Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pembangunan Masjid Nurul Huda Dimulai
Bupati Kukar Letakkan Batu Pertama

Bupati Kukar Rita Widyasari melakukan pelatakan batu pertama dimulainya pembangunan Masjid Nurul Huda
Bupati Kukar Rita Widyasari melakukan pelatakan batu pertama dimulainya pembangunan Masjid Nurul Huda
Photo: Humas Kukar/Rudi

KutaiKartanegara.com - 04/06/2012 00:02 WITA
Bupati Rita Widyasari melakukan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan Masjid Nurul Huda di Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).


Peletakan batu pertama masjid berukuran 324 meter persegi di atas lahan seluas 625 meter persegi ini dilakukan Kamis (31/5) lalu di ibukota Kecamatan Tenggarong Seberang itu.


Menurut Bayu Pranoto selaku Ketua Panitia Pembangunan Masjid Nurul Huda, masjid tersebut rencananya akan dibangun bertingkat dua. Sebelum menjadi masjid, lanjutnya, di tempat itu sebelumnya telah berdiri musholla Nurul Huda sejak tahun 1984 dengan ukuran 4 x 6 meter di atas tanah wakaf H Darmo Suprapto.


"Seiring dengan berjalannya waktu dan semakin bertambahnya penduduk di sekitar mushola, pada tahun 1992 musholla tersebut berubah menjadi masjid. Ditandai dengan direhab dan diperbesarnya Masjid Nurul Huda dengan ukuran 10x10 meter. Kemudian pada tahun 1999 pihak panitia kembali menambah bangunan lain berupa serambi dengan ukuran 6 x 10 meter," jelasnya.


Namun, lanjutnya, seiring dengan semakin berkembangnya penduduk di Desa Manunggal Jaya, keberadaan masjid itu tidak dapat lagi menampung jemaah yang ada. Sehingga tahun tahun 2010 lalu disepakati untuk membentuk panitia pembangunan masjid baru, yang peletakan batu pertamanya baru dilaksanakan oleh Bupati Kukar. "Untuk mempercepat pembangunan masjid tersebut, kami telah mengajukan anggaran ke Pemkab Kukar melalui APBD tahun 2012," ujar Bayu Pranoto.


Sementara itu, Bupati Kukar Rita Widyasari menyatakan turut bergembira dengan pembangunan Masjid Nurul Huda dan berharap masjid tersebut segera terbangun dan berdiri sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.


Menurut Rita, masjid bukan lagi hanya diperuntukkan sebagai tempat beribadah semata, namun juga dapat dijadikan sebagai wadah menyebarkan informasi yang benar kepada masyarakat dan wadah pendidikan. "Pemerintah sangat mendukung dan ingin juga membatu dalam berbagai hal, apalagi tentang peningkatan keagamaan di Kukar," ujarnya.


Berkenaan dengan pemberian bantuan bagi pembangunan tempat-tempat ibadah, menurut Rita pihaknya tidak mau lagi hanya menunggu proposal yang diajukan. Namun dirinya telah menugaskan Assisten IV yang membidangi kesejahteraan masyarakat untuk mendata masjid mana yang layak dibantu.


"Tugas tersebut juga menjadi tanggungjawab para kepala desa dan camat untuk menyampaikan kondisi yang ada diwilayahnya, baik kondisi lingkungan maupun masyarakatnya," jelasnya.


Ditambahkan Rita, data-data tersebut sangat dibutuhkan agar tidak ada lagi bantuan yang diberikan setiap tahunnya hanya kepada satu tempat ibadah.


"Masjid yang sudah bagus tidak perlu lagi mendapatkan bantuan. Bantuan pemerintah hanya diberikan kepada masjid yang benar-benar layak dibantu yaitu masjid yang sudah rusak atau di wilayah tersebut belum ada berdiri masjid," pungkasnya. (rud)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com