Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Lomba Lawak se-Kukar Diikuti 17 Peserta

Aksi panggung kelompok Komplinplan di atas pentas Lomba Lawak se-Kukar tahun 2005Aksi panggung kelompok Komplinplan di atas pentas Lomba Lawak se-Kukar tahun 2005
Photo: Agri


Penampilan grup Stay Cool dari SMAN I Tenggarong yang sangat menghibur para penonton
Penampilan grup Stay Cool dari SMAN I Tenggarong yang sangat menghibur para penonton
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 27/08/2005 12:45 WITA
Sebanyak 17 kelompok mengikuti Lomba Lawak se-Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) garapan grup lawak B2E (Bena Benua Etam) Kukar yang berlangsung selama 3 hari sejak Jum'at (26/08) malam hingga Minggu (28/08) besok di halaman parkir Planetarium Jagad Raya, Tenggarong.

Kegiatan yang digelar dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-60 ini dibuka secara resmi tadi malam oleh Kabag Humas & Protokol Pemkab Kukar Drs H Abidinsyah Kadrie mewakili Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM yang berhalangan hadir.

Dalam amanat tertulisnya yang dibacakan H Abidinsyah Kadrie, Bupati Kukar menyatakan menyambut positif dan mendukung penuh digelarnya kegiatan seperti ini karena dapat meningkatkan apresiasi seni di Kukar dan mengembangkan para seniman lawak di daerah ini yang sejalan dengan salah satu program Gerbang Dayaku Tahap II yakni pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Pemkab Kukar melalui program Gerbang Dayaku II berupaya mengejar ketertinggalan dalam peningkatan kualitas SDM. Sebagai salah satu sektor unggulan, tidak hanya kecerdasan intelijen (IQ) saja yang harus ditingkatkan namun juga kecerdasan emosi atau emotional quotion (EQ)," ujar Bupati Kukar seperti yang disampaikan H Abidinsyah Kadrie.


Aksi anggota kelompok lawak Lancang Koening pada malam perdana Lomba Lawak se-Kukar
Photo: Agri


Salah seorang anggota grup lawak yang mirip pelawak kondang Jojon
Photo: Agri

Bupati Kukar H Syaukani HR juga berharap agar kegiatan Lomba Lawak ini dapat dilaksanakan secara berkala di kemudian hari sehingga diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas pelawak daerah maupun seni budaya di Kukar pada umumnya.

Sementara dikatakan Ketua Panitia Pelaksana Aspiannur, Lomba Lawak ini diikuti 17 kelompok yang berasal dari Kecamatan Tenggarong dan Loa Kulu. "Peserta berasal dari kalangan pelajar SLTA, kelompok teater maupun masyarakat umum," ujar Aspiannur kepada KutaiKartanegara.com tadi malam.

Menurutnya, peserta diberi kesempatan tampil diatas pentas maksimal selama 15 menit dengan materi lawakan yang berkaitan dengan akar budaya Kutai yang tidak berkaitan dengan SARA (Suku, Agama, Ras dan Golongan) dan pornoaksi. "Temanya bebas, bisa pendidikan, pariwisata, kemerdekaan, atau masalah kesadaran hukum," tambah pemuda yang populer di kalangan teater dengan sebutan Boyon ini.

Dan untuk penjurian Lomba Lawak ini, lanjut Aspiannur, pihaknya mendatangkan Kentus alias Syarkan Syarif dari Srimulat Surabaya untuk memberikan penilaian terhadap peserta disamping juri lokal yakni seniman muda yang juga Anggota DPRD Kukar Dedi Sudarya, serta H Habolhasan Asyari dari Samarinda.

Pada malam perdana Lomba Lawak se-Kukar, 4 kelompok lawak yang tampil adalah O(K2)S dari teater KSH, Stay Cool dari SMAN I Tenggarong, grup Lancang Koening, dan grup Komplinplan yang menghadirkan pelawak lokal yang wajahnya mirip dengan Jojon.

Warga Kota Raja Tenggarong sendiri sangat antusias menyaksikan lomba lawak yang baru digelar untuk pertama kalinya di kota Tenggarong ini. Warga bahkan sempat dibuat terpingkal-pingkal oleh aksi kocak beberapa peserta yang tampil cukup menghibur. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-4 Borneo FC: Tiga Kartu Merah Warnai Derby Mahakam, Naga Mekes Tersungkur di Kandang
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com