Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pameran Eksotika Manik se-Borneo Hadirkan Koleksi 8 Museum

Pameran Eksotika Manik se-Borneo menghadirkan koleksi manik dari 8 museum serta peragaan merangkai manik oleh para pengrajin suku DayakPameran Eksotika Manik se-Borneo menghadirkan koleksi manik dari 8 museum serta peragaan merangkai manik oleh para pengrajin suku Dayak
Photo: Agri


Asisten II Setprov Kaltim M Sa'bani mengamati aneka koleksi manik yang dipamerkan
Asisten II Setprov Kaltim M Sa'bani mengamati aneka koleksi manik yang dipamerkan
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 17/10/2014 00:06 WITA
Keindahan dan keunikan manik-manik koleksi dari 8 museum dihadirkan dalam Pameran Eksotika Manik se-Borneo yang berlangsung di gedung serba guna Museum Mulawarman, Tenggarong.


Pameran Eksotika Manik se-Borneo bertajuk "Si Kecil nan Indah dan Menawan" ini digelar selama 6 hari, yakni mulai Selasa (14/10) hingga Senin (20/10) pekan depan.


Adapun 8 museum yang terlibat dalam pameran tersebut adalah Museum Mulawarman (Kaltim) selaku tuan rumah, kemudian Museum Provinsi Kalimantan Barat, Museum Lambung Mangkurat (Kalimantan Selatan), Museum Balanga (Kalimantan Tengah), Museum Tun Abdul Razak (Serawak/Malaysia), Museum Sabah (Malaysia), Jabatan Museum Brunei Darussalam, ditambah Museum Provinsi Sumatera Utara.


Dimulainya pameran manik ini dibuka secara resmi oleh Asisten II Setprov Kalimantan Timur (Kaltim) M Sa'bani yang ditandai dengan pemotongan pita manik.


Turut hadir pada pembukaan pameran ini diantaranya adalah Putra Mahkota Kesultanan Kutai, Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia Putu Supadma Rudana, para pimpinan Museum peserta pameran, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim HM Aswin, Kepala Disbudpar Kutai Kartanegara (Kukar) Sri Wahyuni serta undangan lainnya.


Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak dalam sambutan tertulis yang disampaikan Asisten II Setprov Kaltim M Sa'bani menyambut positif digelarnya kegiatan tersebut.


"Langkah ini tentunya sejalan dengan langkah Provinsi Kaltim untuk lebih meningkatkan kerjasama dengan nagara-negara tetangga yang berbatasan langsung dengan daerah," katanya.


Sedangkan Bupati Kukar Rita Widyasari melalui Kepala Disbudpar Sri Wahyuni mengatakan, pameran bersama manik-manik se-Borneo ini merupakan salah satu upaya untuk mengangkat serta menjadikan manik sebagai barang yang bernilai tinggi serta dapat menembus pasar dunia.


"Kerajinan manik ini dapat dijadikan tema sentral yang dapat menembus pasar dunia. Kerajinan ini juga simbol perekat bagi budaya di Kalimantan dan beberapa bagian negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam," ungkapnya.


Selain itu, lanjutnya, pameran ini dapat lebih memperkenalkan kepada generasi muda akan potensi dan keunikan manik-manik sebagai kerajinan lokal daerah sehingga kelestariannya tetap terjaga di tengah gempuran budaya-budaya dari luar," katanya lagi.


Sementara dikatakan Kepala Disbudpar Kaltim HM Aswin yang juga Ketua Panitia Pelaksana, terlaksananya pameran ini merupakan hasil kesepakatan museum-museum di pulau Kalimantan atau Borneo.


"Pameran manik ini sudah dilaksanakan di beberapa museum di Kalimantan. Tahun 2010 di Kalbar, tahun 2011 di Serawak, tahun 2012 di Kalsel, tahun 2013 di Brunei Darussalam, tahun 2014 di Kaltim, dan tahun depan rencananya di Sabah," terangnya.


Menurut Aswin, pameran ini merupakan suatu langkah yang sangat strategis dalam rangka meningkatkan kerjasama serta hubungan lebih erat antara negara tetangga.


Hari pertama Pameran Eksotika Manik se-Borneo ini dimeriahkan pula dengan Lomba Merangkai Manik yang diikuti 49 orang pelajar di Tenggarong, terdiri dari 33 siswa SD dan 16 siswa SLTP.


Hasil karya para peserta mendapat penilaian dari dewan juri, yakni Nor Fajri dari SMKN 2 Tenggarong yang juga Ketua Tenggarong Kutai Carnival, dan Sarwani dari Taman Budaya Kaltim. (win)


Kepala Disbudpar Provinsi Kaltim HM Aswin menyaksikan kesibukan para siswa SD/SLTP yang tengah mengikuti Lomba Merangkai Manik
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com