Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pantau Kerusakan Lingkungan, KNPI-BLHD Bentuk Tim Independen

Sekretaris KNPI Kukar Junaidi (kanan) bersama perwakilan BLHD Kukar Yasmet (tengah) dan Staf Khusus Bupati Kukar Abriyanto Amin sepakat terhadap pembentukan tim independen pemantau lingkungan
Sekretaris KNPI Kukar Junaidi (kanan) bersama perwakilan BLHD Kukar Yasmet (tengah) dan Staf Khusus Bupati Kukar Abriyanto Amin sepakat terhadap pembentukan tim independen pemantau lingkungan
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 03/11/2010 04:30 WITA
Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah terkenal sebagai daerah yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Ratusan perusahaan tambang hingga perkebunan telah beroperasi di daerah ini untuk mengeksploitasi kekayaan alam tersebut.


Kendati demikian, Kukar juga telah dituding sebagai daerah yang memiliki kerusakan lingkungan yang parah akibat pengelolaan sumber daya alam yang tak ramah lingkungan.


Berangkat dari hal itu, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kukar tergerak untuk melakukan pemetaan hingga sejauh mana kerusakan lingkungan telah terjadi di Kukar.


Bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kukar, KNPI Kukar bakal membentuk tim independen yang akan mengaudit lingkungan dan pengelola sumber daya alam di daerah ini.


"Pemuda dalam hal ini KNPI Kukar bekerjasama dengan BLHD akan membentuk tim independen guna memantau atau mengaudit lingkungan. Kami juga akan mencoba menggandeng LSM lain untuk bergabung dalam tim ini seperti WALHI dan JATAM," ujar Sekretaris KNPI Kukar Junaidi dalam jumpa pers di Tenggarong, Selasa (02/11) sore.


Ditambahkan Junaidi, pihaknya ingin agar semua perusahaan di Kukar, baik tambang atau perkebunan, bisa memperhatikan masalah lingkungan dengan baik. "Selain itu, mereka juga harus memberikan sumbangsih sosial kepada masyarakat sekitar," ujarnya.


Senada dengan Junaidi, pihak BLHD Kukar yang diwakili Kabid Pengendalian Yasmet menyatakan pihaknya sependapat dengan gagasan KNPI Kukar untuk melakukan audit terhadap pengelolaan sumber daya alam di daerah ini.


"Dalam konteks untuk perbaikan dan meningkatkan kualitas hidup kita, BLHD sudah ada mindset khusus. Sehingga kami sangat mendukung upaya untuk pemantauan lingkungan oleh KNPI," ujar Yasmet.


Yasmet menegaskan, Pemerintah Pusat telah mengeluarkan UU No 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang berlaku efektif mulai Oktober 2010. "UU ini sangat tegas. Jika ada perusahaan yang bermasalah atau melakukan kejahatan lingkungan, maka izin usahanya dapat dibatakan tanpa perundingan," imbuhnya.


Sementara Staf Khusus Bupati Kukar Abriyanto Amin yang juga hadir dalam jumpa pers tersebut menyatakan, salah satu prinsip pembangunan Kukar yang dicanangkan dalam Gerbang Raja (Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera) adalah pembangunan yang berwawasan lingkungan dan pelestarian alam.


Oleh karena itu, lanjutnya, Bupati Kukar sangat mendorong dilakukannya upaya-upaya pemantauan kondisi lingkungan di Kukar saat ini. "Sehingga lima tahun ke depan bisa menjadi ukuran atau evaluasi, apakah pengelolaan lingkungan di daerah kita telah berhasil atau tidak," imbuhnya.


Abriyanto membenarkan bahwa lingkungan hidup di Kukar sudah dicap sangat rusak oleh banyak pihak. "Jadi kita harus lakukan gebrakan maksimal. Minimal dari isu-isu yang berkembang itu kita bisa lakukan perbaikan atau perubahan secara skematis, terukur dan terencana," demikian katanya. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com