sungai
PMII Kukar Gelar Pelatihan Kader Dasar se-Kaltim
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Kuras ATM Puluhan Juta Rupiah, Pelaku Hipnotis Dibekuk Petugas Polres Kukar
Barang Bukti Narkoba, Sajam, Senpi Hingga Uang Palsu Dimusnahkan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Bawakan 8 Lagu, Via Vallen Sukses Goyang Tenggarong
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
 
Lepas Jorge Gotor, Mitra Kukar Rekrut Bek Asal Brazil
KFL-Liga 2 2017, Perebutan Zona 4 Besar Makin Sengit
 
Kongres Dunia CIOFF ke-47 di Tenggarong Berakhir Sukses
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
 
Wow! Menangi Kompetisi LINE, Mahasiswa Unmul Asal Tenggarong Ini Dapat Hadiah Jalan-Jalan ke Jepang
Digagas IKA SMANSA Tenggarong, Guru dan Karyawan SMAN 1 Tenggarong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com