Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Dinas Kesehatan Kukar Raih ISO 9001:2008

Jajaran pimpinan Dinkes Kukar telah mempersiapkan diri sejak Agustus 2012 untuk meraih sertifikasi ISO 9001:2008
Jajaran pimpinan Dinkes Kukar telah mempersiapkan diri sejak Agustus 2012 untuk meraih sertifikasi ISO 9001:2008
Photo: Dok. Dinkes Kukar

KutaiKartanegara.com - 07/02/2013 16:31 WITA
Setelah dilakukan audit initial atau penilaian oleh Lembaga Audit Eksternal Worldwide Quality Assurance (WQA) pada 1 Februari lalu, pelayanan publik Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Kartanegara (Kukar) dinyatakan telah memenuhi standar ISO 9001:2008.


Sekedar informasi, ISO 9001 merupakan standar internasional yang mengatur tentang sistem manajemen mutu. Adapun tulisan 2008 menunjukkan tahun revisi. Sehingga ISO 9001:2008 merupakan sistem manajemen mutu ISO 9001 hasil revisi tahun 2008.


Dikatakan Kepala Dinkes Kukar Drg Koentijo Wibdarminto MA, proses untuk meraih sertifikasi ISO 9001:2008 ini telah dilakukan sejak Agustus 2012 yang diawali dengan pembentukan tim persiapan ISO dalam rangka menyiapkan Pelayanan Publik Dinkes berstandar ISO 9001:2008.


"Proses tersebut mulai dari sosialisasi dan membuat komitmen yang kuat dari seluruh Kepala Bidang, Kepala Seksi, hingga staf yang ada bekerja sama dengan fasilitator tim Gama Solution yang diwakili Bapak Komarudin," jelasnya.


Selain proses sosialisasi dan komitmen, lanjut Koentijo, Dinkes juga menyiapkan dan memperbaiki sarana dan prasarana, serta melakukan perbaikan pengadministrasian, pendokumentasian dan pembuatan sasaran mutu yang menjadi kunci dalam mutu pelayanan standar ISO 9001.


Ditambahkan Koentijo, ada beberapa manfaat yang akan diperoleh Dinkes Kukar melalui pelayanan berstandar ISO 9001:2008. Antara lain dapat membantu dalam meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan melalui penyediaan jaminan pelayanan yang lebih baik.


Kemudian nilai kompetisi dan imej lembaga semakin meningkat dengan adanya sertifikasi tersebut. Selain itu, dapat membuat sistem kerja dalam lembaga menjadi standar kerja yang terdokumentasi dan mempunyai aturan kerja yang baik sehingga memudahkan dalam pengendalian. "Manfaat lainnya adalah dapat berfungsi sebagai standar kerja untuk melatih karyawan yang baru," paparnya.


Selain itu, lanjutnya, dapat menjamin bahwa proses yang dilaksanakan sesuai dengan sister manajemen mutu yang ditetapkan. "Serta akan memudahkan Top Management dalam pencapaian target karena sudah dipersiapkannya target yang terukur dan rencana pencapaiannya," urainya.


Manfaat lainnya, tambah Koentijo, yakni dapat meningkatkan semangat dan moral pegawai karena adanya kejelasan tugas dan wewenang atau job description, sehingga pegawai dapat bekerja dengan efisien dan efektif. "Serta dapat mengarahkan pegawai agar berwawasan mutu dalam memenuhi permintaan pelanggan, baik internal maupun eksternal," jelasnya.


Menurut Koentijo, tantangan utama dalam mengimplementasikan standart ISO 9001:2008 ini adalah menjaga keberlangsungan semangat dalam proses perubahan perbaikan yang berkelanjutan sehingga pelayanan mutu berstandar ISO tetap terjaga. "Jadi perjuangan belum selesai. Karena tantangan berikutnya adalah menjaga agar proses sistem manajemen mutu tetap berjalan agar pelayanan tetap prima," pungkasnya. (win)


Dengan diterimanya sertifikasi ISO 9001:2008, pimpinan dan staf Dinkes Kukar semakin termotivasi untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat
Photo: Dok. Dinkes Kukar

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Seminggu Menghilang, Warga Sanga-Sanga Ini Ditemukan Mengambang di Sungai
PMII Kukar Gelar Pelatihan Kader Dasar se-Kaltim
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Kuras ATM Puluhan Juta Rupiah, Pelaku Hipnotis Dibekuk Petugas Polres Kukar
Barang Bukti Narkoba, Sajam, Senpi Hingga Uang Palsu Dimusnahkan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Bawakan 8 Lagu, Via Vallen Sukses Goyang Tenggarong
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
 
Lepas Jorge Gotor, Mitra Kukar Rekrut Bek Asal Brazil
KFL-Liga 2 2017, Perebutan Zona 4 Besar Makin Sengit
 
Kongres Dunia CIOFF ke-47 di Tenggarong Berakhir Sukses
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
 
Wow! Menangi Kompetisi LINE, Mahasiswa Unmul Asal Tenggarong Ini Dapat Hadiah Jalan-Jalan ke Jepang
Digagas IKA SMANSA Tenggarong, Guru dan Karyawan SMAN 1 Tenggarong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com