Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

VICO Indonesia Gelar Pelatihan Penanggulangan Kebakaran

Dadang Suparman didampingi Soedi Wargono dari VICO Indonesia secara simbolis menyerahkan seragam perlengkapan petugas PMK kepada Eddy Syamsir, mewakili Karang Taruna dari Kecamatan Muara Jawa
Dadang Suparman didampingi Soedi Wargono dari VICO Indonesia secara simbolis menyerahkan seragam perlengkapan petugas PMK kepada Eddy Syamsir, mewakili Karang Taruna dari Kecamatan Muara Jawa
Photo: VICO Indonesia / Bastian

KutaiKartanegara.com - 20/09/2005 21:25 WITA
Setelah sukses menggelar Pelatihan Penanggulangan Kebakaran bagi pemuda se-Kecamatan Muara Badak dan Marang Kayu pada tahun 2004 lalu, perusahaan migas VICO Indonesia kini melakukan pelatihan serupa bagi pemuda dari wilayah Kecamatan Muara Jawa dan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Pelaksanaan pelatihan selama 2 hari bagi masing-masing kecamatan tersebut telah dimulakan sejak hari ini di Muara Badak. Sebanyak 18 pemuda asal Kecamatan Muara Jawa terlebih dahulu mendapatkan pelatihan sejak hari ini hingga besok (21/09), sedangkan para pemuda asal Kecamatan Samboja baru akan mengikuti pelatihan mulai hari Kamis (22/09) hingga Jum'at (23/09).

Hari pertama pelatihan bagi masing-masing kecamatan diisi dengan pengenalan teori yang dilangsungkan di Training room, kantor HSE VICO Indonesia, Muara Badak. Sedangkan hari kedua diisi kegiatan praktek pemadaman api yang akan dilaksanakan di Fire Training Ground VICO Indonesia.

Menurut HSE & Training Superintendent, Dadang Suparman, pelatihan pemadam kebakaran yang berlangsung masing-masing selama 2 hari bagi tiap kecamatan ini akan diisi dengan penyampaian teori dan praktek, misalnya pengetahuan dasar teori cara mengantisipasi kebakaran, mengenal api, maupun tehnik melakukan pemadaman, cara penggunaan APAR (alat pemadam api ringan).


Syamsir Bakri selaku instruktur ketika memperagakan cara menggunakan Nozzle kepada peserta pelatihan
Photo: VICO Indonesia / Bastian

"Untuk menjadi seorang petugas pemadam kebakaran memerlukan waktu yang lama, namun dengan keterbatasan waktu yang hanya dua hari ini diharapkan para peserta dapat mengetahui dasar-dasar teori atau cara mengantisipasi kebakaran," ujar Dadang Suparman.

Paling tidak, lanjutnya, jika terjadi kebakaran para pemuda yang pernah diberikan pelatihan sudah mengatahui langkah-langkah apa yang perlu diambil di lapangan sehingga memudahkan petugas PMK.

Ditambahkannya, Pelatihan Pemadaman Kebakaran ini terselenggara atas kerjasama VICO Indonesia dengan pemerintah Kecamatan Muara Jawa dan Samboja. "Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian VICO Indonesia melalui program Comdev-nya untuk meningkatkan kualitas SDM di sekitar wilayah operasi yang meliputi Muara Badak, Marangkayu, Muara Jawa dan Samboja," demikian katanya.

Sementara H Kawandi selaku instruktur pelatihan memaparkan, ada tiga unsur terjadinya api yaitu panas, oksigen dan bahan bakar. "Jika salah satu dari ketiga unsur tersebut dipisahkan maka tidak akan menimbulkan kebakaran," ujarnya.

Para peserta pelatihan cukup antusias mengikuti pemaparan yang disampaikan H Kawandi mengenai metode pemadaman kebakaran, mulai dari teknik starvation atau menghilangkan bahan bakar, cooling atau pendinginan, smoothering and dilution atau memisahkan bahan bakar dan mengurangi konsentrasi oksigen.

Menurut Eddy Syamsir yang merupakan anggota Karang Taruna Kelurahan Muara Jawa Ulu, pelatihan ini merupakan langkah awal yang baik dan positif untuk meningkatkan kualitas SDM para pemuda di Muara Jawa.

"Kami berharap program yang bagus ini bisa berkelanjutan. Misalnya jika ada program pengadaan mobil pemadam kebakaran untuk kecamatan Muara Jawa, kami sudah siap dengan bekal pengetahuan yang telah kami peroleh dari VICO Indonesia," ujar Eddy yang dipercaya menjadi ketua kelas dalam pelatihan ini. (bas)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com