Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Serunya Lomba Ranking 1 Perempuan Kukar Berkarya

Bupati Kukar Rita Widyasari saat membuka lomba sekaligus membacakan sejumlah soal Ranking 1Bupati Kukar Rita Widyasari saat membuka lomba sekaligus membacakan sejumlah soal Ranking 1
Photo: Agri


Hj Hendrimiyarsih saat menjawab pertanyaan di babak bonus
Hj Hendrimiyarsih saat menjawab pertanyaan di babak bonus
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 28/04/2013 19:00 WITA
Seru dan meriah. Begitulah suasana lomba Ranking 1 "Perempuan Kukar Berkarya" yang digelar di halaman Planetarium Jagad Raya, Tenggarong, Sabtu (27/04) kemarin.


Uniknya, para peserta lomba Ranking 1 ini mengenakan busana daerah, seperti pakaian kebaya serta miskat. Dari data panitia, lomba Ranking 1 ini diikuti 35 peserta dari 65 orang yang mendaftar.


Meski demikian, lomba ini tetap berjalan seru dan penuh canda. Apalagi Bupati Kukar Rita Widyasari yang membuka lomba tersebut langsung menjadi pembaca soal Ranking 1.


"Pertanyaannya banyak yang mudah. Saya cari yang agak sulit ya," ujar Rita setelah memperhatikan daftar soal yang telah disiapkan.


Rita pun mengajukan soal pertama yakni apa nama satwa langka yang hidup di sungai Mahakam. Jawaban yang benar tentunya adalah pesut. Namun ada 2 peserta yang sudah tumbang di soal pertama karena menjawab naga dan naga pesut.



Siska Eriana mendapat hadiah sebagai peserta Lomba Ranking 1 dengan busana terbaik
Photo: Agri

Pertanyaan yang diajukan dalam lomba Ranking 1 kebanyakan adalah yang berkaitan dengan Kutai Kartanegara, mulai dari sejarah, wisata, budaya, hingga pemerintahan daerah, serta yang berkaitan dengan RA Kartini.


Satu demi satu peserta berguguran lantaran keliru menulis jawaban di atas kertas. Ketika Bupati Rita Widyasari menanyakan siapa Wakil Bupati yang mendampingi dirinya saat ini?


Jawaban yang benar adalah Ghufron Yusuf. Tapi ternyata ada satu peserta yang harus meninggalkan arena lomba Ranking 1 lantaran menjawab Edi Damansyah. Padahal Edi Damansyah adalah nama Sekretaris Kabupaten Kukar saat ini.


Si peserta yang salah menjawab kemudian dipanggil ke depan. "Kenapa menjawab Edi Damansyah? Ibu pasti tetangganya bu Edi Damansyah ya..." gurau Bupati Kukar sambil melirik ke Ny Edi Damansyah yang saat itu hadir.


Peserta yang merupakan pengajar di salah satu SMA itu kemudian menjelaskan sebenarnya dia tahu siapa nama Wakil Bupati Kukar saat ini. Namun entah kenapa dia teringat muridnya yang merupakan anak Sekkab Edi Damansyah, sehingga dia pun menuliskan nama Edi Damansyah.


"Nah... Jadi kalau ikut lomba itu harus konsentrasi ya," kata Bupati Rita Widyasari menasehati.


Setelah melalui beberapa pertanyaan, akhirnya seorang ibu bernama Hj Hendrimiyarsih keluar sebagai juara Ranking 1 dan berhak mendapatkan uang sebesar Rp 1 juta.



Bu Tarti dianugerahi gelar peserta terheboh dalam lomba Ranking 1
Photo: Agri

Staf Dinas Kebudayaan & Pariwisata (Disbudpar) Kukar ini juga berhak maju ke babak bonus yang berhadiah total Rp 3 juta jika mampu menjawab 10 pertanyaan dengan benar dalam waktu 3 menit.


Namun dari 10 pertanyaan babak bonus, Hj Hendrimiyarsih mampu menjawab 6 pertanyaan dengan benar yang secara keseluruhan bernilai Rp 1,35 juta. Dengan demikian, dia berhasil membawa pulang trofi serta uang tunai sebesar Rp 2,35 juta.


Selain hadiah untuk juara Ranking 1, panitia juga menyediakan trofi dan hadiah uang tunai untuk Peserta Berbusana Terbaik dan Peserta Terheboh yang masing-masing diraih Siska Eriana dan Tarti.


Selain Lomba Ranking 1, pihak Lintas Media Kukar juga menggelar Lomba Menulis dengan tema Peranan Perempuan Dalam Pembangunan di Kutai Kartanegara.


Setelah dilakukan penilaian terhadap 22 tulisan peserta, predikat Juara I akhirnya diraih Nunung Jumiati yang berhak meraih trofi dan uang Rp 2 juta. Sedangkan gelar Juara II diraih Noorzanah dengan hadiah Rp 1,5 juta dan Juara III disabet Isnaini F Ulla dengan hadiah sebesar Rp 1 juta.


Menurut Bayu Surya selaku Ketua Panitia, hadiah untuk para pemenang Lomba Menulis bisa diambil pada Senin (29/04) besok mulai pukul 14.00 WITA di Radio IDC FM, kompleks Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong.


"Juri dalam lomba ini adalah dari Lintas Media Kukar yang merupakan para jurnalis dari sejumlah media cetak dan elektronik yang bertugas di Tenggarong, seperti Tribun Kaltim, Koran Kaltim, Samarinda Pos, KutaiKartanegara.com dan Radio IDC FM," pungkasnya. (win)


Para peserta lomba Ranking 1 tetap bersemangat mengikuti lomba meski dibawah teriknya matahari
Photo: Agri

Hasil Lomba Ranking 1 & Lomba Menulis "Perempuan Kukar Berkarya 2013"


Lomba Ranking 1
Juara Ranking 1: Hj Hendrimiyarsih
Peserta Terheboh: Tarti
Busana Terbaik: Siska Eriana


Lomba Menulis
Juara I: Nunung Jumiati
Juara II: Noorzanah
Juara III: Isnaini F Ulla

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Anggana Membara, Belasan Rumah Ludes Terbakar
Pilgub Kaltim 2018: Menang di 11 Kecamatan, Isran-Hadi Raup Dukungan 35,37 Persen Suara
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Pimpinan BPJS Kesehatan Ikut Layani Langsung Warga Kukar
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Naga Mekes Lumat Sriwijaya FC Tiga Gol Tanpa Balas
Jelang Laga Lawan SFC, Rafael Berges Tinggalkan Mitra Kukar
 
Wow, Mahasiswa Asing Ini Bisa Menari Jepen Hingga Main Sampek
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com