Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Mahasiswa Kukar dan Makassar Adakan Seminar Nasional Pertambangan

Seminar Nasional Pertambangan garapan Ikatan Mahasiswa Pertambangan Kukar dan UVRI Makassar yang menampilkan 8 pemateri
Seminar Nasional Pertambangan garapan Ikatan Mahasiswa Pertambangan Kukar dan UVRI Makassar yang menampilkan 8 pemateri
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 04/10/2005 16:20 WITA
Ikatan Mahasiswa Pertambangan (IMP) Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama dengan Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI) Makassar menggelar Seminar Nasional Pertambangan dengan tema Optimalisasi Pengolahan dan Pengembangan Sumber Daya Mineral Dalam Paradigma Otonomi Daerah, Sabtu (01/10) lalu, di Ruang Serba Guna, Kantor Bupati Kukar, Tenggarong.

Seminar sehari yang dibuka oleh Assisten II Pemkab Kukar Bidang Ekonomi dan Pembangunan Dr H Adji Raden M Haryanto Bachroel SE MM ini diikuti para mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Unikarta Tenggarong dan UVRI Makassar, manajemen perusahaan tambang batubara yang beroperasi di Kaltim, anggota Komisi III DPRD Kukar, pejabat dari instansi terkait, serta pemerhati pertambangan umum lainnya.

Menurut Ketua Panitia, Ridlan MA, seminar nasional pertambangan ini mengetengahkan 8 materi makalah yang semuanya berkaitan dengan masalah usaha dan kebijakan pertambangan batubara di Indonesia dan Kaltim pada khususnya.

Ridlan MA yang juga menjabat sebagai Ketua Umum IMP Kukar menambahkan, ke 8 materi makalah itu dibawakan masing-masing oleh Direktur Tata Lingkungan Geologi dan Kawasan Pertambangan pada Ditjen Geologi dan Sumber Daya Mineral, Departemen ESDM RI, Dr Ir A Djumarna Wirakesumah dengan makalah berjudul Rancangan UU Pertambangan dan Batubara.


Manajer Community Relation PT Kitadin, Triharjono, tengah menjelaskan materi makalahnya dihadapan peserta Seminar Nasional Pertambangan
Photo: Joe

Kemudian perwakilan dari Indonesian Mining Asosiation (IMA) dengan tema Penguasaan Bahan Galian Dalam Perspektif Otda. Kemudian dari Aliansi Tambang Nusantara (Antara) bertema Kaitan Antara Kebijakan Pertambangan, Kehutanan dan Lingkungan Hidup Untuk Pemanfaatan Sumber Daya Mineral.

Sedang dari perusahaan tambang Batubara adalah dari PT Kitadin dan PT Banpu dengan tema Eksistensi Industri Pertambangan Dalam Rangka Percepatan Pengembangan Wilayah dan Pemberdayaan Masyarakat.

Sementara instansi di lingkungan Pemkab Kukar yang menyampaikan makalahnya adalah Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas Kehutanan, Bapeldalda dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kukar. Kata Ridlan MA.

Sementara Assisten II Pemkab Kukar Haryanto Bachroel mendukung diadakannya seminar dalam upaya mencari solusi terbaik dalam menentukan kebijakan dalam menata usaha pertambang di daerah. Dengan penataan yang baik dan benar, selain memberikan informasi yang tepat juga membentuk persepsi yang sama dari stakeholder pertambangan di Kukar dan Kaltim pada umumnya.

Diakuinya, perkembangan pertambangan batubara di Kukar cukup marak dengan ditemukannya deposit batubara di beberapa wilayah kecamatan. "Saking bersemangatnya para investor melakukan penambangan, ada diantaranya yang ilegal," ujarnya.

Haryanto Bachroel yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pertambangan ini menambahkan, ke depan masalah tambang batubara akan ditata ulang agar memberikan hasil bagi pendapatan daerah sekaligus mengantisipasi kerusakan lingkungan. (joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com