Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Unikarta Kembali Gelar Wisuda Sarjana
Sejak 1989, Unikarta Cetak 7.090 Lulusan

Rektor Unikarta Prof Dr Aswin ketika mewisuda salah seorang sarjana Unikarta
Rektor Unikarta Prof Dr Aswin ketika mewisuda salah seorang sarjana Unikarta
Photo: Humas Kukar/Heru Abdi

KutaiKartanegara.com - 01/12/2010 18:19 WITA
Untuk kedua kalinya di tahun 2010, Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong kembali menggelar wisuda terhadap sarjana dari program D-3, S-1 hingga S-2.


Kegiatan wisuda yang digelar di gedung Puteri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang ini dipimpin langsung Rektor Unikarta Prof Dr Ir HM Aswin MM.


Sedikitnya ada 489 sarjana yang diwisuda tadi pagi. Mereka terdiri dari 20 orang sarjana D-3, 476 sarjana S-1 dan 2 orang sarjana S-2 dari berbagai fakultas di Unikarta.


Dikatakan Rektor Unikarta Prof Aswin, wisuda merupakan puncak keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan studi. Proses wisuda juga merupakan babak awal mengaplikasikan pengetahuan yang sudah diperoleh selama kuliah, kepada masyarakat luas. "Kiranya anda-anda sekalian dapat turut serta dan lebih berpartisipasi dalam pembangunan daerah," ujarnya kepada wisudawan.


Dengan digelarnya wisuda pada ahri ini, lanjut Aswin, Unikarta telah melepas alumni sebanyak 7.090 orang sejak dilaksanakannya wisuda pertama pada tahun 1989. Sementara penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini mencapai 979 orang.


Dengan jumlah kelulusan dan penerimaan mahasiswa baru tersebut, menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat pada Unikarta masih sangat besar. Untuk itu Aswin mengucapkan terima kasih kepada para orangtua yang telah mempercayakan anaknya untuk melanjutkan pendidikan di Unikarta.


Rektor Unikarta juga berterimakasih kepada kepada Pemkab Kukar atas dimulainya pembangunan Kampus baru Unikarta di Tenggarong Seberang sejak 2007 lalu.


"Kami harap ditahun 2010 ini pembangunan fisik gedung sudah dapat diselesaikan secara bertahap, sehingga jumlah mahasiswa dapat seimbang dengan bangunan kampus yang sudah dimiliki," pungkasnya.


Sementara Wabup Ghufron Yusuf dalam sambutannya mengatakan, Unikarta memiliki peran penting dalam membentuk sosok personil aparatur Pemkab Kukar yang handal. Hal ini terlihat dari minat pegawai Pemkab Kukar melanjutkan studi ke Unikarta cukup tinggi.


"Oleh karena itu kami berharap sumberdaya aparatur yang telah menyelesaikan pendidikan di Unikarta dapat menjadi inovator-inovator di SKPD masing-masing," harapnya.


Ditambahkan Ghufron, kualitas perguruan tinggi saat ini bukan hanya diuji dari input atau banyaknya mahasiswa, proses yang berkualitas, maupun output dari banyaknya lulusan. "Yang tak kalah penting adalah outcome-nya, yakni seberapa banyak lulusannya terserap di dunia kerja," imbuhnya.


Hampir setiap lulusan bercita-cita menjadi PNS padahal kesempatannya sangat terbatas. Dan hanya sedikit sekali yang bercita-cita berwirausaha, menciptakan lapangan pekerjaan. "Inilah tantangan kita, bagaimana membekali lulusan dengan jiwa wiraswasta," ujarnya.


Di akhir sambutannya, Ghufron berpesan kepada para wisudawan agar tidak cepat berpuas diri, tetapi selalu memiliki semangat untuk menambah ilmu dan meningkatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. "Kuliah sesungguhnya baru dimulai pada saat berada di tengah masyarakat," demikian katanya. (her)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com