Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pelepasan Jamaah Calhaj Kukar Musim Haji 1426 H

Suasana acara pelepasan Jamaah Calhaj Kukar musim haji 2005-2006 di Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong, Jum'at (02/12) malamSuasana acara pelepasan Jamaah Calhaj Kukar musim haji 2005-2006 di Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong, Jum'at (02/12) malam
Photo: Agri


Asisten III AR Ruznie Oms (kanan) ketika menyerahkan secara simbolis pataka berlambang Kabupaten Kukar kepada Rahmawati dari TKHI
Asisten III AR Ruznie Oms (kanan) ketika menyerahkan secara simbolis pataka berlambang Kabupaten Kukar kepada Rahmawati dari TKHI
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 04/12/2005 19:42 WITA
Jamaah Calon Haji (Calhaj) asal Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) musim haji 1426 H dilepas secara resmi oleh Asisten III Pemkab Kukar AR Ruznie Oms SH mewakili Bupati Kukar, Jumat (02/12) malam lalu, di Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong.

Pelepasan jamaah calhaj Kukar tersebut ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih dan pataka berlambang Kabupaten Kukar secara simbolis dari Asisten III AR Ruzni Oms kepada Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI) Dasrun dan Rahmawati dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Dilaporkan Kepala Staf Urusan Haji Kukar, Drs H Jamaluddin HD, dari 476 calhaj Kukar yang diberangkatkan pada musim haji 1426 H atau 2005-2006 ini, 56,31% atau sebanyak 268 orang adalah wanita. "Dari jumlah itu sebagian besar profesi mereka adalah sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) yaitu 172 orang atau 36,13%," ujarnya.

Sedang dilihat dari profesi masing-masing calhaj diluar IRT, terbesar kedua adalah wiraswasta sebanyak 125 calhaj dan terbesar ketiga adalah pegawai negeri sebanyak 116 orang. Sementara sisanya berasal dari TNI/Polri, kemudian pegawai BUMN, pelajar/mahasiswa serta pedagang kecil.


Ibu-ibu calhaj Kukar ketika melakukan pembacaan surat Yaasin pada malam pelepasan Jamaah Calhaj Kukar musim haji 2005-2006
Photo: Agri

Menyinggung tentang pemondokan calhaj Kukar selama di kota suci Mekkah, menurut Jamaluddin sesuai hasil undian maka calhaj Kukar menempati 3 kawasan pemondokan yaitu di Misfalah untuk kloter 5, di Hafail untuk kloter 10 dan di Aziziah untuk kloter 31.

"Karena jarak Aziziah dengan Masjidil Haram sekitar 3 km, maka pemerintah Arab Saudi telah menyediakan bus antar jemput, sedang 2 pemondokan lainnya tidak disediakan karena jaraknya cukup dekat," katanya.

Sementara Bupati Kukar H Syaukani HR dalam sambutan tertulis yang disampaikan Ruzni Oms meminta calhaj Kukar selalu menjaga diri, baik tingkah laku maupun kondisi kesehatan. "Karena antara kita dengan kondisi di tanah suci sangat jauh berbeda. Baik dalam budaya dan kebiasaan maupun iklimnya," pesannya.

Bupati Kukar yang juga selaku Koordinator Penyelenggaraan Haji sempat pula berpesan agar calhaj Kukar senantiasa mendoakan agar Kukar tetap kondusif, sehingga pelaksanaan pembangunan yang didukung program Gerbang Dayaku II berjalan tertib dan lancar. Demikian katanya.

Pelepasan Calhaj Kukar ini diawali dengan Sholat Maghrib berjamaah, dilanjutkan dengan pelaksanaan sholat Hajat berjamaah dan pembacaan surat Yaasin yang dipimpin oleh KH Abdul Wahab Syahranie. (win/joe)


Asisten III AR Ruznie Oms ketika membacakan sambutan tertulis Bupati Kukar H Syaukani HR
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com