Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
   
 
 

Untung Ndik Tetijak
Suatu hari si Hongo dan Henge disuruh mbok Rodah ncari buluh. Maklum hak, mbok Rodah ni ndak molah suman untuk bejualan di pasar batu. Jadi pegi hak sida bedua ni bejalan betis ke Rondong Demang, soalnya disitu maha banyak tumbuh ...
Bupati Kukar Buka Pameran Lukisan dan Foto

Bupati Kukar Buka Pameran Lukisan dan Foto

Bupati H Syaukani HR tampak serius mengamati rangkaian lukisan Perjalanan Sejarah Kutai Kartanegara karya almarhum seniman dan budayawan Fred Wetik yang terdiri dari 17 seriBupati H Syaukani HR tampak serius mengamati rangkaian lukisan Perjalanan Sejarah Kutai Kartanegara karya almarhum seniman dan budayawan Fred Wetik yang terdiri dari 17 seri
Photo: Agri


Bupati Kukar H Syaukani HR melukis diatas kanvas menandai pembukaan Pameran Lukisan, Fotografi dan Otomotif
Bupati Kukar H Syaukani HR melukis diatas kanvas menandai pembukaan Pameran Lukisan, Fotografi dan Otomotif
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 20/08/2005 12:53 WITA
Pameran Lukisan dan Fotografi garapan Zero Mind Production yang digelar di gedung Planetarium Jagad Raya, Tenggarong, secara resmi dibuka Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Drs H Syaukani HR MM, Jum'at malam (19/08).

Menurut Ketua Panitia Dedi Sudarya yang juga pimpinan Zero Mind Production, pameran akan berlangsung hingga tanggal 23 Agustus dengan mengambil tema The Spirit of Oerang Koetai yang menggambarkan kehidupan warga yang bermukim di Kutai Kartanegara baik itu orang Dayak, Kutai, Jawa, Bugis, Bali dan sebagainya.

Mengapa pameran dilaksanakan di Planetarium Jagad Raya, Dedi memberi alasan karena gedung ini merupakan salah satu obyek wisata pendidikan dan ilmu pengetahuan di kota Tenggarong yang cukup ramai dikunjungi masyarakat Kaltim, sehingga diharapkan warga Tenggarong dan masyarakat Kaltim pada umumnya dapat mengetahui perkembangan seni lukis dan fotografi di Kukar.


Beberapa karya foto tentang kehidupan warga Kutai Kartanegara yang menarik perhatian Bupati H Syaukani HR
Photo: Agri

Dalam kesempatan tersebut, Dedi Sudarya yang juga anggota DPRD Kukar ini memperkenalkan Zero Mind Production sebagai event organizer yang baru dibentuk oleh kalangan muda yang berasal dari berbagai latar belakang pekerjaan mulai dari aktivis, PNS, seniman hingga tukang ojek. "Zero Mind maksudnya pemikiran yang terbebaskan dari berbagai bentuk belenggunya sehingga celah kreativitas menjadi lebih terbuka," demikian katanya.

Sementara Bupati Kukar H Syaukani HR dalam sambutannya menyatakan perhargaan dan kebanggaannya kepada para pemuda Kutai yang tergabung dalam Zero Mind Production yang telah menggelar event ini. Karena menurut Syaukani, kegiatan ini baru pertama kali digagas pemuda Kutai sehingga perlu didorong dengan sungguh-sungguh.

"Saya ingin pemuda itu bagai lilin yang rela berkorban untuk menerangi kegelapan, sehingga pemuda itu harus mampu menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat sekitarnya. Dan saya ingin pemuda bermental seperti batu karang, meski dihempas ombak maupun topan, namun tetap tegar dan malah mampu meredakan ombak. Jadi, pemuda harus pantang menyerah," ujar Bupati H Syaukani HR.


Bupati Kukar didampingi Ketua Panitia Dedi Sudarya ketika mengamati beberapa lukisan dari komunitas Perupa Naladwipa
Photo: Agri

"Penonjolan kreativitas yang berguna bagi orang lain adalah bentuk-bentuk yang harus dikembangkan. Oleh karena itu, komunitas seni rupa, komunitas fotografer dan komunitas apa saja di daerah ini perlu dikembangkan terus. Saya sangat menghargai dan mudah-mudahan dapat terus berkembang dan lebih kreatif lagi di masa yang akan datang," demikian harapan Bupati Kukar mengakhiri sambutannya.

Pembukaan pameran yang berlangsung selama 5 hari ini ditandai dengan coretan cat oleh Bupati H Syaukani HR diatas kanvas yang telah disediakan panitia dekat pintu masuk Planetarium. "Silakan dimaknai artinya. Ini adalah lukisan tsunami," ujar Syaukani diiringi tepuk tangan para seniman dan undangan usai melukis gulungan ombak besar yang hendak mencapai pantai.

Bupati Kukar didampingi Dedi Sudarya beserta undangan lainnya kemudian melihat-lihat karya lukisan dan foto yang dipamerkan di lobi Planetarium Jagad Raya. Bupati Syaukani tampak antusias memperhatikan 83 karya foto dan 67 lukisan yang dipamerkan di lantai dasar maupun lantai 2.

Karya foto yang ditampilkan merupakan hasil jepretan 5 fotografer seperti Jaya Miharja, M Agri Winata, Yanda, Tri Andi dan Budi Warga. Sementara lukisan yang dipamerkan merupakan hasil karya 13 pelukis seperti Daru Mahesi, Mahmed Al Qarun, Marsono, Tri Andi, Sabar, Bambang SP, Pitun, Yanti, Ali, Rahmat S, Aris, Kusdi Rokid termasuk 17 seri lukisan Perjalanan Sejarah Kutai karya almarhum seniman dan budayawan Fred Wetik. (win)


Para pengunjung memperhatikan pameran foto yang menampilkan 83 karya dari 5 fotografer, termasuk foto-foto yang pernah dimuat di KutaiKartanegara.com
Photo: Agri

 
Username  
Password  
   

Belum Punya E-mail @kutaikartanegara.com?
Daftar Sekarang Juga!

Politik & Peristiwa

 

Pemerintahan

 

Ekonomi & Bisnis

 

Hukum & Kriminal

Pembangunan Jembatan Kartanegara: Perakitan Bentang Pendekat Menuju Pondasi Terus Dikerjakan
Doa dan Tabur Bunga Mengenang Korban Tragedi Jembatan Kartanegara
 
LAKIP Kukar Terbaik se-Kaltim dan Kaltara
Inilah 157 Pejabat yang Dimutasi pada 10 September 2014
 
Kukar Raih Penghargaan Kabupaten Penggerak Koperasi 2014
Apindo-Serikat Pekerja Tak Capai Kata Sepakat: Penetapan UMK Kukar 2015 Diserahkan Kepada Bupati
 
Tenggak Miras Oplosan, 7 Remaja Diamankan Satpol PP
Polres Kukar Bekuk Sindikat Pemalsu KTP dan SIM
             

Hiburan

 

Olahraga

 

Seni Budaya

 

Pendidikan

Dimeriahkan Shaggydog, Peresmian Creative Park pada 26 Desember
Film Pendek Produksi Yayasan Lanjong Raih Piala Citra FFI 2014
 
Tinggal Selangkah, Mitra Kukar Dapatkan Tanda Tangan Pelatih Baru Asal Inggris
Pelatih Anyar Asal Inggris Merapat ke Mitra Kukar
 
Pekan Depan, Grand Elty Singgasana Garap Festival Warna Warni 2014
Berburu Foto di Jalanan Lewat Kukar Street Hunting
 
Rektor Unikarta Mutasi 51 Pejabat Struktural dan Fungsional
Ratusan Personel TNI 'Serbu' Kampus Unikarta
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com