Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Angin Ribut Landa Tenggarong
Puluhan Pohon Tumbang, Atap Bangunan Melayang

Petugas dari Satgas SAR BPBD Kukar berupaya memotong pohon tumbang yang menimpa kabel telepon dan sebuah bangunan di Jalan Imam Bonjol, Tenggarong, Kamis (28/02) siangPetugas dari Satgas SAR BPBD Kukar berupaya memotong pohon tumbang yang menimpa kabel telepon dan sebuah bangunan di Jalan Imam Bonjol, Tenggarong, Kamis (28/02) siang
Photo: Agri


Petugas dari Satpol PP Kukar memotong batang pohon yang tumbang
Petugas dari Satpol PP Kukar memotong batang pohon yang tumbang
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 28/02/2013 20:59 WITA
Hujan deras disertai angin kencang melanda ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong, Rabu (27/02) malam. Akibatnya, puluhan pohon bertumbangan. Termasuk baliho serta tiang reklame di beberapa pernjuru kota Tenggarong.


Tak hanya itu, angin ribut kemarin malam juga mengakibatkan kerusakan pada atap sejumlah rumah warga maupun gedung fasilitas umum. Misalnya saja atap gedung Puteri Karang Melenu (PKM) yang terletak di Tenggarong Seberang. Beberapa bagian atap gedung PKM terlepas. Sementara kaca teras gedung tersebut ikut hancur.


Kerusakan pada bagian atap juga menimpa tribun timur Stadion Rondong Demang. Sebagian atap seng tribun stadion tersebut ikut melayang diterpa angin hingga jatuh ke tanah.


Hujan disertai angin ribut yang berlangsung sejak pukul 22.30 WITA itu juga berdampak pada padamnya aliran listrik. Pasalnya, ada beberapa titik tiang dan kabel listrik yang tertimpa pohon tumbang. Bahkan aliran listrik di sebagian wilayah Tenggarong baru menyala pada sore hari.


"Saat angin kencang, terdengar suara keras dari atas rumah saya. Ternyata puluhan atap multiroof rumah kami melayang. Akibatnya rumah kami kebanjiran," ujar Elia, warga Jalan Gunung Belah RT 47 Kelurahan Melayu, Teggarong.


Salah satu tiang reklame yang ikut tumbang setelah diterpa angin kencang
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi


Warga Jalan Gunung Jati, Ahmad Rianto, juga menuturkan bahwa atap rumahnya ikut melayang setelah diterpa angin kencang. "Tapi kerusakan di rumah saya tidak terlalu parah. Ada yang lebih parah lagi. Itu di belakang rumah saya, ada rumah yang baru dibangun sudah ambruk," ujar Ahmad Rianto yang juga Kasubag Pengumpulan Informasi Bagian Humas ini sambil menunjuk sebuah rumah di kejauhan.



Tim Satgas SAR BPBD Kukar membersihkan batang pohon yang menimpa kabel listrik di Jalan Gunung Jati
Photo: Humas Kukar/Ahmad Rianto

Sementara dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar, H Darmansyah, setelah kejadian tersebut pihaknya bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kukar langsung terjun ke lapangan untuk membersihkan jalan raya dari pepohonan dan baliho yang tumbang.


"Malam tadi juga kami bersama Satpol PP langsung turun menangani pohon dan baliho yang tumbang di jalan, agar tak mengganggu pengguna jalan," ujarnya.


Dikatakan Darmansyah, tidak ada korban jiwa dalam musibah angin ribut itu. "Namun ada beberapa laporan rumah warga yang mengalami kerusakan ringan berupa atap yang melayang akibat angin kencang," imbuhnya.


Sementara dikatakan Komandan Satgas SAR BPBD Kukar, Ahmad Sudirman, pihaknya langsung berkeliling kota Tenggarong untuk membersihkan dan memotong pohon-pohon yang bertumbangan setelah hujan mereda.


"Setelah hujan reda sekitar pukul 23.00 WITA, kami mulai bergerak untuk membersihkan dan memotong pohon-pohon tumbang yang menghalangi jalan, atau menimpa rumah serta kabel listrik," ujarnya.


Ditambahkannya, sejak tadi malam hingga Subuh, sedikitnya ada 8 titik pohon tumbang yang dibersihkan. "Yakni di Jalan Danau Semayang, kuburan Kelambu Kuning, pertigaan KM 5, Jalan Pahlawan depan Hotel Grand Elty Singgasana, Jalan Gunung Belah, Maluhu, Waduk dan sekitar Stadion Rondong Demang," jelasnya.


Sedangkan mulai pukul 07.00 WITA hingga tadi siang, lanjut Ahmad, pihaknya kembali bekerja untuk memotong pohon tumbang di 5 titik yakni di Jalan Ahmad Yani, sekitar kawasan Waduk, Jalan Imam Bonjol, Jalan Gunung Jati dan Jalan Loa Ipuh. (win/her)


Sebagian atap tribun Stadion Rondong Demang ikut terlepas dibawa angin
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com