Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Aksi Demo Penolakan Awang Dharma Bakti Kembali Berlanjut

Suasana aksi damai yang digelar di gedung DPRD Kukar, Kamis (03/02) siangSuasana aksi damai yang digelar di gedung DPRD Kukar, Kamis (03/02) siang
Photo: Joe


Aji Ridwan Syahrani (kiri) didampingi Ketua I ABPEDSI Syafii Abdullah ketika menyampaikan orasinya di DPRD Kukar
Aji Ridwan Syahrani (kiri) didampingi Ketua I ABPEDSI Syafii Abdullah ketika menyampaikan orasinya di DPRD Kukar
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 03/02/2005 15:55 WITA
Memasuki bulan Pebruari, demonstrasi menuntut revisi atas SK Mendagri No 131.44-767 Tahun 2004 mengenai pengangkatan H Awang Dharma Bakti sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) kembali berlanjut hari ini.

Ratusan demonstran dari berbagai elemen masyarakat Kukar menggelar aksi damai dengan mendatangi gedung DPRD Kukar, Jalan Wolter Monginsidi, Tenggarong, tadi siang. Beberapa tokoh atau aktivis yang melakukan orasi dalam aksi damai ini diantaranya adalah Sekretaris Sultan Kutai Aji Ridwan Syahrani, Ketua I Asosiasi Badan Perwakilan Desa Seluruh Indonesia (ABPEDSI) Syafii Abdullah, Ketua Persekutuan Dayak Kaltim (PDKT) Kukar Drs Samuel Robert Djukuw, Ketua Forum Solidaritas Guru Kukar Drs Syamsul Haidir, Ketua Aliansi Gerakan Mahasiswa Kukar Muhib bin Ali, Ketua PMII Kukar Amir dan Unsur Pendidikan Bersatu Kukar Bachrul SSos MM.

Sekretaris Sultan Kutai Aji Ridwan Syahrani yang juga Camat Anggana dalam orasinya mengatakan, polemik di Kukar harus di selesaikan dengan merevisi SK Mendagri. Ridwan mengkhawatirkan bila penyelesaian masalah ini masih berlarut-larut malah akan menyebabkan terjadinya pertumpahan darah di Kutai.


Ketua PDKT Kukar Samuel Robert Djukuw yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kukar turut menyampaikan orasinya
Photo: Joe

Sementara Ketua ABPEDSI Syafii Abdullah selain mengecam arogansi Gubernur Kaltim Suwarna AF yang sewenang-wenang menunjuk Awang Dharma Bakti sebagai Pjs Bupati Kukar juga mengecam Ketua Fraksi Amanat Keadilan Rakyat (AKR) DPRD Kukar HM Irkham yang mengakui Awang Dharma Bakti sebagai Bupati Kukar.

"Sebagai warga di zona III Pemilu 2004, kami akan menkondisikan Irkham agar ditarik dari jabatannya sebagai anggota DPRD. Ini karena Irkham tidak aspiratif dengan konstituen dan mbalelo dalam mengemban amanat rakyat," ujarnya.

Sedang Ketua PDKT Kukar Samuel Robert Djukuw yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kukar mengatakan, warga Dayak Kukar menyesalkan sikap pemerintah pusat yang sewenang-wenang dalam menentukan pimpinan daerah. "Ini merupakan penghinaan terhadap martabat rakyat Kukar," katanya.

Sementara Ketua Aliansi Gerakan Mahasiswa Kukar Muhib bin Ali menilai SK Mendagri tersebut sebagai bentuk keputusan publik yang tidak memihak rakyat. "Oleh sebab itu, wajib hukumnya rakyat melawan keputusan tersebut," tandas mahasiswa Fakultas Agama Islam Unikarta ini yang juga Ketua Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan Kukar ini.

Sedang Ketua FSGK Syamsul Haidir maupun Ketua Unsur Pendidikan Bersatu Kukar Bachrul SSos MM dalam orasi yang intinya sama-sama menghendaki agar Awang Dharma Bakti segera hengkang dari jabatannya karena tidak memiliki legitimasi dari wakil rakyat.

Aksi damai para pendukung mantan Bupati Kukar H Syaukani HR yang berlangsung di gedung DPRD Kukar tadi siang melibatkan sekitar 500 massa, namun tidak mendapat respon dari 40 anggota DPRD Kukar. (joe)


Ketua FSGK Syamsul Haidir meminta Awang Dharma Bakti untuk mundur dari jabtannya sebagai Pjs Bupati Kukar karena tidak mendapat legitimasi dari wakil rakyat yang duduk di DPRD Kukar
Photo: Joe

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Bikin Macet Hingga 4 KM, Mobil Milik Warga Tenggarong Terbakar di Kawasan Tahura
Jatuh Dari Kapal, ABK Ditemukan Tewas di Perairan Delta Mahakam
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Sempat Unggul di Babak Pertama, Mitra Kukar Tumbang di Kandang Persela
Persela Lamongan vs Mitra Kukar: Naga Mekes Buru Poin di Lamongan
 
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
Undang Delegasi 7 Negara, Erau 2018 Digelar Pada 21-29 Juli
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com