Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kontingen Tari Jepen Kukar Tampil di Festival Zapin Rumpun Asia Tenggara

Penampilan tim kesenian Kukar yang membawakan tari <i>Jepen Molah Begadoh</i>Penampilan tim kesenian Kukar yang membawakan tari Jepen Molah Begadoh
Photo: Hariyansa


KutaiKartanegara.com - 29/11/2005 10:22 WITA
Tim kesenian dari Kutai Kartanegara (Kukar) yang mewakili Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan satu-satunya kontingen dari luar pulau Sumatera selain penyaji tari Zapin negeri tetangga yang tampil dalam Festival Zapin Rumpun Asia Tenggara Tahun 2005 di Pekanbaru, Provinsi Riau, 19-20 Nopember lalu.

Kontingen kesenian Kukar yang dipimpin koreografer Hariyansa SE ini mampu memikat perhatian ratusan pasang mata penonton yang memadati ruang pertunjukan Gedung Balai Dang Merdu dengan menampilkan tari Jepen Molah Begadoh.

"Penampilan Kukar cukup mendapat perhatian karena ada ciri tersendiri dari ragam gerakannya, terutama pada waktu hormat awal dan akhir yang membedakan Jepen di wilayah Kutai dengan Zapin yang ada di wilayah Sumatera dan sekitarnya," ujar Hariyansa sekembalinya dari Riau.

Menurut pria yang akrab disapa Ancha ini, Festival Zapin Rumpun Asia Tenggara di Pekanbaru lalu diikuti 16 peserta dari dalam dan luar negeri, terutama kontingen dari Sumatera, kemudian Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura dan Thailand.


Aksi para penari Jepen/Zapin Kukar dalam ajang Festival Zapin Rumpun Asia Tenggara di Pekanbaru, Riau
Photo: Hariyansa

Ditambahkannya, Festival Zapin Rumpun Asia Tenggara Tahun 2005 ini juga disaksikan oleh beberapa pengamat seni dan budaya seperti Tom Ibnur yang merupakan Pakar Tari Zapin, Tri Sapto, Ben Pasaribu selaku pengamat musik, serta Julianti L Parani, mantan dosen Institut Kesenian Jakarta yang kini tinggal di Singapura untuk menuntaskan gelar Doktornya.

"Pembukaannya juga sangat meriah oleh Gubernur Riau. Seluruh kontingen didampingi pejabat mereka masing-masing mulai Kepala Dinas Pariwisata bahkan Bupati atau Walikota. Namun hanya kita yang tidak didampingi pejabat daerah, bahkan dari provinsi sekalipun, meski kita tampil mewakili provinsi Kaltim," tutur Ancha.

Diakui Ancha, keberangkatan kontingen Kukar ini cukup banyak mengalami kendala, terutama masalah pendanaan yang sangat minim. Namun karena tekad yang kuat, akhirnya mereka tetap berangkat ke Riau meski seluruh pendukung kesenian ini tidak mendapatkan sepeserpun uang saku.

"Yang penting bagi kami adalah dapat berangkat dan tampil memperkenalkan kesenian etam (kita-red) serta untuk menambah wawasan teman-teman pendukung tari," kata Ancha yang memiliki pengalaman tampil di berbagai event festival tari kontemporer di tanah air ini.

Tari Jepen Molah Begadoh ini, lanjut Ancha, didukung oleh 6 penari yakni Rahmawati, Dewi, Yeni S, Fenny A, Catur F dan Eristian. Sedangkan musik pengiringnya didukung oleh Dani A, Supiyan, Agus R, A Qosasih serta Tri Andi Y selaku penata musik.

"Hanya ilmu dan wawasan yang bisa kami bawa pulang setelah mengikuti festival tersebut, dan itu sangat berharga bagi saya dan kawan-kawan. Sampai-sampai kami tidak sempat mempersiapkan diri untuk mengikuti Festival tari se-Kaltim yang akan diadakan oleh Taman Budaya Kaltim akhir bulan ini," pungkasnya. (win)


Tim kesenian Kukar yang dikomandani Hariyansa berpose bersama Kepala Dinas Pariwisata Riau sekaligus Ketua Panitia Sudirwan Hamid dan istri
Photo: Tri Andi Y

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com