Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Banyak PNS Enggan Berkarier di Kelurahan

Para aparatur Kelurahan ketika mengikuti Bimbingan Teknis Administrasi dan Keuangan yang digelar Bagian Pemdes Setkab Kukar beberapa waktu lalu
Para aparatur Kelurahan ketika mengikuti Bimbingan Teknis Administrasi dan Keuangan yang digelar Bagian Pemdes Setkab Kukar beberapa waktu lalu
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 15/10/2005 20:57 WITA
Undang-Undang (UU) No 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah yang menjadi acuan Pemda dalam menyelenggarakan pemerintahan selama ini ternyata berdampak buruk terhadap kinerja Pemerintah Kelurahan terutama di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Kondisi ini diperparah dengan belum turunnya ketentuan teknis dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP) mengenai UU 32/2004 sebagai pengganti UU 22/99, khususnya yang berkaitan dengan Pemerintah Kelurahan.

Sehingga wajar bila Pemkab Kukar selama ini lebih memperhatikan Pemerintah Desa ketimbang Kelurahan. Padahal status Kelurahan tidak beda dengan Desa yakni sama-sama berperan sebagai ujung tombak pelayanan pemerintahan di daerah seperti yang tercantum dalam UU no 32/2004 pengganti dari UU No 22/1999.

Demikian hal tersebut dikemukakan mantan Kepala Bagian Pemerintahan Desa Pemkab Kukar, Drs HM Syafruddin HS MSi, kepada para wartawan di ruang kerjanya, Jum'at (14/10) kemarin.

Menurutnya, dampak buruk akibat minimnya perhatian terhadap Pemerintah Kelurahan ini, banyak aparat enggan berkarier di Kantor Lurah seperti banyak terjadi di Kukar.

"Banyak jabatan di kelurahan yang lowong tidak ada pejabatnya. Ambil contoh di salah satu Kelurahan di Kecamatan Sanga-Sanga maupun di Kecamatan Muara Jawa, di kelurahan itu warga hanya dilayani 2 hingga 3 aparat termasuk Lurahnya. Bahkan ada di antara kelurahan itu hanya Lurahnya PNS, yang lain adalah tenaga tidak tetap atau honorer," ujarnya.

Padahal setiap ada pengadaan formasi pegawai baru Pemkab Kukar selalu memprioritaskan untuk mengisi Kelurahan. "Namun kenyataannya kelurahan kurang diminati calon PNS untuk mengembangkan karier. Belum lagi mengenai kualitas SDM aparat kelurahan yang nota bene harus tanggap dalam menyikapi penyelenggaraan pemerintahan saat ini," katanya.

Menyikapi hal itu, Syafruddin mengatakan pihaknya telah melakukan terobosan dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Administrasi dan Keuangan Bagi Perangkat Kelurahan.

"Bentuknya tidak seperti penataran yang dikenal selama ini. Namun difokuskan pada bimbingan praktis dan komprehensif disampaikan pemateri yang kompeten di bidangnya. Seperti simulasi masalah, diskusi dengan topik yang dihadapi sehari-hari serta menanggapi dan menjaring aspirasi mereka," kata Syafruddin.

Bimbingan teknis dimaksudkan selain untuk mereduksi permasalahan seperti yang terjadi diatas juga mengantisipasi penerapan UU No 32/2004 dimana dalam UU tersebut, Kelurahan mendapat perhatian cukup signifikan. (joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Belum Punya E-mail @kutaikartanegara.com?
Daftar Sekarang Juga!
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Jangan Sampai Dikategorikan Pungli: Sekolah Tak Boleh Sembarangan Tarik Pungutan
Tabrak Kakek Hingga Tewas, Pria Ini Babak Belur Diamuk Massa
 
Ini Dia, Daftar Terbaru 18 Camat dan Sekcam se-Kukar
Mutasi Besar-Besaran Sentuh Pejabat Kecamatan Hingga Kelurahan
 
Investor Asal Jepang Minat Bangun Rumah Sakit Khusus Kanker
Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Kukar, Garuda Indonesia Ikut Promosikan Pariwisata Kukar
 
Motifnya Gara-Gara Perselingkuhan: Pelaku Pembunuhan Warga Sanga-Sanga Diringkus di Banjar Baru
Warga Jangan Terprovokasi: Pelaku Pembakaran di Mushola Siti Khadijah Ternyata Bocah SD
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Rocket Suicide, Grup Duo Anyar Asal Tenggarong Yang Usung Rock Akustik
Unik, Ada Fashion Show di Sungai Tenggarong
 
Latihan Perdana Mitra Kukar Diikuti 18 Pemain Ini
Tiga SSB asal Loa Janan dan Kota Bangun Lolos ke Final Regional Kalimantan Aqua DNC 2017
 
Erau/EIFAF 2017 Digelar di Pekan Terakhir Juli
Keren! Gubang Pentaskan Tari Kontemporer di Sungai Tenggarong
 
Beri Perhatian Terhadap Guru dan Pendidikan, Bupati Rita Widyasari Sabet Penghargaan Dwija Praja Nugraha
45 Guru TK/KB Wilayah Pesisir Ikuti Pelatihan PAUD di Sanga-Sanga
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com