Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bupati Kukar Buka Pameran Lukisan dan Foto

Bupati H Syaukani HR tampak serius mengamati rangkaian lukisan Perjalanan Sejarah Kutai Kartanegara karya almarhum seniman dan budayawan Fred Wetik yang terdiri dari 17 seriBupati H Syaukani HR tampak serius mengamati rangkaian lukisan Perjalanan Sejarah Kutai Kartanegara karya almarhum seniman dan budayawan Fred Wetik yang terdiri dari 17 seri
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 20/08/2005 12:53 WITA
Pameran Lukisan dan Fotografi garapan Zero Mind Production yang digelar di gedung Planetarium Jagad Raya, Tenggarong, secara resmi dibuka Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Drs H Syaukani HR MM, Jum'at malam (19/08).

Menurut Ketua Panitia Dedi Sudarya yang juga pimpinan Zero Mind Production, pameran akan berlangsung hingga tanggal 23 Agustus dengan mengambil tema The Spirit of Oerang Koetai yang menggambarkan kehidupan warga yang bermukim di Kutai Kartanegara baik itu orang Dayak, Kutai, Jawa, Bugis, Bali dan sebagainya.

Mengapa pameran dilaksanakan di Planetarium Jagad Raya, Dedi memberi alasan karena gedung ini merupakan salah satu obyek wisata pendidikan dan ilmu pengetahuan di kota Tenggarong yang cukup ramai dikunjungi masyarakat Kaltim, sehingga diharapkan warga Tenggarong dan masyarakat Kaltim pada umumnya dapat mengetahui perkembangan seni lukis dan fotografi di Kukar.


Beberapa karya foto tentang kehidupan warga Kutai Kartanegara yang menarik perhatian Bupati H Syaukani HR
Photo: Agri

Dalam kesempatan tersebut, Dedi Sudarya yang juga anggota DPRD Kukar ini memperkenalkan Zero Mind Production sebagai event organizer yang baru dibentuk oleh kalangan muda yang berasal dari berbagai latar belakang pekerjaan mulai dari aktivis, PNS, seniman hingga tukang ojek. "Zero Mind maksudnya pemikiran yang terbebaskan dari berbagai bentuk belenggunya sehingga celah kreativitas menjadi lebih terbuka," demikian katanya.

Sementara Bupati Kukar H Syaukani HR dalam sambutannya menyatakan perhargaan dan kebanggaannya kepada para pemuda Kutai yang tergabung dalam Zero Mind Production yang telah menggelar event ini. Karena menurut Syaukani, kegiatan ini baru pertama kali digagas pemuda Kutai sehingga perlu didorong dengan sungguh-sungguh.

"Saya ingin pemuda itu bagai lilin yang rela berkorban untuk menerangi kegelapan, sehingga pemuda itu harus mampu menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat sekitarnya. Dan saya ingin pemuda bermental seperti batu karang, meski dihempas ombak maupun topan, namun tetap tegar dan malah mampu meredakan ombak. Jadi, pemuda harus pantang menyerah," ujar Bupati H Syaukani HR.


Bupati Kukar didampingi Ketua Panitia Dedi Sudarya ketika mengamati beberapa lukisan dari komunitas Perupa Naladwipa
Photo: Agri

"Penonjolan kreativitas yang berguna bagi orang lain adalah bentuk-bentuk yang harus dikembangkan. Oleh karena itu, komunitas seni rupa, komunitas fotografer dan komunitas apa saja di daerah ini perlu dikembangkan terus. Saya sangat menghargai dan mudah-mudahan dapat terus berkembang dan lebih kreatif lagi di masa yang akan datang," demikian harapan Bupati Kukar mengakhiri sambutannya.

Pembukaan pameran yang berlangsung selama 5 hari ini ditandai dengan coretan cat oleh Bupati H Syaukani HR diatas kanvas yang telah disediakan panitia dekat pintu masuk Planetarium. "Silakan dimaknai artinya. Ini adalah lukisan tsunami," ujar Syaukani diiringi tepuk tangan para seniman dan undangan usai melukis gulungan ombak besar yang hendak mencapai pantai.

Bupati Kukar didampingi Dedi Sudarya beserta undangan lainnya kemudian melihat-lihat karya lukisan dan foto yang dipamerkan di lobi Planetarium Jagad Raya. Bupati Syaukani tampak antusias memperhatikan 83 karya foto dan 67 lukisan yang dipamerkan di lantai dasar maupun lantai 2.

Karya foto yang ditampilkan merupakan hasil jepretan 5 fotografer seperti Jaya Miharja, M Agri Winata, Yanda, Tri Andi dan Budi Warga. Sementara lukisan yang dipamerkan merupakan hasil karya 13 pelukis seperti Daru Mahesi, Mahmed Al Qarun, Marsono, Tri Andi, Sabar, Bambang SP, Pitun, Yanti, Ali, Rahmat S, Aris, Kusdi Rokid termasuk 17 seri lukisan Perjalanan Sejarah Kutai karya almarhum seniman dan budayawan Fred Wetik. (win)


Para pengunjung memperhatikan pameran foto yang menampilkan 83 karya dari 5 fotografer, termasuk foto-foto yang pernah dimuat di KutaiKartanegara.com
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com