Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Rekor Ski Air Sejauh 42,8 Kilometer Dipecahkan di Atas Mahakam

Rekor Ski Air sepajauh 42,8 berhasil ditorehkan di perairan Mahakam dari Tenggarong menuju SamarindaRekor Ski Air sepajauh 42,8 berhasil ditorehkan di perairan Mahakam dari Tenggarong menuju Samarinda
Photo: Humas Kukar/Heru Abdi


Panglima TNI Laks Agus Suhartono didampingi Gubernur Awang Faroek dan Bupati Rita Widyasari melepas iring iringan atlet ski air yang ditandai dengan membunyikan terompet
Panglima TNI Laks Agus Suhartono didampingi Gubernur Awang Faroek dan Bupati Rita Widyasari melepas iring iringan atlet ski air yang ditandai dengan membunyikan terompet
Photo: Humas Kukar/Heru Abdi

KutaiKartanegara.com - 23/01/2011 19:58 WITA
Rekor Ski Air sejauh 42,8 kilometer berhasil dipecahkan. Yang membanggakan, sejarah itu dicatat di atas Sungai Mahakam, mulai dari ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong, menuju kota Samarinda.


Pemecahan rekor ski air yang masuk Museum Rekor Indonesia (MURI) ini dilepas tadi pagi di Tenggarong oleh Panglima TNI Laks Agus Suhartono didampingi Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek, Bupati Kukar Rita Widyasari serta sejumlah pejabat penting lainnya.


Acara pemecahan rekor ski air yang digagas Persatuan Ski Air Seluruh Indonesia (PSASI) Kaltim bekerjasama dengan Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan dan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) ini sekaligus dalam rangka memeriahkan HUT Kaltim ke-54.


Tercatat ada 29 atlet ski air yang dilibatkan dalam pemecahan rekor ini, yang terdiri dari 24 pria dan 5 wanita. Mereka berasal dari DKI Jakarta, Bali, Kepulauan Riau, Gorontalo dan Kaltim, bahkan lima di antaranya berasal dari Kukar.


Pelepasan atlet ski ini dilakukan sekitar pukul 08.30 WITA dari dermaga depan Rumah Jabatan Ketua DPRD Kukar di Jl KH Akhmad Mukhsin, Tenggarong. Sementara finish-nya di dermaga depan Lamin Etam Samarinda.


Panglima TNI Laks Agus Suhartono diikuti Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dan Bupati Kukar Rita Widyasari serta Ketua DPRD Kukar Salehudin yang juga Ketua PSASI Kaltim, didaulat melepas iringan atlet ski air yang ditarik 10 speedboat ditandai dengan membunyikan terompet.


Dalam sambutannya Laksamana Agus Suhartono menyambut baik kegiatan itu. Pasalnya kegiatan ini bisa mempopulerkan olahraga Maritim khususnya Ski Air menjadi andalan olahraga nasional.


Agus juga menilai bahwa Kaltim serius dalam hal pengembangan olahraga, hal tersebut terlihat dengan prestasi Kaltim yang berhasil meraih posisi ke tiga pada PON XVII 2008 lalu. "Kaltim bisa jadi contoh bagi daerah lain dalam pengembangn dan pelaksanaan even olahraga seperti ini," ujarnya.


Ia juga berpesan agar Kaltim sebagai daerah yang memiliki perairan yang luas terus melakukan pembinaan atlet Ski Air. Pembinaan tersebut tentunya untuk melahirkan bibit-bibit atlet yang nantinya diharapkan dapat mengharumkan nama daerah dan negara.


Sementara Rita mengaku gembira Tenggarong dipilih sebagai tempat start bagi pelepasan pembuatan rekor ski air terjauh itu. Sehingga masyarakat disepanjang jalur lintasan dapat menyaksikan langsung bagaimana para atlet ski air dari berbagai daerah membuat catatan emas di sungai Mahakam.


Dikatakannya dengan wilayah perairan yang lebih dari 4 ribu km persegi, masyarakat Kukar sangat akrab dengan kehidupan bahari. Mulai dari kegiatan mata pencaharian sehari-hari, transportasi, hingga wisata alam.


Selain itu, setiap tahun Mahakam juga menjadi sarana bagi lomba perahu naga dan lomba perahu motor yang digelar bersamaan dengan festival adat erau yang berlangsung setiap bulan Juli. "Even pembuatan rekor ini tentu akan berdampak dalam mempromosikan Tenggarong sebagai tujuan wisata," ujarnya.


Senada diungkapkan Salehuddin. Ia mengatakan, keberhasilan pelaksanaan kegiatan tersebut tentu akan membawa nama harum bagi daerah dan menorehkan sejarah di atas Sungai Mahakam yang menjadi kebanggaan masyarakat Kaltim, khususnya masyarakat Kukar.


"Semoga even yang langka ini menjadi momen spesial dalam memeriahkan HUT KALTIM, khususnya dalam menggelorakan semangat membangun daerah, serta semangat untuk terus menjaga dan melestarikan alam serta budaya," ujarnya lagi.


Dalam aksi pemecahan rekor tadi pagi, 11 atlet jatuh selama perjalanan. Sedangkan, 18 orang lainnya mampu bertahan hingga garis finish, 3 orang di antaranya atlet ski wanita. Dan Devira Adyannie Warouw (14) menjadi atlet terakhir yang berhasil bertahan hingga garis finish. (her/gun)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
PMII Kukar Gelar Pelatihan Kader Dasar se-Kaltim
Kecelakaan Maut di Kutai Lama, Seorang IRT Meninggal Dunia
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Barang Bukti Narkoba, Sajam, Senpi Hingga Uang Palsu Dimusnahkan
Operasi Zebra Mahakam 2017: Siap-Siap, Polres Kukar Bakal Razia Kendaraan Bermotor Selama Dua Minggu
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Bawakan 8 Lagu, Via Vallen Sukses Goyang Tenggarong
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
 
Lepas Jorge Gotor, Mitra Kukar Rekrut Bek Asal Brazil
KFL-Liga 2 2017, Perebutan Zona 4 Besar Makin Sengit
 
Kongres Dunia CIOFF ke-47 di Tenggarong Berakhir Sukses
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
 
Wow! Menangi Kompetisi LINE, Mahasiswa Unmul Asal Tenggarong Ini Dapat Hadiah Jalan-Jalan ke Jepang
Digagas IKA SMANSA Tenggarong, Guru dan Karyawan SMAN 1 Tenggarong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com