Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Seluruh Kecamatan di Kukar Kini Resmi Terapkan PATEN

Bupati Kukar Rita Widyasari menandatangani prasasti 13 kecamatan penyelenggara PATEN disaksikan Asisten Pemerintahan Umum Sekprov Kaltim AS Fatur Rahman dan 13 Camat
Bupati Kukar Rita Widyasari menandatangani prasasti 13 kecamatan penyelenggara PATEN disaksikan Asisten Pemerintahan Umum Sekprov Kaltim AS Fatur Rahman dan 13 Camat
Photo: Humas Kukar/Margini

KutaiKartanegara.com - 21/01/2014 21:40 WITA
Seluruh kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kini telah menerapkan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) menyusul diresmikannya pencanangan PATEN di 13 Kecamatan se-Kukar.


Adapun 13 kecamatan yang kini resmi menerapkan PATEN tersebut adalah kecamatan Marang Kayu, Muara Wis, Loa Kulu, Tenggarong Seberang, Tabang, Kenohan, Kembang Janggut, Kota Bangun, Muara Kaman, Sebulu, Anggana, Sanga-Sanga, dan Samboja,


Ke 13 kecamatan ini menyusul 5 kecamatan lain yang telah melaksanakan PATEN sejak tahun 2013 lalu, yakni kecamatan Tenggarong, Loa Janan, Muara Badak, Muara Jawa dan Muara Muntai.


Peresmian dan pencanangan PATEN di 13 Kecamatan se-Kukar ini dilakukan Bupati Kukar Rita Widyasari di Kecamatan Marang Kayu, Senin (20/01) kemarin.


Menurut Bupati Rita Widyasari, PATEN merupakan amanah dari pemerintah yang harus dilaksanakan paling lambat pada tahun 2014. "PATEN dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memperhatikan kondisi geografis daerah. Sehingga perlu mengoptimalkan peran kecamatan sebagai perangkat daerah terdepan dalam memberikan pelayanan publik," jelasnya.



Bupati Rita Widyasari menyerahkan SK kepada 13 Camat yang akan menyelenggarakan PATEN
Photo: Humas Kukar/Margini

Ditambahkan Rita, regulasi mengenai pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat, khususnya dalam rangka pelayanan perizinan maunpun non perizinan, seyogyanya harus senantiasa dievaluasi secara berkala oleh Pemkab Kukar bersama SKPD terkait.


"Sehingga kewenangan yang dilimpahkan kepada Camat benar-benar efektif dilaksanakan dan dapat membantu tugas-tugas Bupati dalam rangka efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintah serta pembinaan kewilayahan," imbuhnya.



Sementara Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak dalam sambutan tertulis yang disampaikan Asisten Pemerintahan Umum Sekprov Kaltim AS Fatur Rahman mengatakan, dengan diresmikannya 13 kecamatan sebagai penyelenggara PATEN, menyusul 5 kecamatan yang sebelumnya telah diresmikan, Kukar menjadi kabupaten terdepan dalam penyelenggaraan PATEN di Kaltim.


"Sementara di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), baru Kabupaten Nunukan yang telah meresmikan seluruh kecamatannya sebagai penyelenggara PATEN pada Oktober 2013 lalu," katanya.


Kendati demikian, lanjut Gubernur, sebagian besar Kabupaten/Kota belum tuntas melakukan tahapan yang diperlukan untuk mewujudkan penyelenggaraan PATEN, sebagaimana ditegaskan dalam Kepmendagri Nomor 138-270 tahun 2010, tentang petunjuk teknis pedoman PATEN. "Saya berharap Kukar dapat menjadi kabupaten percontohan sebagai penyelenggaraan PATEN di Indonesia, setelah Kabupaten Siak," harapnya. (mar)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com