Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kecelakaan Ferry Tradisional di Tenggarong, Satu Penumpang Hilang

Kesibukan di sekitar terminal ferry tradisional setelah terjadinya tabrakan
Kesibukan di sekitar terminal ferry tradisional setelah terjadinya tabrakan
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 25/12/2011 07:36 WITA
Tepat satu bulan setelah runtuhnya Jembatan Kartanegara, sebuah musibah kembali terjadi di ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong.


Kali ini, musibah kecelakaan terjadi di perairan sungai Mahakam ketika sebuah ferry tradisional yang mengangkut sejumlah sepeda motor dan belasan penumpang tenggelam setelah ditabrak kapal motor pada Sabtu (24/12) petang sekitar pukul 19.20 WITA.


Akibat dari peristiwa nahas tersebut, 8 sepeda motor tenggelam ke dasar sungai Mahakam. Sementara 1 orang penumpang bernama Yuli Setiawan dilaporkan hilang. Sedangkan 17 penumpang lainnya berhasil diselamatkan.


Menurut keterangan sejumlah warga, ferry tradisional tersebut tengah menyeberangi sungai Mahakam dari arah Kelurahan Baru di Tenggarong menuju Desa Loa Raya di Tenggarong Seberang.


Namun tepat di tengah perjalanan, ferry tradisional yang dikemudikan Bahril (42) tersebut dihantam sebuah kapal motor yang bergerak cukup cepat dari arah hilir menuju pedalaman Mahakam.


Badan ferry tradisional langsung pecah akibat tabrakan keras itu. Belasan penumpang ferry yang masih mengapung kemudian diselamatkan para pemilik ferry tradisional lainnya. Beberapa korban yang mengalami luka langsung dilarikan ke RSUD AM Parikesit, Tenggarong.



Wabup Kukar HM Ghufron Yusuf memantau langsung ke lapangan terkait kecelakaan yang melibatkan sebuah kapal motor dengan ferry tradisional
Photo: Agri

Usai kejadian, pihak tim SAR langsung melakukan pencarian satu orang penumpang pria bernama Yuli Setiawan yang memang tidak bisa berenang dan tidak mengenakan pelampung saat kejadian. Namun hingga berita ini diturunkan belum diketahui bagaimana nasib pekerja asal Jawa Timur itu.


Musibah kecelakaan ini juga mendapat perhatian serius dari Pemkab Kukar. Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf langsung turun ke lapangan untuk memantau proses pencarian korban.


Wabup Ghufron didampingi Dandim 0906/TGR Dendy Suryadi tadi malam bahkan menggelar pertemuan khusus dengan puluhan motoris dan pemilik terminal ferry tradisional di sebuah ruang kelas SDN 002 Loa Raya, Tenggarong Seberang, guna membahas keselamatan transportasi ferry tradisional yang memang marak pasca runtuhnya Jembatan Kartanegara.


Sementara itu, pihak kepolisian langsung melakukan penyelidikan dan memeriksa sejumlah saksi terkait kecelakaan di sungai Mahakam itu. "Hingga saat ini sudah ada dua tersangka yang ditetapkan," demikian kata Kasubag Humas Polres Kukar, AKP I Nyoman Subratha.


Sekedar informasi, aktivitas penyeberangan ferry tradisional semakin marak pasca runtuhnya Jembatan Kartanegara yang menghubungkan Tenggarong dengan Tenggarong Seberang.


Tergantung ukurannya, kapal ferry tradisional ini ada yang bisa mengangkut 2 sampai 5 mobil, dan ada pula yang khusus diperuntukkan membawa sepeda motor dengan jumlah 8 hingga 20 sepeda motor. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com