Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Beseprah Kembali Digelar
Delegasi Mancanegara Antusias Cicipi Kuliner Kutai

Delegasi kesenian mancanegara ikut menyantap makanan khas Kutai di acara BeseprahDelegasi kesenian mancanegara ikut menyantap makanan khas Kutai di acara Beseprah
Photo: Agri


Bupati Rita Widyasari didampingi Putra Mahkota Kesultanan Kutai dan Kapolres Kukar memukul kentongan tanda dimulainya Beseprah
Bupati Rita Widyasari didampingi Putra Mahkota Kesultanan Kutai dan Kapolres Kukar memukul kentongan tanda dimulainya Beseprah
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 19/06/2014 09:59 WITA
Untuk keempat kalinya, pesta adat Erau dimeriahkan dengan acara makan-makan Beseprah. Acara makan bersama sambil duduk bersila dan berhadap-hadapan ini digelar Rabu (18/06) pagi kemarin di Jalan Diponegoro, Tenggarong.


Selain diikuti ribuan warga Tenggarong dan para pejabat Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar), acara makan Beseprah kemarin pagi diikuti pula oleh perwakilan delegasi mancanegara peserta Erau & International Folk Art Festival (EIFAF) 2014.


Acara makan-makan Beseprah ini dimulai sekitar pukul 08.40 WITA yang ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Bupati Rita Widyasari bersama Putra Mahkota Kesultanan Kutai HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adinigrat, serta pejabat lainnya.


Dikatakan Bupati Kukar Rita Widyasari, kegiatan makan Beseprah ini merupakan tradisi di lingkungan Kesultanan dan masyarakat Kutai di masa lalu yang kembali dihidupkan lewat pesta adat Erau untuk kesekian kalinya.


"Kegiatan ini merupakan wujud kebersamaan dan silaturahmi antara Pemerintah Daerah dengan Kesultanan dan seluruh masyarakat yang hadir pada acara Beseprah ini," ujarnya.


Kegiatan makan Beseprah ini tentu saja mendapat sambutan antusias masyarakat yang telah berbondong-bondong ke lokasi acara sejak pukul 08.00 WITA.


Pasalnya, ada beraneka macam hidangan yang disiapkan oleh instansi pemerintahan, swasta maupun organisasi. Semua bisa dinikmati secara gratis dan sepuas-puasnya.


Delegasi kesenian mancanegara juga tampak menikmati makanan yang disajikan pada acara Beseprah ini. Mereka tampak penasaran untuk mencoba mencicipi semua makanan yang ada.


Bahkan seorang gadis anggota delegasi kesenian Latvia harus merasakan pedasnya Pirik Cabek Kuini (sambel dengan potongan Mangga Kuini). Rupanya, dia tak mengetahui kalau yang dicicipinya adalah sambel.


"Banyak makanan pedas disini. Tapi saya suka makanan lainnya seperti nasi (Nasi Kebuli-red), dan beberapa kue," ujar Liga Gribuste (17), si gadis manis asal Latvia.


Senada dengan Liga, anggota delegasi kesenian dari Kolombia, Maria Paride (20), mengaku antusias untuk mencicipi kuliner khas Kutai. "Saya mencoba nasi, juga kue yang warnanya coklat dan hijau. Tapi saya paling suka kue yang warnanya coklat itu (Jajak Cincin-Red)," imbuhnya.


Delegasi negeri tetangga Filipina juga tak kalah antusias. Adonis Voltaire Villanueva (40) mengaku sangat menyukai makanan yang dihidangkan. Apalagi dari segi cita rasa, ada kemiripan dengan makanan di Filipina.


"Saya suka makanannya. Saya mencoba hampir semuanya karena saya ingin membandingkan makanan Indonesia dengan Filipina. Kebanyakan makanannya agak pedas, sama dengan di daerah Filipina Selatan. Kalau Filipina Utara, makanannya tidak terlalu pedas," ujar seniman musik Filipina ini. (win)


Warga Tenggarong berkumpul di sepanjang Jalan Diponegoro untuk makan Beseprah
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com