Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Memahami Esai Fotografi Bersama Tantyo Bangun

Tantyo Bangun (kiri) ketika melakukan presentasi Essay Photography di Balikpapan, Sabtu (24/09) lalu
Tantyo Bangun (kiri) ketika melakukan presentasi Essay Photography di Balikpapan, Sabtu (24/09) lalu
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 26/09/2005 16:37 WITA
Untuk memahami dunia fotografi secara baik, tim liputan KutaiKartanegara.com yang terdiri dari M Agri Winata, Johan A Hakim, Jaya Miharja N dan Yanda mengikuti acara Presentasi dan Diskusi Essay Photography yang diselenggarakan Total Photography Club (TPC) di Balikpapan, Sabtu (24/09) lalu.

Kegiatan selama satu hari yang merupakan rangkaian dari Photography Weekend ini berlangsung di Hotel Pacific, Balikpapan, dengan mengetengahkan pembicara tunggal yaitu Editor In Chief majalah National Geographic Indonesia, Tantyo Bangun.

Tantyo Bangun dalam presentasinya memaparkan proses berikut kiat-kiat pembuatan esai fotografi yang pernah dilakukannya. Dari 4 esai fotografi yang dijelaskan, 3 diantaranya dibuat oleh Tantyo Bangun sendiri masing-masing berjudul Asahan White Water, Wonocolo dan Tanah Colap. Sedangkan foto-foto dalam esai fotografi berjudul Nairobi merupakan hasil karya David Alan Harvey yang dimuat dalam majalah National Geographic edisi terakhir.


Menurut Tantyo, setiap subyek memerlukan tekniknya sendiri-sendiri, begitu pula saat memotret warga kulit hitam yang membutuhkan bantuan pencahayaan
Photo: Agri

Menurut Tantyo Bangun, fotografer professional sepakat bahwa masalah teknis dalam fotografi tidak ada yang baku atau tidak sama. "Masalah teknis itu lebih banyak tergantung dari pada subyek. Karena setiap subyek membutuhkan tekniknya sendiri-sendiri," ujar Tantyo Bangun.

Tantyo kemudian mencontohkan kiat-kiat mengabadikan momen kejuaraan dunia olahraga arung jeram di sungai Asahan, Sumatera Utara, untuk pembuatan esai fotografinya. Tantyo terlebih dahulu menampilkan gambar Danau Toba yang merupakan sumber dari aliran sungai Asahan.

Setelah itu, foto selanjutnya beralih ke gambar perjalanan menuju lokasi kejuaraan arung jeram yang menanjak, suasana lomba arung jeram hingga momen-momen yang menggambarkan perjuangan para olahragawan arung jeram dalam mengarungi arus deras dan cukup berbahaya.

Sebelum melakukan pemotretan, lanjut Tantyo, kita harus mengenali terlebih dahulu subyek seperti olahraga arung jeram, alam atau medan liputan, serta momen-momen apa yang akan terjadi. Demikian katanya.

Usai pemaparan Essay Photography oleh Tantyo Bangun, acara dilanjutkan dengan diakhiri dengan hunting bareng di lapangan yang dilakukan di perkampungan nelayan Manggar dan kawasan hiburan pantai Melawai.

Sementara dikatakan CEO KutaiKartanegara.com M Agri Winata ST, kegiatan Phptpgraphy Weekend ini perlu diikuti dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan dalam pembuatan esai fotografi yang cocok diterapkan dalam situs KutaiKartanegara.com. "Terlebih yang memberikan materi dalam kegiatan ini merupakan seorang professional yang sangat berpenaglaman di bidangnya," ungkapnya.

"Selama ini berita-berita di KutaiKartanegara.com memang selalu dilengkapi foto-foto atau grafis pendukung yang kadang lebih dari satu. Kelak akan dibuat pula liputan dalam bentuk esai fotografi yang lebih kaya foto," demikian kata Agri. (joe/win)


Suasana presentasi dan diskusi Essay Photography garapan Total Photography Club yang diikuti sekitar 70 peserta termasuk dari KutaiKartanegara.com
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-4 Borneo FC: Tiga Kartu Merah Warnai Derby Mahakam, Naga Mekes Tersungkur di Kandang
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com