Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Unikarta Kembali Gelar Wisuda Sarjana
Sejak 1989, Unikarta Cetak 7.090 Lulusan

Rektor Unikarta Prof Dr Aswin ketika mewisuda salah seorang sarjana Unikarta
Rektor Unikarta Prof Dr Aswin ketika mewisuda salah seorang sarjana Unikarta
Photo: Humas Kukar/Heru Abdi

KutaiKartanegara.com - 01/12/2010 18:19 WITA
Untuk kedua kalinya di tahun 2010, Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong kembali menggelar wisuda terhadap sarjana dari program D-3, S-1 hingga S-2.


Kegiatan wisuda yang digelar di gedung Puteri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang ini dipimpin langsung Rektor Unikarta Prof Dr Ir HM Aswin MM.


Sedikitnya ada 489 sarjana yang diwisuda tadi pagi. Mereka terdiri dari 20 orang sarjana D-3, 476 sarjana S-1 dan 2 orang sarjana S-2 dari berbagai fakultas di Unikarta.


Dikatakan Rektor Unikarta Prof Aswin, wisuda merupakan puncak keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan studi. Proses wisuda juga merupakan babak awal mengaplikasikan pengetahuan yang sudah diperoleh selama kuliah, kepada masyarakat luas. "Kiranya anda-anda sekalian dapat turut serta dan lebih berpartisipasi dalam pembangunan daerah," ujarnya kepada wisudawan.


Dengan digelarnya wisuda pada ahri ini, lanjut Aswin, Unikarta telah melepas alumni sebanyak 7.090 orang sejak dilaksanakannya wisuda pertama pada tahun 1989. Sementara penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini mencapai 979 orang.


Dengan jumlah kelulusan dan penerimaan mahasiswa baru tersebut, menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat pada Unikarta masih sangat besar. Untuk itu Aswin mengucapkan terima kasih kepada para orangtua yang telah mempercayakan anaknya untuk melanjutkan pendidikan di Unikarta.


Rektor Unikarta juga berterimakasih kepada kepada Pemkab Kukar atas dimulainya pembangunan Kampus baru Unikarta di Tenggarong Seberang sejak 2007 lalu.


"Kami harap ditahun 2010 ini pembangunan fisik gedung sudah dapat diselesaikan secara bertahap, sehingga jumlah mahasiswa dapat seimbang dengan bangunan kampus yang sudah dimiliki," pungkasnya.


Sementara Wabup Ghufron Yusuf dalam sambutannya mengatakan, Unikarta memiliki peran penting dalam membentuk sosok personil aparatur Pemkab Kukar yang handal. Hal ini terlihat dari minat pegawai Pemkab Kukar melanjutkan studi ke Unikarta cukup tinggi.


"Oleh karena itu kami berharap sumberdaya aparatur yang telah menyelesaikan pendidikan di Unikarta dapat menjadi inovator-inovator di SKPD masing-masing," harapnya.


Ditambahkan Ghufron, kualitas perguruan tinggi saat ini bukan hanya diuji dari input atau banyaknya mahasiswa, proses yang berkualitas, maupun output dari banyaknya lulusan. "Yang tak kalah penting adalah outcome-nya, yakni seberapa banyak lulusannya terserap di dunia kerja," imbuhnya.


Hampir setiap lulusan bercita-cita menjadi PNS padahal kesempatannya sangat terbatas. Dan hanya sedikit sekali yang bercita-cita berwirausaha, menciptakan lapangan pekerjaan. "Inilah tantangan kita, bagaimana membekali lulusan dengan jiwa wiraswasta," ujarnya.


Di akhir sambutannya, Ghufron berpesan kepada para wisudawan agar tidak cepat berpuas diri, tetapi selalu memiliki semangat untuk menambah ilmu dan meningkatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. "Kuliah sesungguhnya baru dimulai pada saat berada di tengah masyarakat," demikian katanya. (her)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com