Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tinjau Langsung ke Lapangan, Tim Komisi V DPR RI Dukung Bandara Kukar

Suasana presentasi Bandara Kukar oleh Kadis PU Kukar Ir Sugiyanto MM di hadapan para anggota Komisi V DPR RI, Kamis (11/08) malam, di Hotel Singgasana Tangga Arung, TenggarongSuasana presentasi Bandara Kukar oleh Kadis PU Kukar Ir Sugiyanto MM di hadapan para anggota Komisi V DPR RI, Kamis (11/08) malam, di Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong
Photo: Agri


H Hardisoesilo selaku pimpinan rombongan Komisi V DPR RI ketika menyampaikan sambutannya
H Hardisoesilo selaku pimpinan rombongan Komisi V DPR RI ketika menyampaikan sambutannya
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 12/08/2005 19:40 WITA
Paling tidak 10 dari 53 anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik indonesia (DPR RI) mendukung sepenuhnya pembangunan Bandar Udara (Bandara) Kutai Kartanegara (Kukar) yang berlokasi di desa Jongkang, Kecamatan Loa Kulu.

Dukungan ke 10 anggota Komisi V DPR RI itu disampaikan pada kesempatan presentasi Bandara yang berlangsung di Mulawarman Ballroom, Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong, Kamis (11/08) malam maupun saat peninjauan ke lokasi bakal Bandara di Loa Kulu tadi pagi.

Pimpinan rombongan Komisi V DPR RI H Hardisoesilo di hadapan Wakil Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar MM maupun pejabat Pemkab Kukar serta para investor Bandara Kukar lainnya mengatakan, mendukung sepenuhnya pembangunan Bandara di Loa Kulu karena selain didukung komitmen yang kuat dari Pemkab dan masyarakat Kukar juga ke depannya sangat prospektif dalam memacu pembangunan daerah sekitar.

Disamping itu, tambahnya, seperti yang telah diungkapkan Wabup Samsuri Aspar, bahwa Pemkab Kukar juga siap setiap saat melaksanakan pembangunan Bandara bila mendapat restu pemerintah pusat. Komisi V siap mendukung dan memperjuangkan juga akan mendesak pemerintah cq Menteri Perhubungan untuk segera merealisasikan pelaksanaan pembangunan Bandara Kukar di Loa Kulu.

"Kalau perlu sebagian biaya pembangunan Bandara Kukar dapat dicantumkan dalam ABPN 2006 mendatang. Dari aspek manapun, Bandara Kukar ini sangat tepat bagi Kaltim," katanya.


Wakil Bupati Kukar H Samsuri Aspar (kanan) menyerahkan cinderamata kepada pimpinan rombongan Komisi V DPR RI H Hardisoesilo
Photo: Agri

Sebelumnya Wabup Kukar Samsuri Aspar menjelaskan secara kronologis rencana pembangunan Bandara Kukar. Dikatakan Samsuri, sesuai kesepakatan sebelumnya bakal calon Bandara di Loa Kulu ini bernama Bandara Samarinda-Kukar, namun oleh karena proses izin pemerintah pusat yang berlarut-larut maka Pemkot Samarinda menarik diri dari kesepakatan dan membatalkan untuk bekerjasama membangun Bandara Loa Kulu, dan sebaliknya ingin mendirikan bandara sendiri di Sei Siring.

Sementara Kepala Dinas PU Kukar Ir Sugianto MM dalam presentasinya mengatakan, bila Bandara Kukar ini terealisasi maka dalam kurun waktu hingga 2010 diperkirakan Bandara ini dapat melayani hingga 1 juta penumpang dan 700 ton cargo per tahunnya.

“Bila diproyeksikan untuk tahun 2015 hingga 2025, Bandara Kukar semakin meningkat menjadi 3 juta penumpang dengan 1.392 ton cargo/tahun. Peningkatan ini disebakan karena bandara Kukar letaknya sangat strategis diantara kota penting di Kaltim. Seperti dekat dengan ibukota Kaltim Samarinda, Tenggarong, Melak, Bontang dan Sangatta di Kutim.

Hal lain yang istimewa bandara ini adalah didukung oleh 3 fasilitas moda tranportasi terpadu yaitu sungai, darat dan udara. Bukan itu saja, posisi Bandara Kukar yang berada di tengah-tengah wilayah Indonesia, sangat cocok menjadi rute yang dapat didarati pesawat berkemampuan jelajah kelas menengah seperti Boeing 737 dan sejenisnya. Demikian katanya.

Sekedar informasi, Komisi V DPR RI merupakan mitra kerja pemerintah yang membidangi Departemen Perhubungan, Departemen Pekerjaan Umum, Kementerian Negara Perumahan Rakyat, Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG).

Anggota Komisi V DPR RI yang turut mendampingi H Hardisoesilo dalam kunjungan kerja ke Tenggarong adalah H Muhayan Hassan SH (FPG), Drs HM Syarfi Hutauruk (FPG), H Hasanuddin Murad SH (FPG), Drs H Darul Siska (FPG), Drs Eldie Suwandi (FPG), Drs H Akhmad Muqowam (FPPP), Abdullah Azwar Anas (FPKB) dan Ir Afni Achmad (FPAN). (joe/win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com