Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

KNPI Kukar Garap Festival Tenggarong 2010

Seniman Kukar, Nala Arung, selaku Event Manager FT2010 mengajak warga Kaltim untuk menyaksikan dan ikut ambil bagian dalam beberapa lomba FT2010
Seniman Kukar, Nala Arung, selaku Event Manager FT2010 mengajak warga Kaltim untuk menyaksikan dan ikut ambil bagian dalam beberapa lomba FT2010
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 26/10/2010 22:02 WITA
Menyemarakkan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober lusa, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kutai Kartanegara (Kukar) akan menggelar Festival Tenggarong (FT) 2010 dengan tema Koetai Poenja Tjerita.


Menurut Nala Arung selaku Event Manager FT2010, kegiatan ini digelar mulai 28 hingga 30 Oktober di jalan depan Kedaton Kutai Kartanegara tau Jalan Toraga Timur, Kelurahan Panji, Tenggarong.


Yang menarik, FT2010 bakal diisi dengan sejumlah lomba yang unik serta pagelaran seni dari para seniman daerah ini. Bahkan grup band NAIF dipastikan bakal hadir menggebrak kota Tenggarong sebagai pamungkas event tahunan ini.


"Misi event ini secara lebih dalam antara lain adalah guna memperkuat pencitraan Kukar sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Kalimantan Timur sekaligus mempertegas eksistensi Kukar sebagai bagian dari daerah tujuan wisata nasional," ujar Nala Arung.


Selain itu, lanjutnya, program FT2010 ini juga sekaligus dimaksudkan untuk menegaskan komitmen Bupati Kukar Rita Widyasari yang menginginkan agar potensi kepariwisataan dan kebudayaan di daerahnya bisa menjadi andalan masa depan sekaligus menjadi peluang peningkatan ekonomi masyarakat.


"Berbeda dengan Festival ERAU yang bergerak dalam spektrum kebudayaan daerah secara lebih luas, FT2010 justru mengambil sisi unik dari kesenian dan kebudayaan daerah. Keunikan inilah yang membedakan FT2010 dengan festival sejenis yang ada di Kaltim," ujarnya.


Apa saja yang menjadi keunikan FT2010? Menurut Nala, FT2010 mengusung konten unik yaitu mencari manusia Kutai terkuat dalam hal menghabiskan jajanan khas Kutai, seperti jajak (kue) Keminting, jajak Cincin dan jajak Elat Sapi sekaligus. "Mereka yang berhasil menghabiskan paling banyak tiga jenis jajanan tersebut berhak membawa pulang uang tunai sebesar Rp 3 juta rupiah," jelasnya.


Kemudian ada pula kompetisi Saong Jari alias adu jari yang merupakan tradisi atau permainan anak-anak kecil di masa lalu. "Dua orang peserta akan dipertemukan untuk adu kekuatan jarinya. Manusia terkuat untuk jenis ini juga akan membawa pulang hadiah sebesar Rp 3 juta rupiah," imbuhnya.


Ditambahkan Nala Arung, pihaknya mengundang seluruh elemen masyarakat di Kaltim untuk datang dan turut memeriahkan event ini. "Bagi warga yang ingin mendaftarkan diri menjadi calon manusia terkuat di Kutai, silakan datang ke Sekretariat KNPI Kukar di Jalan Mawar," katanya. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com