Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Dukung Program Kaltim Green, Kukar Lampaui Target 160 Ribu Pohon

Suasana penanaman 250 bibit pohon di Kompleks Olahraga Kukar, Tenggarong Seberang, Sabtu (29/01) lalu
Suasana penanaman 250 bibit pohon di Kompleks Olahraga Kukar, Tenggarong Seberang, Sabtu (29/01) lalu
Photo: Humas Kukar/Heru Abdi

KutaiKartanegara.com - 31/01/2011 09:48 WITA
Guna mendukung program Kaltim Green yang dicanangkan Pemprov Kalimantan Timur, Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) dan Dinas Kehutanan Kutai Kartanegara (Kukar) Sabtu (29/01) lalu melakukan aksi penanaman 250 pohon di Kompleks Olahraga Kukar, Desa Perjiwa, Tenggarong Seberang.


Menurut Kepala BLHD Kukar Adi Nur, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rapat bersama Gubernur Kaltim awal Januari lalu, di mana Kukar kebagian menanam 160 ribu pohon dari sejuta pohon yang ditanam se-Kaltim.


Dari hasil rekapitulasi BLHD, lanjutnya, beberapa Kecamatan di Kukar telah melakukan penanaman pohon dengan jumlah sebanyak 5.000 pohon di Desa Senoni (Kecamatan Sebulu), 3.000 pohon di Desa Rantau Hempang (Muara Kaman), serta 4.000 pohon di Desa Purworejo (Loa Janan). Selain itu perusahaan yang beroperasi di Kukar juga ikut mendukung kegiatan ini, yaitu PT ITCI Hutani Manunggal sebanyak 366.950 pohon.


Secara serentak bersamaan dengan penanaman yang digelar Sabtu (29/01) lalu, beberapa perusahaan dan LSM di Kukar juga melakukan kegiatan penanaman pohon. Yaitu PT Kitadin dengan 3.480 pohon, PT Tanito Harum 4.330 pohon, PT Singlurus 7.000 pohon, CV Arwana Prima Coal 500 pohon, PT JMB 1.500 pohon, Total E&P 500 pohon, PT Bukit Baiduri Eneri 2.000 pohon, LSM Pedali Bukit Pariaman Tenggarong Seberang 4.000 pohon.


"Segera menyusul tahun ini juga ribuan pohon yang akan ditanam oleh Chevron dan PT KPUC. Dari data tersebut, maka Kukar telah melampaui target 160 ribu pohon yang ditanam," papar Adi Nur.



Asisten I Syamsie Juhri ikut menanam sebuah pohon di Kompleks Olahraga Kukar
Photo: Humas Kukar/Heru Abdi

Acara penanaman pohon di Kompleks Olaharga Tenggarong Seberang tersebut dilakukan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan da Hukum Setkab Kukar H Syamsie Juhri bersama Dandim 0906/TGR Joseph Robert Giri, Kepala Dinas Kehutanan H Sukhrawardi, beberapa kepala dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar, serta mahasiswa pecinta alam Universitas Kutai Kartanegara.


Sementara dikatakan Asisten I Syamsie Juhri, program Kaltim Green yang telah dideklarasikan 7 Januari lalu merupakan tekad untuk membangun Kaltim tanpa mengabaikan kondisi dan kelestarian lingkungan hidup.


"Dengan Kaltim Green, kita berupaya mewujudkan Green Governance yaitu tata kelola pemerintahan yang berwawasan lingkungan, dan Green Development yaitu pembangunan dengan memperhatikan lingkungan," imbuhnya.


Dengan Kaltim Green, lanjut Syamsie, Kaltim bisa maju setara dengan daerah maju lainnya, tetapi tetap menjaga bahkan meningkatkan kondisi lingkungan dengan baik.


Menurut Syamsie, pada Kaltim Green ini diprogramkan satu orang menanam 5 pohon. Hingga saat ini dilaporkan telah ditanam 4,8 juta lebih pohon di Kaltim, dan akan terus bertambah karena berbagai kalangan akan ikut menjalankan program tersebut.


Komitmen tersebut membuat Kaltim mendapatkan penghargaan "Indonesian Green Award" kategori "Best Indonesian Green Province" jenis Silver pada Konferensi Indonesia Hijau Agustus 2010 lalu.


Asisten I Syamsie Juhri berharap agar generasi berikutnya akan terus melanjutkan program Kaltim Green ini di masa mendatang. "Mari kita jaga dan pelihara pohon yang telah kita tanam, agar anak cucu kita bisa merasakan manfatnya," himbaunya. (her)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com