Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Peringatan 66 Tahun Peristiwa Merah Putih di Sanga-Sanga

Peringatan Peristiwa Merah Putih ke-66 di Sanga-Sanga diawali dengan upacara pengibaran benderaPeringatan Peristiwa Merah Putih ke-66 di Sanga-Sanga diawali dengan upacara pengibaran bendera
Photo: Dok. Humas Kukar


Danrem 091/ASN Brigjen TNI Gadang Pambuni menyampaikan amanat tertulis Gubernur Kaltim pada upacara peringatan Peristiwa Merah Putih di Sanga-Sanga, Minggu (27/01) pagi
Danrem 091/ASN Brigjen TNI Gadang Pambuni menyampaikan amanat tertulis Gubernur Kaltim pada upacara peringatan Peristiwa Merah Putih di Sanga-Sanga, Minggu (27/01) pagi
Photo: Dok. Humas Kukar

KutaiKartanegara.com - 28/01/2013 14:39 WITA
Peristiwa heroik di Sanga-Sanga pada 27 Januari 1947 silam atau yang dikenal sebagai Peristiwa Merah Putih diperingati dalam sebuah upacara parade yang digelar di lapangan Gelora Pantai, Kecamatan Sanga-Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Minggu (27/01) pagi.


Upacara yang berlangsung khidmat ini dipimpin Danrem 091/ASN Brigjen TNI Gadang Pambuni selaku inspektur upacara mewakili Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak.


Gubernur Kaltim dalam amanat tertulis yang dibacakan Gadang Pambuni mengatakan, masyarakat hendaknya mengisi kemrdekaan dengan semangat perjuangan para pahlawan dalam berkarya.


Menurut Gubernur, peringatan Peristiwa Merah Putih di Sanga-Sanga digelar untuk mengenang kembali jasa para pendahulu baik para pejuang maupun warga Sanga-Sanga yang telah berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan.


"Perjuangan tersebut patut dikenang sebagai teladan untuk memajukan daerah melalui pembangunan, khususnya Sanga-Sanga dan Kaltim pada umumnya," ujarnya.


Gubernur melalui Danrem 091/ASN juga mengajak semua pihak untuk terus memacu semangat dalam membangun. Menurutnya, tahun ini adalah momen pningkatan kinerja dan prestasi, masyarakat Kaltim hendaknya memiliki nilai lebih dalam kinerja.


Upacara peringatan Peristiwa Merah Putih ke-66 diikuti pelajar, personil TNI, Polri, PNS hingga karyawan perusahaan yang beroperasi di Sanga-Sanga
Photo: Dok. Humas Kukar



Bupati Rita Widyasari menaburkan bunga di pusara para pahlawan yang gugur dalam peristiwa pertempuran di Sanga-Sanga 66 tahun silam
Photo: Dok. Humas Kukar

Upacara peringatan Peristiwa Perjuangan Merah Putih ke-66 kemarin pagi dihadiri pula oleh Bupati Kukar Rita Widyasari berserta pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, kepala dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar, para veteran, OKP, perusahaan, hingga pelajar di Sanga-Sanga.


Usai upacara parade di lapangan Gelora Pantai, rangkaian acara peringatan Peristiwa Merah Putih ke-66 dilanjutkan dengan upacara ziarah di TMP Wadah Batuah.


Sementara Bupati Rita Widyasari berharap agar Peristiwa Merah Putih bukan hanya sekedar diperingati, akan tetapi bagaimana kita menghayatinya.


"Saya setuju kata-kata memperingati itu lebih kepada menghayati, bukan hanya sekedar peringatan saja," ujarnya saat ditemui usai mengikuti upacara.


Oleh karena itu, Rita mengajak semua pihak untuk menghayati perjuangan tersebut, bagaimana semangat pejuang bersama warga mengusir penjajah.


Lebih lanjut menurutnya, saat ini sebenarnya peperangan masih tetap berlanjut, yaitu memerangi kebodohan dan kemiskinan, memerangi rasa malas serta korupsi.


"Jadi saya berpesan kepada pemuda untuk menjadi pelopor dalam berjuang untuk daerah sendiri mulai dari lingkungannya masing-masing, karena pemuda cikal bakal penerus bangsa," imbaunya.


Rita juga mengimbau agar pemuda harus mempunyai jiwa kepahlawanan, yaitu rela berkorban, menolong tanpa pamrih, termasuk membangun kemanandirian tidak bergantung pada pemerintah untuk terus berkarya membangun daerah. (her)


Bupati Rita Widyasari dan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kukar memberikan penghormatan kepada Sang Merah Putih
Photo: Dok. Humas Kukar

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Anggana Membara, Belasan Rumah Ludes Terbakar
Pilgub Kaltim 2018: Menang di 11 Kecamatan, Isran-Hadi Raup Dukungan 35,37 Persen Suara
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Pimpinan BPJS Kesehatan Ikut Layani Langsung Warga Kukar
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Erau 2018: Putra Mahkota Kesultanan Kutai Laksanakan Adat Beluluh
Naga Mekes Lumat Sriwijaya FC Tiga Gol Tanpa Balas
 
Wow, Mahasiswa Asing Ini Bisa Menari Jepen Hingga Main Sampek
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com