Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

APBD-P Kukar 2011 Disahkan Rp 5,656 Triliun

Ketua DPRD Kukar Awang Yacoub Luthman menandatangani persetujuan bersama Raperda APBDP 2011
Ketua DPRD Kukar Awang Yacoub Luthman menandatangani persetujuan bersama Raperda APBDP 2011
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 30/09/2011 15:11 WITA
Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kutai Kartanegara (Kukar) 2011 akhirnya ditetapkan sebesar Rp 5,656 triliun lewat Rapat Paripurna DPRD Kukar yang dipimpin H Awang Yacoub Luthman di gedung PKM Tenggarong Seberang, Rabu (28/09) lalu.


Pengesahan APBD-P 2011 tersebut ditandai dengan penandatanganan persetujuan bersama Raperda APBD-P Kukar 2011 oleh Ketua DPRD Kukar Awang Yacoub Luthman bersama dua wakilnya Didik Agung Eko Wahono dan Zainuddin Arhap, disaksikan Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf.


Sebelum dilakukan pengesahan, terlebih dahulu disampaikan laporan Badan Anggaran Legislatif lewat juru bicaranya Baharuddin Demu. Dalam laporan tersebut terangkum pula pandangan umum dari seluruh fraksi di DPRD Kukar terhadap pengajuan Raperda APBD-P 2011.


Dari 8 fraksi di DPRD Kukar, 7 fraksi menyatakan dapat menyetujui dan menerima dengan beberapa catatan terhadap pengesahan APBDP 2011, yakni dari Fraksi Golkar, Fraksi PDIP, Fraksi PAN, Fraksi Demokrat, Fraksi PKS, Fraksi Bintang Pembangunan Indonesia dan Fraksi Gerhana.


Sedangkan Fraksi Patriot menyatakan disclaimer atau tidak memberikan opini dan menyerahkan kepada pimpinan DPRD untuk mengambil sikap.


Umumnya beberapa fraksi menyoroti tentang kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Diantaranya dari Fraksi Golkar yang mengatakan bahwa SKPD belum sepenuhnya paham tentang ruh Gerbang Raja, sehingga ada beberapa kegiatan yang masih sama dengan kegiatan tahun-tahun sebelumnya.


Begitu pula dengan Fraksi PDIP yang meminta kepada SKPD agar meningkatkan kinerja sehingga bisa melakukan kegiatan pembangunan maupun pelayanan dengan maksimal.


Sementara Bupati Rita Widyasari melalui Wabup HM Ghufron Yusuf dalam sambutannya mengatakan, ada 4 perkembangan yang mendasari diadakannya Perubahan APBD Kukar 2011.


"Pertama, permasalahan daerah yang mendesak dan harus segera diatasi, terutama terkait dengan pertumbuhan ekonomi makro di wilayah Kukar sebagai dampak dari pertumbuhan ekonomi secara global," kata Ghufron


Yang kedua, lanjutnya, aspirasi yang berkembang di masyarakat sebagai bentuk kebutuhan riil. "Ketiga, perkembangan kelembagaan sebagai wujud penyelenggaraan otonomi daerah," ujarnya lagi.


Dan yang keempat, tambah Ghufron, perubahan kemampuan daerah khususnya pendanaan pembangunan, sumber daya alam yang ada, sumber daya manusia, dana yang dimiliki serta kelembagaan yang ada.


Ditambahkan Ghufron, ada beberapa pertimbangan dalam menentukan kebijakan Pemkab Kukar terhadap asumsi APBD-P 2011.


Dari sisi Pendapatan Daerah, misalnya, terdapat proyeksi pendapatan sebesar Rp. 4,75 triliun yang mengalami peningkatan sebesar Rp 599,66 milyar dari semester pertama yang bersumber dari PAD, Dana Perimbangan dan Lain-Lain Pendapatan Yang Sah.


"Kemudian dari sisi Belanja sebesar Rp 5,2 triliun. Sehingga terjadi defisit anggaran sebesar Rp 452,82 miliar. Untuk menutup defisit belanja itu, diambil dari penerimaan pembiayaan netto sebesar Rp 736,29 miliar," jelasnya.


Dengan demikian, lanjut Ghufron, masih terdapat surplus sebesar Rp 283,46 miliar yang merupakan Silpa pada Rancangan Perubahan APBD 2011. "Dari uraian tersebut, menunjukkan bahwa jumlah belanja keseluruhan pada rancangan Perubahan APBD 2011 adalah Rp 5,656 triliun," demikian katanya. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-4 Borneo FC: Tiga Kartu Merah Warnai Derby Mahakam, Naga Mekes Tersungkur di Kandang
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com