Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Jalan Loa Janan-Loa Kulu Masih Rusak
Rita Minta Pelimpahan Kewenangan Dari Pusat Untuk Perbaikan Jalan Nasional

Bupati Rita Widyasari saat berdialog dengan masyarakat di desa Bakungan, Kecamatan Loa Janan, Selasa (14/01) kemarinBupati Rita Widyasari saat berdialog dengan masyarakat di desa Bakungan, Kecamatan Loa Janan, Selasa (14/01) kemarin
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi


Kondisi jalan Loa Janan-Loa Kulu yang berstatus jalan negara membuat Pemkab Kukar tak memiliki kewenangan untuk lakukan perbaikan
Kondisi jalan Loa Janan-Loa Kulu yang berstatus jalan negara membuat Pemkab Kukar tak memiliki kewenangan untuk lakukan perbaikan
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

KutaiKartanegara.com - 15/01/2014 14:55 WITA
Kurangnya perhatian Pemerintah Pusat terhadap kondisi jalan-jalan berstatus jalan nasional yang rusak parah di Kutai Kartanegara (Kukar), terutama di jalur Loa Janan-Loa Kulu, membuat masyararakat setempat resah.


Bahkan warga Loa Janan dan Loa Kulu sempat berencana untuk memblokir jalan yang menjadi akses utama dari kota Tenggarong menuju Balikpapan dan Samarinda itu.


Namun Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari langsung meredam upaya warga tersebut dengan menggelar dialog yang dilaksanakan di BPU Desa Bakungan, Kecamatan Loa Janan, Selasa (14/01) kemarin.


"Masyarakat muak. Apalagi saya sebagai Kepala Daerah, lebih muak lagi. Saya sedih," kata Rita saat bertatap muka dengan warga Loa Janan dan Loa Kulu.


Rita sendiri dapat memaklumi kekesalan warga terhadap kondisi jalan yang tak kunjung diperbaiki oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi itu. Pasalnya, sudah 13 tahun jalan tersebut terabaikan.


Di hadapan warga, Rita pun menjelaskan bahwa jalan utama dari Loa Janan menuju Tenggarong itu berstatus jalan nasional. "Jadi tidak bisa diperbaiki melalui APBD Kukar," jelasnya.


Ditambahkan Rita, Pemkab Kukar telah beberapa kali menyurati ke Pemerintah Pusat agar jalan tersebut diperbaiki, namun tidak pernah mendapat tanggapan.


Bahkan pihaknya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kukar dan Sultan Kutai H Adji Mohd Salehoeddin II pernah 'mengadu' ke Komisi V DPR RI untuk menuntut perbaikan jalan Loa Janan-Loa Kulu serta jalan nasional lain yang rusak parah.


Sayangnya, usaha tersebut masih kurang maksimal. Pemerintah Pusat melalui APBN 2014 ternyata hanya menganggarkan untuk perbaikan jalan Loa Janan-Jalan sepanjang 6,125 kilometer saja. Padahal, jalan yang perlu perbaikan hampir seluruhnya dari Kecamatan Loa Janan hingga Loa Kulu.


"Kalau saja jalan ini bisa diperbaiki pakai APBD kita, mungkin sudah sejak saya jadi Bupati jalan ini saya perbaiki. Karena jalan ini pintu masuk ke Tenggarong," ujarnya.


Rita pung mengungkapkan bahwa pihaknya akan menempuh langkah pamungkas, yakni meminta pelimpahan wewenang dari Kementerian Pekerjaan Umum agar dapat menyerahkan perbaikan jalan tersebut kepada Pemkab Kukar.


"Saya hari ini (Selasa kemarin-red) langsung berangkat ke Jakarta bersama Kepala Dinas Bina Marga untuk memperjuangkan pelimpahan wewenang ini. Pak Ahyani (Kepala Dinas Bina Marga Kukar) jangan pulang dulu ke Tenggarong sampai dapat surat pelimpahan wewenang jalan ini, tolong doakan berhasil ya," kata Rita yang langsung diamini dan disambut tepuk tangan warga.


Menurut Rita, jika pelimpahan wewenang tersebut berhasil didapatkan, maka proses perbaikan jalan Loa Janan-Loa Kulu bisa dilaksanakan mulai Februari 2014.


"Insya Allah jalan sepanjang 26,5 km dari Loa Janan-Loa Kulu hingga Tenggarong akan kita mulai proses pengerjaannya pada bulan Februari jika surat pelimpahan itu sudah ada," demikian katanya. (her/win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com