Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Termasuk 5 Proyek di Kukar
Bandara Sultan AM Sulaiman dan Proyek MP3EI Diresmikan Presiden SBY

Presiden SBY saat meresmikan perluasan terminal bandara Sultan AM Sulaiman Sepinggan dan proyek MP3EI di Kaltim, Senin (15/09) kemarin, di Balikpapan Presiden SBY saat meresmikan perluasan terminal bandara Sultan AM Sulaiman Sepinggan dan proyek MP3EI di Kaltim, Senin (15/09) kemarin, di Balikpapan
Photo: Dok. Sekretariat Negara RI


Bupati Kukar Rita Widyasari dan Sultan Kutai HAM Salehoeddin II bersama Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara
Bupati Kukar Rita Widyasari dan Sultan Kutai HAM Salehoeddin II bersama Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara
Photo: Istimewa

KutaiKartanegara.com - 16/09/2014 22:38 WITA
Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan 7 proyek pembangunan yang masuk dalam program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), Senin (15/09) kemarin di Balikpapan.


Dari 7 proyek tersebut, empat proyek diantaranya berada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), yakni PLTU Embalut 110 MW, PLTG Senipah 2x40 MW dan PLTG Peaking 2x60 MW, serta proyek anjungan Sisi-Nubi 2B di lepas pantai Kukar yang dikerjakan perusahaan migas multinasional Total E&P Indonesie.


Selain itu, Presiden SBY juga melakukan groundbreaking proyek pembangunan kampus Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) yang berada di Tenggarong Seberang.


Bupati Kukar Rita Widyasari yang hadir pada acara peresmian tersebut bersama Ketua Sementara DPRD Kukar H Salehudin dan Sultan Kutai HAM Salehoeddin II mengatakan sangat bangga dengan diresmikannya bandara internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan serta sejumlah proyek MP3EI di Kukar oleh Presiden SBY.


"Kita perlu berbangga karena bandara tersebut menggunakan nama Sultan dari Kerajaan Kutai, sebagai orang Kutai saya sangat bangga," katanya.


Terkait peresmian proyek pembangkit listrik yang ada di wilayah Kukar, Rita berharap agar ke 3 pembangkit listrik tersebut dapat mengatasi krisis listrik yang kerap terjadi di Kaltim.


"Pembangkit listrik ini tak hanya bisa menerangi 3 daerah yaitu Balikpapan, Samarinda dan Kukar, tetapi juga melalui Sistem Mahakam akan bisa menerangi daerah lain asalkan ada jaringannya," ujar Rita


Usai peresmian, lanjut Bupati Kukar, dirinya akan menemui Menko Perekonomian Chairul Tanjung untuk membahas kelanjutan salah satu proyek MP3EI, yakni pembangunan Jembatan Loa Kulu, yang telah diajukan untuk MP3EI dalam APBN.


"Jembatan tersebut sepenuhnya dibiayai oleh APBN. Sebetulnya sudah masuk Rp 30 milyar. Tetapi agak tersendat dan akan kembali dianggarkan pada anggaran tahun 2015," ungkapnya.


Rita juga mengatakan, Presiden SBY berpesan kepadanya untuk tidak selalu mengandalkan APBN karena Indonesia masih membutuhkan Rp 4.700 triliun untuk membiayai pembangunan dan tidak mungkin hanya fokus di Kaltim, sehingga faktor swasta sangat dibutuhkan.


"Alhamdulilah saya telah melaksanakanya. Salah satunya nanti tanggal 26 September Kukar akan groundbreaking bandara tanpa APBN dan APBD. Nantinya juga akan ada mal dan Creative Park yang akan dibangun oleh sektor swasta, bukan dengan biaya APBD," pungkasnya. (lin/win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Seminggu Menghilang, Warga Sanga-Sanga Ini Ditemukan Mengambang di Sungai
PMII Kukar Gelar Pelatihan Kader Dasar se-Kaltim
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Kuras ATM Puluhan Juta Rupiah, Pelaku Hipnotis Dibekuk Petugas Polres Kukar
Barang Bukti Narkoba, Sajam, Senpi Hingga Uang Palsu Dimusnahkan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Bawakan 8 Lagu, Via Vallen Sukses Goyang Tenggarong
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
 
Lepas Jorge Gotor, Mitra Kukar Rekrut Bek Asal Brazil
KFL-Liga 2 2017, Perebutan Zona 4 Besar Makin Sengit
 
Kongres Dunia CIOFF ke-47 di Tenggarong Berakhir Sukses
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
 
Wow! Menangi Kompetisi LINE, Mahasiswa Unmul Asal Tenggarong Ini Dapat Hadiah Jalan-Jalan ke Jepang
Digagas IKA SMANSA Tenggarong, Guru dan Karyawan SMAN 1 Tenggarong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com