Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Peneliti Lemhanas Kaji Implementasi Comdev di Kukar

Ketua Tim Pengkaji Program comdev Lemhanas RI Drs H Radjab Semendawai SH Msi didampingi Wabup Kukar Samsuri Aspar ketika menyampaikan maksud kunjungannya ke Kukar
Ketua Tim Pengkaji Program comdev Lemhanas RI Drs H Radjab Semendawai SH Msi didampingi Wabup Kukar Samsuri Aspar ketika menyampaikan maksud kunjungannya ke Kukar
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 09/08/2005 19:24 WITA
Tim Pengkaji sekaligus Peneliti dari Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia dipimpin Drs H Radjab Semendawai SH MSi yang beranggotakan 2 orang masing-masing Marsekal Muda Dr Ir Suharso dan Drs Marwoto Suswito MM melakukan kajian awal tentang Implementasi Program Community Development (Comdev) dengan berbagai pihak di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Kedatangan tim peneliti Lemhanas ini diterima Wakil Bupati Drs H Samsuri Aspar MM di Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, tadi pagi. Menurut Ketua Tim Radjab Semendawai kunjungan ini dalam rangka mengkaji dan meneliti implementasi program comdev yang dilakukan pihak perusahaan swasta, BUMN dan BUMD yang ada di wilayah Kukar.

"Hasil kajian Lemhanas ini nanti akan dijadikan sebagai rekomendasi kepada pemerintah dalam rangka implementasi Sistem Manajemen Nasional (Sismennas) guna mendukung peningkatkan Ketahanan Nasional," ungkapnya.


Dua anggota tim peneliti Lemhanas RI Drs Marwoto Suswito MM (kanan) berdampingan dengan Marsma Dr Ir Suharso pada acara pertemuan perusahaan dan Pemkab Kukar
Photo: Joe

"Sementara menurut anggota tim lainnya, Drs Marwoto Suswito MM, hampir semua program comdev di Indonesia belum dilakukan secara transparan sehingga masyarakat maupun pemerintah di daerah kurang merasakan dampak program comdev sebagai program yang dapat membantu meringankan beban pembangunan.

Selama ini program comdev selain tidak transparan juga tidak bersifat partisipatif dan akuntabel. Sehingga program comdev hanya sebagai program akal-akalan pihak perusahaan yang bersifat jangka pendek yang lebih menguntungkan pihak perusahaan," ujar Marwoto.

Padahal, lanjutnya, kehadiran suatu perusahaan di suatu wilayah harus memiliki kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat maupun wilayah. "Dengan program comdev yang transparan, akuntabel dan partisipatif, secara tidak langsung menjadikan perusahaan sebagai aset masyarakat karena dapat menampung tenaga kerja dan Pemda dengan PAD," paparnya seraya menyebut perusahaan rokok PT Gudang Garam di Kediri, Jawa Timur, sebagai sala satu contoh.

Sementara Wakil Bupati Samsuri Aspar mengakui selama ini kesulitan mencari titik temu mengenai keterbukaan comdev. Upaya koordinasi acap dilakukan melalui rapat dan diskusi dengan perusahaan, namun hasilnya nol. "Kami hanya diberitahu sesaat akan meresmikan program comdev, tidak lebih dari itu. Padahal Pemkab bersama DPRD sepakat bahwa program comdev harus dicantumkan dalam APBD setiap tahun anggaran, sebagai pos sumbangan pihak ketiga," demikian kata Wabup Kukar.

Hadir dalam pertemuan dengan tim peneliti Lemhanas diantaranya pihak perusahaan swasta besar, BUMN dan BUMD yang beroperasi di Kukar, pimpinan dinas instansi serta Muspida dan sejumlah anggota DPRD Kukar. (joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Bikin Macet Hingga 4 KM, Mobil Milik Warga Tenggarong Terbakar di Kawasan Tahura
Jatuh Dari Kapal, ABK Ditemukan Tewas di Perairan Delta Mahakam
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Sempat Unggul di Babak Pertama, Mitra Kukar Tumbang di Kandang Persela
Persela Lamongan vs Mitra Kukar: Naga Mekes Buru Poin di Lamongan
 
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
Undang Delegasi 7 Negara, Erau 2018 Digelar Pada 21-29 Juli
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com