Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Rita Widyasari Dukung GRK2D Tuntut 30% DBH Migas

Bupati Kukar Rita Widyasari memberikan dukungan dan apresiasi penuh atas dideklarasikannya GRK2D  Bupati Kukar Rita Widyasari memberikan dukungan dan apresiasi penuh atas dideklarasikannya GRK2D
Photo: Agri


Bupati Rita Widyasari bersama Anggota DPRD Kukar membubuhkan tanda tangan dukungan revisi UU Nomor 33/2004 yang lebih adil untuk daerah penghasil
Bupati Rita Widyasari bersama Anggota DPRD Kukar membubuhkan tanda tangan dukungan revisi UU Nomor 33/2004 yang lebih adil untuk daerah penghasil
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 12/05/2015 09:43 WITA
Bupati Rita Widyasari memberikan apresiasi dan dukungan penuh atas dideklarasikannya Gerakan Rakyat Untuk Keadilan dan Kesejahteraan Daerah (GRK2D) yang berjuang untuk menuntut porsi Dana Bagi Hasil (DBH) Migas yang adil bagi daerah penghasil seperti Kutai Kartanegara (Kukar).


Kendati demikian, Rita meminta agar gerakan rakyat ini dapat berjuang secara elegan dan tidak mengarah untuk memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. "NKRI harga mati, tapi kesejahteraan dan keadilan diatas segala-galanya," ujar Rita saat menghadapi aksi damai GRK2D di gedung DPRD Kukar, Tenggarong, Senin (11/05) kemarin.


Ditambahkan Rita, perjuangan untuk menuntut keadilan dalam pembagian DBH Migas ini memang harus digelorakan oleh masyarakat. "Jadi bukan hanya oleh eksekutif dan legislatif, namun juga masyarakat. Oleh karena itu kami memberikan dukungan dan apresiasi penuh terhadap gerakan ini," tegasnya.


Menurut Rita, UU Nomor 33/2004 yang telah berusia 11 tahun memang layak direvisi. "Waktu Undang-Undang ini dibuat, kita sebagai daerah penghasil tidak dilibatkan untuk memikirkan secara komprehensif apakah berdampak kepada kita. Hari ini kita lihat dampaknya tidak adil. Kita sudah melakukan riset dan perbandingan, ternyata UU ini memang kita harus direvisi. Karena kalau tidak, kita akan berjalan kambat," katanya.


Porsi DBH migas yang hanya 6,2% dari minyak bumi dan 12,2% dari gas bumi, menurut Rita masih sangat minim untuk mengejar ketertinggalan Kukar dari daerah lain. Rita pun menyebut porsi DBH yang layak bagi daerah penghasil minimal sebesar 30%. "Kita ingin porsinya sebesar 30%. Yakni 10% dari minyak dan 20% dari gas bumi," cetusnya.


Rita juga berharap agar seluruh komponen masyarakat tidak memandang gerakan ini bermuatan politis. "Jangan pernah berpikir gerakan ini untuk Pilkada, jangan pernah berpikir gerakan ini untuk menyengsarakan rakyat. Gerakan ini harus muncul dari nurani bapak dan ibu untuk menuntut keadilan dan kesejahteraan demi masa depan anak cucu kita," katanya.


Usai memberikan sambutan, Bupati Rita Widyasari bersama Ketua DPRD Kukar Salehuddin dan Anggota Dewan lainnya membubuhkan tanda tangan dukungan di atas selembar kain merah panjang yang telah disiapkan GRK2D. (win)

Berita Terkait:
GRK2D Resmi Dideklarasikan: Perjuangkan DBH Migas yang Adil Bagi Daerah Penghasil (12/05/2015)


 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com