Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Baru Merapat di Dermaga Desa Rempanga, Ferry Angkut Truk Tangki Tenggelam

Mobil tangki PDAM Kukar yang sempat terendam sungai Mahakam akhirnya berhasil dievakuasi
Mobil tangki PDAM Kukar yang sempat terendam sungai Mahakam akhirnya berhasil dievakuasi
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 11/10/2012 19:16 WITA
Sebuah ferry tradisional yang mengangkut sebuah truk tangki milik PDAM Tirta Mahakam tenggelam hanya beberapa saat setelah merapat di dermaga ferry Deny Putra, KM 7 Desa Rempanga, Kecamatan Loa Kulu, Rabu (10/10) jelang tengah malam.


Tidak ada korban jiwa dari insiden ini. Pasalnya, sopir dan penumpang truk beserta motoris ferry langsung menyelamatkan diri ke tepi dermaga saat ferry tradisional dengan nama 'Bipa 1' itu mulai terisi air.


Sedangkan truk tangki tersebut berhasil dievakuasi pada Kamis (11/10) tengah malam sekitar pukul 00.05 WITA. Truk tersebut langsung dibawa mobil derek Dinas Perhubungan Kukar ke PDAM Tirta Mahakam, Tenggarong.


Menurut Kapolsek Loa Kulu, AKP Kurdi, truk tangki plat merah dengan nomor polisi KT 8562 C itu dikemudikan Imansyah (28), warga Jalan Slamet Riyadi, Samarinda. Saat kejadian, Imansyah membawa istri beserta anaknya.


Truk tangki yang membawa 5 ton air itu menyeberang dari Desa Jongkang menuju Desa Rempanga dengan menggunakan ferry 'Bipa 1' yang dikemudikan oleh M Hendra (35), warga Kelurahan Mangkurawang, Tenggarong.


Pada saat menyeberang, ferry tersebut tidak mengalami masalah yang berarti. Namun masalah baru muncul ketika ferry telah merapat dan truk bersiap hendak naik ke dermaga.


"Setelah diselidiki, ferry tersebut tenggelam bukan karena adanya kebocoran atau ramdor yang patah. Melainkan karena badan ferry bergeser mundur saat truk hendak naik ke atas dermaga, sehingga air sungai bisa masuk dari bagian depan kapal," ujarnya.


Ditambahkan Kurdi, sebenarnya motoris telah mengikat ferry tersebut dengan menggunakan dua tali. "Mungkin karena kendor dan muatan truk sangat berat, sehingga ferry tersebut malah mundur saat truk hendak naik," jelas Kapolsek Loa Kulu.


Kapolsek Loa Kulu bersyukur tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu. "Dalam musibah ini tak ada korban jiwa. Semua permasalahan langsung diselesaikan secara kekeluargaan saja," kata Kurdi.


Sementara sang motoris ferry, Hendra, mengaku jika ferry yang dikemudikannya itu bisa mengangkut 2 mobil kecil untuk sekali jalan dan bahkan mampu membawa 1 unit dump truck dalam keadaan kosong.


Itulah sebabnya Hendra pun memberanikan diri mengangkut truk tangki bermuatan 5 ton air itu tadi malam. "Saat menyeberang aman saja, tidak ada masalah. Dan saat di dermaga saya mengikat ferry dengan menggunakan dua tali. Tapi, saat truk mau naik, tiba-tiba saja ferry mundur dan berat di depan. Sehingga air masuk dari depan dan menenggelamkan truk dan ferri," ungkapnya.


Sementara dikatakan sopir truk tangki, Imansyah, dirinya saat itu bertugas mengambil air di L2 Tenggarong Seberang untuk bahan baku air minum kemasan.


"Biasanya saya menyeberang dari Loa Raya menuju Sukarame. Tapi karena ada perbaikan jembatan, saya pun lewat dermaga Jongkang. Ketika saya tanya motoris apakah ferry itu sanggup mengangkut tangki bermuatan, motorisnya bilang bisa karena sudah biasa. Jadi saya pun naik," imbuhnya.


Insiden tersebut langsung dilaporkan warga kepada kepolisian setempat. Tak lama kemudian, tim dari Polres Kukar, Polsek Loa Kulu, Dinas Perhubungan dan Satpol PP langsung ke lapangan untuk membantu proses evakuasi truk.


Pengangkatan truk dilakukan dengan cara memasang beberapa buah drum kosong agar truk tangki tersebut mengapung, kemudian ditarik oleh mobil derek milik Dinas Perhubungan Kukar. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com