Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Dinas Kesehatan Kukar Raih ISO 9001:2008

Jajaran pimpinan Dinkes Kukar telah mempersiapkan diri sejak Agustus 2012 untuk meraih sertifikasi ISO 9001:2008
Jajaran pimpinan Dinkes Kukar telah mempersiapkan diri sejak Agustus 2012 untuk meraih sertifikasi ISO 9001:2008
Photo: Dok. Dinkes Kukar

KutaiKartanegara.com - 07/02/2013 16:31 WITA
Setelah dilakukan audit initial atau penilaian oleh Lembaga Audit Eksternal Worldwide Quality Assurance (WQA) pada 1 Februari lalu, pelayanan publik Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Kartanegara (Kukar) dinyatakan telah memenuhi standar ISO 9001:2008.


Sekedar informasi, ISO 9001 merupakan standar internasional yang mengatur tentang sistem manajemen mutu. Adapun tulisan 2008 menunjukkan tahun revisi. Sehingga ISO 9001:2008 merupakan sistem manajemen mutu ISO 9001 hasil revisi tahun 2008.


Dikatakan Kepala Dinkes Kukar Drg Koentijo Wibdarminto MA, proses untuk meraih sertifikasi ISO 9001:2008 ini telah dilakukan sejak Agustus 2012 yang diawali dengan pembentukan tim persiapan ISO dalam rangka menyiapkan Pelayanan Publik Dinkes berstandar ISO 9001:2008.


"Proses tersebut mulai dari sosialisasi dan membuat komitmen yang kuat dari seluruh Kepala Bidang, Kepala Seksi, hingga staf yang ada bekerja sama dengan fasilitator tim Gama Solution yang diwakili Bapak Komarudin," jelasnya.


Selain proses sosialisasi dan komitmen, lanjut Koentijo, Dinkes juga menyiapkan dan memperbaiki sarana dan prasarana, serta melakukan perbaikan pengadministrasian, pendokumentasian dan pembuatan sasaran mutu yang menjadi kunci dalam mutu pelayanan standar ISO 9001.


Ditambahkan Koentijo, ada beberapa manfaat yang akan diperoleh Dinkes Kukar melalui pelayanan berstandar ISO 9001:2008. Antara lain dapat membantu dalam meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan melalui penyediaan jaminan pelayanan yang lebih baik.


Kemudian nilai kompetisi dan imej lembaga semakin meningkat dengan adanya sertifikasi tersebut. Selain itu, dapat membuat sistem kerja dalam lembaga menjadi standar kerja yang terdokumentasi dan mempunyai aturan kerja yang baik sehingga memudahkan dalam pengendalian. "Manfaat lainnya adalah dapat berfungsi sebagai standar kerja untuk melatih karyawan yang baru," paparnya.


Selain itu, lanjutnya, dapat menjamin bahwa proses yang dilaksanakan sesuai dengan sister manajemen mutu yang ditetapkan. "Serta akan memudahkan Top Management dalam pencapaian target karena sudah dipersiapkannya target yang terukur dan rencana pencapaiannya," urainya.


Manfaat lainnya, tambah Koentijo, yakni dapat meningkatkan semangat dan moral pegawai karena adanya kejelasan tugas dan wewenang atau job description, sehingga pegawai dapat bekerja dengan efisien dan efektif. "Serta dapat mengarahkan pegawai agar berwawasan mutu dalam memenuhi permintaan pelanggan, baik internal maupun eksternal," jelasnya.


Menurut Koentijo, tantangan utama dalam mengimplementasikan standart ISO 9001:2008 ini adalah menjaga keberlangsungan semangat dalam proses perubahan perbaikan yang berkelanjutan sehingga pelayanan mutu berstandar ISO tetap terjaga. "Jadi perjuangan belum selesai. Karena tantangan berikutnya adalah menjaga agar proses sistem manajemen mutu tetap berjalan agar pelayanan tetap prima," pungkasnya. (win)


Dengan diterimanya sertifikasi ISO 9001:2008, pimpinan dan staf Dinkes Kukar semakin termotivasi untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat
Photo: Dok. Dinkes Kukar

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com